WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Panduan Dasar Lengkap Membuat Daftar Isi Otomatis Dengan Table Of Contents Di Microsoft Word 2010

Setelah sebelumnya saya membagikan informasi tentang cara mengamankan dokumen dengan membuat password di Microsoft Word 2010, kini saya lanjut ke cara dasar membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2010, dengan menggunakan fitur Table Of Contents.

Teman - teman pasti sudah mengenal apa itu daftar isi. Ya, ketika kita membaca sebuah buku, sering menemukan yang namanya daftar isi. Ini merupakan daftar tentang judul materi yang terdapat di dalam buku yang bersangkutan, yang disertai dengan nomor halaman judul itu sendiri. Namun selain di buku bacaan atau artikel, kita juga menjumpai daftar isi ketika membaca sebuah makalah atau laporan. Nah, ketika membuat sebuah makalah atau laporan, biasanya dibuat melalui aplikasi Microsoft Word. Sudah dipastikan, bahwa daftar isi salah satunya dibuat melalui aplikasi pengolah kata ini.



Membuat daftar isi biasanya adalah dengan mengetikkan secara manual, judul - judul materi yang terdapat dalam bacaan yang dibuat, misalnya makalah. Judul - judul yang saya maksud seperti KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN, PEMBAHASAN, PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA. Artinya biasanya kita mengetik manual kata - kata tersebut, beserta tanda titik - titik yang panjang dan nomor halaman.

Namun taukah teman-teman ? Bahwa ada cara yang lebih simple dan cepat untuk membuat sebuah daftar isi. Ini sudah termasuk tanda titik - titik dan nomor halamannya. Dan metode ini juga bisa diupdate sesuai dengan perubahan yang ada di isi bacaan. Teknik yang digunakan untuk membuat daftar isi otomatis ini menggunakan sebuah fitur yang ada di Microsoft Word, yaitu Table Of Contents.

Baik, sudah cukup pembukaan materinya, sekarang kita menuju ke pembahasan. Tapi disini saya hanya menyajikan materi dasar pembuatan daftar isi otomatis ini, jadi mungkin materinya nggak banyak (karena tekniknya juga nggak banyak...:D).

Silahkan buka atau buat dokumen, nggak perlu panjang banget (setidaknya cukup untuk membuat contoh daftar isi otomatis). Setelah terbuka, lihat apakah Navigation Pane dokumennya sudah terlihat atau belum. Jika belum, tampilkan dengan memilih menu View -> Navigation Pane.

Setelah terlihat Navigation Pane nya, lihat tanda heading di Navigation tersebut. Biasanya belum ada heading, sehingga muncul bacaan "This document does not contain headings......." seperti gambar dibawah.


Perlu saya jelaskan, bahwa judul atau kata - kata yang akan ditampilkan saat membuat daftar isi otomatis, harus merupakan bacaan dengan styles heading, baik itu Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Jadi kita harus mengubah kata - kata tersebut dari style Normal menjadi Heading. Baik, silahkan pilih bacaan mana yang akan dijadikan Heading. Pertama, kita pilih saja Heading 1. Blok bacaan yang dipilih, lalu ganti dengan style Heading 1, yang ditemukan di menu Home, bagian Styles.

Seperti gambar dibawah, saya memilih BAB II CATUR ASRAMA.


Lalu lihat di bagian Navigation Pane, bacaan yang dipilih sudah terlihat. Namun apa yang terjadi pada bacaan Bacaan BAB II tadi ? Yap, ia berubah format menjadi rata kiri. Ini sih sebenarnya bukan masalah, karena tergantung keinginan kita untuk membuat format bacaan nya seperti apa. Jika ingin membiarkan seperti ini, tidak apa - apa.


Namun, jika kita ingin merubah ke format semula, caranya adalah dengan memilih styles bacaan (karena disini menggunakan Heading 1, pilih Heading 1) klik kanan, lalu pilih Modify.


Sekarang kita atur format yang diinginkan, misalnya jenis font, ukuran font, bold, italic, underline, warna font, dan alignment. Untuk setingan tersebut, berada di bawah bacaan Formatting. Seperti gambar dibawah. Lalu OK.


Dan bacaan "BAB II..." nya kembali ke format semula (sesuai yang diseting di Modify tadi).


Lalu pilih target selanjutnya, blok bacaannya, pilih Heading 1. Sepertr di bawah B.1 "BRAHAMACARI ASRAMA"


Setelah itu tampil lagi bacaan di Navigation Pane nya. Itu adalah bacaan "B.1 BRAHMACARI ASRAMA".


Jika formatnya berubah dan ingin dikembalikan, lakukan hal yang sama seperti pada bacaan "BAB II CATUR ASRAMA". Seperti dibawah, bacaan B. 1 nya berubah menjadi rata tengah (center).


Sekarang saya akan mengubah menjadi rata kiri. Pilih Heading 1, klik kanan, lalu Modify...


Silahkan atur format bacaannya sesuai keinginan. Lalu OK.


Bacaan kembali ke rata kiri (left).


Silahkan lakukan hal yang sama untuk bacaan lainnya yang akan di tampilkan di daftar isi otomatis yang akan dibuat. Sebagai contoh, disini saya memilih 6 bacaan untuk ditampilkan di daftar isi. Jadi saya merubah style nya menjadi Heading 1.


Setelah selesai menambahkan bacaan ke dalam Navigation Pane bagian Heading, sekarang kita tambahkan satu lembar baru untuk membuat daftar isi. Ini sih sebenarnya boleh dilakukan atau tidak. Intinya agar ada satu lembar kosong yang akan digunakan sebagai tempat daftar isi. Karena disini belum ada, jadi saya membuat lembar baru.

Pilih menu Insert -> Blank Page.


Sudah terlihat lembar kosong barunya.


Buat bacaan "DAFTAR ISI".


Sekarang kita menuju tahap inti dari pembahasan ini, yaitu penggunaan fitur Table Of Contents. Pilih menu References, lalu pilih Table of Contents.


Lalu pilih gaya mana yang diinginkan, misalnya Automatic Table 1.


HERE WE GO....!!! Daftar isinya sudah terlihat.


Untuk bacaan "Contents", kita bisa menghapusnya secara manual, yaitu dengan memblok bacaannya, lalu di hapus, bisa pakai tombol Backspace atau Delete.


Dan itu lah daftar isi otomatis yang sudah dibuat, sudah disertai dengan nomor halamannya.


Jika kita ingin membuat bacaan sub bagian, yang merupakan sub bagian dari bacaan utama, kita mengatur bacaan agar berformat Heading 2. Langkah - langkah nya sama seperti langkah sebelumnya, tinggal di blok bacaan yang menjadi sasaran, lalu pilih Heading 2 di bagian Styles.

Seperti gambar dibawah, saya memilih kata "Atau atur asrama".


Coba lihat di Navigation Pane, bacaan yang menjadi sub heading sudah terlihat.


Untuk mengatur kembali format bacaan, lakukan hal yang sama dengan langkah sebelumnya pula. Hanya klik kanan pada Heading 2, pilih Modify.


Silahkan atur format teks yang menjadi heading 2 nya sesuai keinginan. Setelah itu OK.


Pilih kembali bacaan yang akan dijadikan Heading 2.


Dan terlihatlah bacaan tersebut.


Lakukan hal yang sama untuk beberapa bacaan yang akan di jadikan Heading 2, hingga terlihat seperti gambar dibawah.


Sekarang, untuk merubah atau memperbarui daftar isi agar berisi bacaan Heading 2 nya, kita melakukan update table pada daftar isi tersebut. Ini bertujuan untuk menambahkan heading 2 nya secara otomatis ke daftar isi. Silahkan kita menuju daftar isi, lalu klik salah satu bacaan di daftar isi otomatis.

Setelah itu, kita pilih Update Table.


Kemudian kita akan di berikan 2 pilihan, apakah kita hanya memperbarui nomor halaman, atau memperbarui seluruh isi table, yang mencangkup nomor halaman dan bacaan yang berformat Heading 1 dan Heading 2. Karena kita akan menambahkan Heading 2, jadi pilih Update entire table. Lalu OK.


Here we go...... Daftar isinya sudah terupdate atau diperbarui. Semua bacaan yang menggunakan style Heading 1 dan 2 terlihat, tidak lupa juga nomor halamannya.


Teman - teman, itulah panduan tentang pembuatan daftar isi otomatis di Microsoft Office Word 2010. 

Teknik ini sangat berguna untuk kita dalam pembuatan daftar isi, dimana suatu waktu, ketika ada penambahan atau pengurangan isi atau materi sebuah makalah atau artikel, yang mengharuskan adanya perubahan pada daftar isi juga, kita tidak perlu repot-repot mengubah daftar isi secara manual lagi. Termasuk juga nomor halamannya.

Selain itu, ada juga tutorialnya dalam bentuk video. Berikut adalah videonya.




Baik, semoga informasi ini membantu teman - teman dalam mempersingkat pekerjaan kalian dalam pembuatan daftar isi dalam sebuah makalah, artikel, dan lain sebagainya, dimana kita menggunakan aplikasi Microsoft Office Word 2010. Tetap baca info di blog ini, karena teman - teman akan selalu mendapatkan informasi yang penting dan juga menarik.
Sampai jumpa dan selamat beraktivitas. 😏

Posting Komentar

0 Komentar