WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Penggunaan Maxtype LITE (Aplikasi Pembantu Dalam Typing Skill)

Maxtipe adalah aplikasi yang digunakan pada mata pelajaran typing skill. Ketika kita mengetik, banyak yang akan terlihat, seperti waktu yang dibutuhkan saat mengetik, jumlah huruf atau volume text yang diketik, accuracy, Av Speed, dan Max Speed, yang akan muncul setelah kita selesai mengetik. Install maxtype nya, dan berikut cara menggunakan aplikasi ini:       

1. Buka aplikasi Maxtipe (Maxtipe LITE atau Maxtipe PRO).

Gambar ikon Maxtipe


  2. Akan terlihat tampilan berikut.








3. Ketika terlihat tampilan dibawah, pilih New. Ditampilan ini kita membuat pengguna baru (new user), karena belum ada pengguna, maka kita harus membuatnya.





  4. Ketik nama pengguna di sebelah kanan User Name, kemudian Create.




   5. Sudah terlihat nama pengguna, sekarang pilih Select.





 6. Di bagian kiri atas, terlihat mode apa yang akan teman-teman gunakan. Pastikan untuk memilih Typing Test Mode. Untuk Maxtype PRO, biasanya terdapat lebih dari dua mode. Ada Lesson Mode yang tampil pertama kali, bukan Typing Test Mode. Jadi, pastikan untuk memilih Typing Test Mode. Setelah itu, klik Start. Bisa dilihat gambar dibawah.




 7. Disinilah tampilan pilihan text yang akan teman-teman ketik. Pada pilihan Open TXT File - articles, telah terdapat beberapa kata dalam bahasa Inggris yang telah tersedia untuk diketik. Kemudian Ready (di bagian atas).





8. Terlihatlah tampilan ini. Ada keterangan jumlah huruf dan karakter pada text yang terlihat di sebelah kiri bacaan Ready...? Let's go! dan keterangan waktu yang teman-teman butuhkan untuk mengetik text tersebut, terlihat disebelah kanan. Lihat petunjuk dengan warna biru ini.




 9. Ketika selesai mengetik, akan terlihat tampilan ini. Disinilah kita mengetahui seberapa cepat dan tepat kita mengetik text yang bersangkutan, misalnya text Earth.





Awalnya pada bagian kiri (lihat petunjuk persegi berwarna biru), terlihat pilihan Mistypes. Pindah ke pilihan Statistic dan akan terlihat Av. Speed, Net Speed, Text Volume, Accuracy, dan Time. Sementara di bagian kanan, terlihat statistic kedua tangan kita saat mengetik. Misalnya tangan kiri (Left Hand), terlihat Accuracy, Frequent Mistypes, Time Ratio, Av Speed, dan Indicator. Begitu juga pada pilihan Right Hand. Lihat gambar diatas dan di bawah.



Disini kita juga bisa membuat teks lain dengan bahasa yang bebas. Lihat kembali langkah ke 7. Saat tampilan tersebut terlihat, pilih Create TXT File dan pada kotak dibawah pilihan tersebut kita ketik teksnya, dengan volume berapa pun dan dengan bahasa dan kata apapun. Setelah itu, simpan teksnya (Ingat, harus memakai format ".txt"). Barulah teks dapat diketik dengan memilih teks tadi pada bagian kiri bawah dan pilih Ready.

Posting Komentar

0 Komentar