WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Typing Skill, Mengetik Cepat 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Typing skill adalah sebuah teknik yang melatih keahlian berupa kecepatan dan ketepatan tangan kita dalam mengetik pada keyboard, dengan menggunakan 10 jari tangan kita dimana kita tidak boleh melihat keyboard selagi mengetik. Yah…. Memang awalnya kita berpikir bahwa itu sulit untuk dilakukan. Saya juga awalnya merasa sulit. Tapi setelah terbiasa, saya pun merasa bahwa lebih baik mengetik dengan teknik ini dibandingkan dengan melihat keyboard dan tidak menggunakan semua jari tangan.



Image result for typing skill, mengetik cepat 10 jari tanpa melihat keyboard

Sekolah saya (SMK TI Bali Global Singaraja) menjadikan teknik ini sebagai salah satu mata pelajaran produktif. Semua siswa mendapatkannya dan waktunya dibagi melalui jadwal yang telah ditentukan.

A. Teknik Mengetik Cepat 10 Jari.
Kali ini saya membagikan teknik dalam mengetik 10 jari ini.


Sudah melihat gambar keyboard diatas bukan ?!
Sekarang penggunaan kesepuluh jari kita.

Dimulai dari tangan kiri:
1. Jari kelingking mengetik huruf Q, A, Z. Sementara untuk tombol lain, jari
    kelingking mengetik tombol Shift, Caps Lock, Tab, dan Control
2. Jari manis mengetik huruf  W, S, X.
3. Jari tengah mengetik huruf  E, D, C.
4. Jari telunjuk mengetik huruf  R, F, V, T, G, B.
5. Ibu jari menekan tombol Space.

Kemudian untuk tangan kanan:
1. Ibu jari juga menekan tombol Space.
2. Jari telunjuk mengetik huruf  Y, H, N, U, J, M.
3. Jari tengah mengetik huruf  I, K. Untuk karakter/symbol, jari tengah menekan symbol koma “,” dan simbol “<”.
4. Jari manis mengetik huruf  O, L, dan simbol titik “.” dan “>
5. Jari kelingking kanan hanya mengetik huruf  P. Sisanya jari ini menekan tombol-tombol karakter/simbol seperti titik koma ;”, titik dua :”, garis miring /”, tanda tanya ?”, tanda kutip () (), dan menekan tombol Enter dan Shift.

Jari telunjuk adalah jari yang mudah untuk digerakkan, sehingga jari ini digunakan untuk mengetik huruf yang lebih banyak dari jari-jari lainnya. Untuk ibu jari, hanya menekan tombol Space karena jari ini lebih pendek dan lebih susah digerakan.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan kesepuluh jari tangan kita, perhatikan gambar dibawah.


Posisi awal tangan saat mengetik sepuluh jari


Itulah teknik-teknik atau cara-cara (petunjuk) dalam mengetik cepat 10 jari.

B. Manfaat Typing Skill Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Typing skill sudah pasti sangat bermanfaat bagi kita. Jika kita membuat tugas berupa makalah atau proporsal, disinilah terasa manfaatnya. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
Saat mengetik, kita hanya terfokus pada monitor, sehingga ketika terjadi kesalahan mengetik, kita langsung mengetahui dan memperbaikinya.

Bagaimana teman-teman ? Apakah telah memahami tentang typing skill ? Harapan saya adalah agar teman-teman juga mencoba mengetik cepat sepuluh jari (bagi yang belum mengetahui). Seru lho …!!!

C. Aplikasi yang bisa digunakan untuk typing skill.

Membahas tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk melatih kecepatan dan ketepatan tangan kita, ada satu aplikasi yang disebut MaxTipe (ada MaxTipe LITE dan MaxTipe PRO). Dan ada juga melalui internet, dengan mengetikkan kata “10 fast fingers / ten fast fingers” untuk melatih typing skill kita, dimana disini kita diberikan waktu selama satu menit untuk mengetik kata-kata yang telah disediakan diatas tempat kita mengetik. 10 fast fingers ini berbeda dengan MaxTipe.

Klik disini untuk membaca penggunaan maxtype

Sementara jika membahas 10 fast fingers, juga asik koq untuk digunakan. Kita memiliki waktu selama 1 menit untuk mengetik kata yang telah terlihat di bagian atas tempat kita mengetik. Ingin mencoba 10 fast fingers ? klik link di bawah !

>> 10 Fast Fingers <<
Sekian informasi dari saya tentang typing skill (keterampilan mengetik). Semoga dapat memberi manfaat. Ayo latih kecepatan dan ketepatan tangan kita saat mengetik pada keyboard, berlatihlah untuk menggunakan waktu yang singkat dalam mengetik. Untuk mengawali pembelajaran atau pelatihan typing skill, silahkan buat kata "abc.....z", seperti yang guru saya katakan kepada saya dan teman-teman saya sewaktu awal belajar typing skill. Kuncinya sih sudah pasti harus semangat, jika merasa belum bisa mengetik dengan cepat, terus belajar. Learn it, friends…..!!!!!

Posting Komentar

0 Komentar