WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Makna Lagu Peterpan - Di Balik Awan

Apa kabar teman-teman semua ? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Karena kalau teman-teman sedang tidak sehat (tidak enak badan misalnya :D), kalian tidak akan bisa membaca postingan ini dengan baik. Dan itu sangat disayangkan. Karena sekarang saya membahas suatu topik yang sangat menarik, dan menurut saya berguna untuk kita semua. Yap, kali ini saya masih membahas tentang dunia musik, khususnya tentang makna yang terkandung dalam sebuah lagu.

Sebelumnya saya sudah membuat postingan tentang makna lagu Numb (lagu milik Linkin Park). Sekarang, saya membahas lagu dari band asal Indonesia yang bernama Peterpan, dengan lagunya yang berjudul Di Balik Awan. Dan ini adalah postingan pertama saya yang membahas makna lagu Indonesia. Sebelumnya makna lagu yang saya bahas adalah lagu-lagu luar negeri. Namun selain lagu luar negeri, saya juga membahas makna lagu yang berasal dari Bali (lagu oleh musisi Bali), dan lagu tersebut berjudul Bahagia Itu Sederhana, yang miliki oleh band bernama Leeyonk Sinatra.


Oke kembali ke Peterpan. Selain memiliki permainan musik yang mudah diingat, band ini juga dikenal dengan lirik lagunya yang puitis dan banyak menggunakan bahasa kiasan, sehingga kita tidak bisa begitu saja mengartikan lirik tersebut. Kita harus menganalisa dengan teliti. Berbeda jauh dengan musiknya yang sangat mudah tertempel ditelinga. Namun lirik dengan bahasa yang rumit itulah yang ikut menjadi keunggulan dari Peterpan. Salah satu lagunya yang memiliki lirik yang tidak bisa diartikan dengan mudah adalah lirik dari lagu yang berjudul Di Balik Awan. Di Balik Awan sendiri merupakan lagu milik Peterpan yang berada di album studio ketiga mereka, Hari Yang Cerah. Lagu ini adalah lagu dimana Peterpan sudah hanya beranggotakan empat orang, setelah dua anggota mereka hengkang dari band. Lagu ini juga merupakan lagu Peterpan favorit saya. Senang rasanya ketika lagu favorit saya ternyata memiliki makna lagu yang luar biasa. Sebuah lagu tentang kehidupan manusia, lagu yang sangat menginspirasi.

Di Balik Awan bercerita tentang seseorang yang putus asa karena keinginannya tidak pernah tercapai, padahal ia telah berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan keinginannya itu. Juga putus asa karena ia mengalami banyak sekali masalah hidup. Sehingga ia pun memilih untuk menjauh dari kehidupan yang penuh dengan masalah itu. Namun untuk mengetahui lebih jelas mengenai makna lagunya, mari kita simak bersama melalui lirik lagunya.

"Ku tak selalu berdiri
Terkadang hidup memilukan
Jalan yang ku lalui
Untuk sekedar bercerita"

Lirik diatas terdapat di verse 1. Disitu dijelaskan mengenai siklus kehidupan manusia, dimana hidup itu seperti roda berputar. Ada kalanya manusia berada di atas, ada juga masanya manusia berada di bawah. Ketika berada dibawah, manusia pun terkadang menjadi terpuruk. Dikatakanlah bahwa seseorang di lagu ini tidak selalu berdiri ketika menjalani kehidupan. Ada kalanya dia duduk maupun berbaring, mungkin karena merasa lelah setelah melakukan banyak hal, namun keinginannya belum tercapai. Terkadang ia harus menjalani hidup dengan kisah yang menyedihkan, kisah yang memilukan. Ia pun menunjukkan bahwa jalan hidup yang dilalui penuh dengan rintangan, yang mampu menjauhkannya dari keberhasilan. Karena tidak bisa meraih apa yang diinginkan, ia pun tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Yang bisa ia lakukan hanyalah bercerita. Sekedar bercerita tentang jalan hidup yang penuh rintangan tersebut.


"Pegang tanganku ini
Dan rasakan yang kuderita
Genggam tanganku ini
Genggam perihnya kehidupan"

Lirik tersebut adalah penggabungan dari lirik yang ada di verse 1 dan verse 2. Karena isinya sama, hanya di verse 2 terdapat tambahan lirik, seperti pada apa yang sudah tertulis diatas. Pada bagian ini diceritakan bahwa seseorang di lagu ini sudah merasa lelah untuk memikirkan masalah hidupnya sendiri. Ia pun mencoba untuk berbagi masalah dengan orang lain. Ia ingin agar mereka mengetahui apa yang dipikirkan. Ia meminta kepada orang lain untuk merangkulnya, memegang dan menggandeng tangannya. Ataupun meminta untuk sekedar menjadi tempat ia bersandar. Ia juga meminta mereka untuk merasakan apa yang sedang ia rasakan. Ia meminta agar orang-orang di sekitarnya merasakan sakit yang sama. Merasakan bahwa kehidupannya sangat memprihatinkan. Merasakan betapa perihnya kehidupan yang ia jalani.

"Apa yang ku berikan
Tak pernah jadi kehidupan
Semua yang ku inginkan
Menjauh dari kehidupan"

Sama seperti sebelumnya, lirik ini berada di verse 1, namun diulang lagi di verse 2. Disini ditunjukkan bahwa ia memiliki banyak keinginan. Dan ia sudah mengerahkan seluruh tenaga. Ia sudah melakukan begitu banyak hal. Sudah mencoba berbagai macam cara. Sudah memberikan upaya yang maksimal, memberikan semua tenaga yang dimiliki. Namun upaya yang diberikan tersebut tidak berubah menjadi hasil yang nyata. Semua usahanya gagal. Tenaganya terkuras secara percuma. Cita-cita dan harapannya tidak pernah terwujudkan. Semua keinginannya justru jauh dari kenyataan. Makna "kenyataan" disini terdapat pada kata "kehidupan". Dan tentunya kegagalan tersebut tidak lepas dari rintangan hidup yang menghalanginya untuk mewujudkan keinginan.


"Tempatku melihat di balik awan
Aku melihat di balik hujan
Tempatku terdiam tempat bertahan
Aku terdiam di balik hujan"

Dan ini adalah lirik yang berada di bagian chorus. Di bagian ini ditunjukkan mengenai apa yang dilakukan oleh seseorang di lagu ini ketika ia mengalami masalah hidup yang banyak, dan ketika ia tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Teman-teman tentu pernah melihat awan, bukan?  Mungkin sering atau bahkan setiap hari :D. Namun kita melihat awan tersebut dengan hanya melihat sisinya (sisi awan) yang menghadap ke bumi. Of course karena kita berada di bumi. Sementara kita tidak melihat sisi awan yang menghadap ke langit (kecuali jika kita sedang berada di pesawat, barulah kita bisa melihat sisi awan yang menghadap ke langit tersebut). Begitu juga sebaliknya, jika kita bisa melihat sisi awan yang menghadap ke langit, kita tidak akan bisa melihat sisi yang menghadap ke bumi.

Lalu bagaimana dengan lirik "tempatku melihat di balik awan"? Yap, lirik tersebut bermaksud bahwa seseorang yang memiliki masalah hidup terkadang atau mungkin sering ingin melarikan diri dari kehidupan. Ia ingin pergi meninggalkan bumi yang penuh dengan masalah hidup. Maka dari itu, ia ingin atau memilih berada di balik awan (di sisi awan yang menghadap ke langit). Karena dengan berada di balik awan tersebut, ia tidak akan melihat bumi. Maka ia pun tidak akan melihat masalah hidup di bumi tersebut. Jadi objek "di balik awan" tersebut adalah tempat yang ingin dituju untuk seseorang yang sedang mengalami masalah hidup.

Kemudian, bagaimana dengan objek "hujan" di lagu ini? Kata "hujan" disini juga memiliki makna yang sama dengan sisi awan yang menghadap ke bumi. Kalian tentu sudah mengetahui, bukan? Bahwa hujan bergerak menuju bumi, bukan menuju langit. Jadi ketika seseorang berada di balik awan, otomatis dia juga berada di balik hujan, karena ia juga tidak akan melihat hujan yang turun ke bumi. Selain itu, awan juga identik dengan hujan. Sehingga setiap kali berbicara tentang awan, kata "hujan" pun akan diikutsertakan.

Pada lirik di chorus tersebut juga sudah dijelaskan, bahwa tempat di balik awan atau di balik hujan tersebut sangat berguna untuk tempat berdiam diri atau beristirahat. Beristirahat sejenak, melepas rasa lelah karena sudah berjuang begitu keras. Berdiam diri untuk melepas semua beban yang ada di dalam pikiran. Tempat tersebut sangat membantu kita untuk tetap bertahan hidup di tengah-tengah masalah yang kita hadapi. Bertahan untuk bangkit dan kembali berjuang mengalahkan semua masalah dan rintangan hidup, hingga kita bisa meraih apa yang kita inginkan.


Oke teman-teman, itulah dia pembahasan mengenai makna lagu Di Balik Awan milik Peterpan. Bagaimana? Keren nggak maknanya? Keren banget dong :D.

Lagu yang luar biasa, dengan lirik yang luar biasa juga. Dari sini kita sudah bisa mengetahui kejeniusan dari seorang Nazril Irham atau Ariel (vokalis Peterpan) di dalam membuat lirik. Bahasanya yang begitu puitis, kata-katanya yang sangat rumit dan misteri, sehingga liriknya terkesan multitafsir. Namun itulah salah satu keunggulan Peterpan, yang juga membedakannya dengan band-band atau penyanyi-penyanyi lainnya. Pokoknya keren deh buat Peterpan.

Begitu juga untuk lagi yang satu ini, yang memberikan gambaran tentang kehidupan manusia yang penuh dengan masalah, dan bagaimana manusia tersebut menyikapi permasalahannya. Liriknya sungguh menginspirasi. Lagu Di Balik Awan ini memberitau kita bahwa mengeluh ketika menghadapi masalah hidup itu adalah hal yang wajar. Juga ketika kita ingin pergi sejenak dari dunia yang penuh masalah tersebut. Karena manusia bukanlah makhluk yang benar-benar kuat. Ada kalanya manusia menjadi rapuh. Dari jiwa yang rapuh tersebut muncul rasa putus asa. Dan manusia perlu beristirahat dari aktivitas menyelesaikan masalah hidup.

Namun tentunya kita juga harus ingat, bahwa kita hanya boleh beristirahat sebentar. Karena yang namanya masalah hidup harus diselesaikan. Setelah beristirahat, kita lanjutkan penyelesaian masalah tersebut. Bangkit dan tunjukkan bahwa kita bisa mengalahkan rintangan hidup, dan bisa mewujudkan keinginan kita. Karena sebenarnya masalah hidup tidak melebihi kemampuan kita untuk menyelesaikannya. Yang penting kita bisa menjalani hidup dengan semangat, niscaya semua masalah kita akan terselesaikan.

Baik, sekian dulu pembahasan saya tentang makna lagu. Semoga informasi ini bisa memberi inspirasi untuk kita semua. Inspirasi bisa ditemukan dimana saja. Salah satunya adalah di situs web ini. Maka dari itu, tetap setia di Education And Entertainment, karena di situs ini akan selalu ada informasi inspiratif yang bisa teman-teman dapatkan. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mantap Bang, saya dari Malaysia.. amat mengagumi band ini. Selalu mendengarnya namun ingin tahu maksud liriknya. Terima Kasih kerana membagi <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca informasi ini. Semoga bermanfaat :)

      Hapus

Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar. Jangan melakukan spam. Komentar anda tidak segera dipublikasikan, melainkan harus menunggu persetujuan terlebih dahulu.

Please comment politely and DO NOT SPAM. Your comment will not be published immediately. It must wait for approval first.