WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengatasi Partisi (Local Disk) Yang Tidak Terlihat Di Windows Explorer Setelah Install Ulang

Jumpa lagi dengan saya I Komang Tri Januariawan. Sebelumnya saya sudah membahas tips atau langkah - langkah mengubah huruf partisi harddisk di komputer. Sekarang kita beralih ke info lain. Yang namanya seorang teknisi komputer, install ulang OS sudah merupakan hal yang biasa, sudah jadi makanan sehari - hari istilahnya😊.

Namun, sama seperti aktivitas teknisi pada umumnya, berakhirnya instalasi OS juga ada yang diikuti dengan beberapa permasalahan. Salah satu masalah yang terjadi setelah melakukan install ulang adalah, tidak terlihatnya salah satu local disk atau partisi yang ada di komputer. Padahal kita sama sekali tidak melakukan penghapusan atau memformat partisi tersebut. Hal ini pernah saya alami ketika dimintai tolong oleh teman untuk menginstall ulang laptopnya. Seusai install ulang, dan ketika saya membuka Windows Explorer, salah satu partisinya tidak terlihat. Di laptop tersebut ada tiga partisi, dan yang terlihat hanya dua.


Nah, jadinya saya bingung. Saya sudah mengingat bahwa saya tidak menghapus partisi lain selain partisi C (untuk windows). Lalu saya coba lihat di Disk Management, partisi tersebut ada. Setelah itu saya kembali kebingungan. Bagaimana cara memperlihatkan partisi tersebut di Windows Explorer ? Dan setelah mencari info di internet, berhasil juga pemecahan masalah ini. Dan sekarang waktunya saya yang membagikan info ini ke kalian, teman - teman...:) Selamat membaca ya !!!

Oke, teman - teman trijanuari33.blogspot.com sekalian, permasalahan utama dari tidak terlihatnya partisi setelah install ulang adalah :

"Letter (huruf) pada local disk yang salah atau tidak cocok dengan sistem operasinya."

Letter atau huruf local disk yang saya maksud adalah, partisi harddisk 'kan pada umumnya ada yang bernama local disk C, local disk D, dan local disk E, atau seterusnya. C, D, dan E tersebut yang saya maksud. Sehingga maksud saya tentang permasalahan tidak terlihatnya partisi setelah install ulang ini adalah huruf C, D, atau E tersebut yang tidak cocok dengan sistem operasinya.

Oke, setelah mengetahui permasalahannya, saatnya kita menyelesaikan permasalahan tersebut. Disini kita harus mengganti letter atau huruf partisi yang tidak terlihat di Windows Explorer. Dan ingat, partisi ini memang ada, bisa dilihat di Disk Management. Untuk mengganti letter atau huruf locak disk (partisi) pada komputer, silahkan kalian baca petunjuknya pada link dibawah :

>> Langkah - Langkah Mengubah Huruf (Letter) Local Disk Atau Partisi Di Komputer <<

Dan hasilnya partisi yang awalnya tersembunyi kembali terlihat.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Saya sangat berharap agar postingan ini membantu teman - teman semua, terutama yang mengalami kebingungan saat mengalami masalah ini. Pesan saya adalah, jangan pernah takut jika mengalami permasalahan seperti ini. Yang terpenting adalah bagaimana cara untuk menemukan cara memecahkan masalah tersebut. Silahkan cari informasi di berbagai sumber, bertanya kepada siapapun yang menurut teman - teman bisa memecahkan masalah itu. Karena tidak ada masalah yang tidak memiliki penyelesaian masalah. 😉

Dan ingat juga, membaca informasi di situs web ini. Karena pastinya saya akan selalu membantu teman - teman yang mengalami kesulitan didalam mengoperasikan komputer. Ataupun info di bidang lainnya. :) Sampai jumpa di kesempatan yang lain.

Posting Komentar

0 Komentar