WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengatur IP Address Dan DNS Komputer Melalui Cmd (Beserta Gambar)

Menyeting IP address dan DNS komputer juga bisa di lakukan di Command Prompt. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt dengan klik tombol start / windows, kemudian cari command prompt, bisa di ketik di kolom pencarian. Kemudian klik kanan mouse pada aplikasi tersebut, lalu pilih Run As Administrator.


Pilih Yes setelah itu.

Saat terbuka, sekarang kita atur ip dan dns komputernya. 

1. Mengatur IP address.

Caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci "netsh interface ip set address name="(nama koneksi yang akan diatur ipnya)" static (ip address, netmask, dan gatewaynya.)"

Misalnya netsh interface ip set address name="Local Area Connection 2" static 192.168.1.5 255.255.255.192 192.168.1.3. Berubahlah ip address di Local Area Connection 2.

Ip address komputer yang awalnya belum di set melalui cmd.

Perintah setting Ip address komputer di cmd

Ip address yang telah di setting.
Kemudian untuk mengubah ip nya menjadi otomatis (dhcp), hanya perlu mengganti perintah setelah nama koneksi dengan kata dhcp. Untuk lebih jelasnya, ini perintahnya.

"netsh interface ip set address name="Local Area Connection 2" dhcp." Tekan enter, ipnya pun otomatis kembali.



2. Mengatur DNS.

Mengatur DNS komputer kita tidak jauh berbeda perintahnya dengan mengubah ip, tapi tetap menjadi perhatian. Terlihat juga koq perbedaannya. Untuk mengatur dns, perintahnya adalah "netsh interface ip set dns name="(Nama Koneksi)" static (nomor dns)". Sudah paham dimana perbedaan perintah antara mengatur dns dan ip address nya ?

Sudah jelas, terletak pada kata "dns" setelah kata kunci "netsh interface ip set". Perhatikan baik-baik.
Dan kali ini saya mencoba mengatur dns komputer dengan koneksi Local Area Connection 2 menjadi 8.8.8.8. Perintahnya adalah netsh interface ip set dns name="Local Area Connection 2" static 8.8.8.8.


Perintah mengatur dns komputer di cmd

Gambar di bawah menunjukkan bahwa dns komputer di LAN 2 tadi telah di atur.


Lanjut ke mengatur dns menjadi otomatis (dhcp), perintahnya adalah netsh interface ip set dns name="Local Area Connection 2" dhcp.


Setelah menekan Enter, kembali dns komputer menjadi otomatis.


Bagaimana ? Tidak begitu sulit untuk menggunakan command prompt dalam mengatur ip address dan dns komputer. Memang, kita butuh pemahaman tentang perintah yang akan di gunakan untuk mengatur ip dan dnsnya. Tidak bisa sembarang.

Sedikit info dari saya. Pemahaman saya tentang perintah setting ip address ini adalah:

- Netsh interface ip set adalah perintah dasar/baku dari setting ip komputer. Terdapat kata "set" yang berarti mengatur, dan sebelumnya ada kata "ip", dimana yang ingin kita atur adalah sebuah ip (Internet Protokol), yang sering dikenal sebagai alamat komputer.
- address artinya alamat komputernya.
- name artinya nama koneksi yang ingin kita ubah ipnya.
- static adalah perintah awal jika kita ingin membuat ip dan dns secara manual.
- dhcp, perintah untuk membuat ip dan dns secara otomatis.
- dns, berarti domain name server dari komputer kita.

Mungkin itu  pemahaman saya tentang perintah dasar tersebut.

Catatan:
Mungkin ada yang bertanya kenapa harus pilih Run As Administrator ketika mengubah ip lewat cmd ini. Kenapa tidak langsung saja windows + run, and open the command prompt. Ini juga harus diperhatikan. Karena jika tidak memilih Run As Administrator, maka perintah menyeting ip dan dns tidak akan terlaksana. Coba saja kalau gak percaya. Muncul kata - kata yang memerintahkan untuk Run As Administrator. 

Baik, itulah cara mengatur ip dan dns komputer di command prompt. Selamat mencoba dan pastikan teman - teman mengikuti apa yang saya tuliskan, terutaman di catatan. Sampai jumpa di lain postingan.
mak
"
dre



Posting Komentar

0 Komentar