WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Penggunaan Debian Grafik Client Untuk Menguji Router Dan DHCP Server

Postingan ini membahas tentang cara menggunakan debian berbasis GUI(Graphical User Interface) untuk dijadikan sebagai client dalam jaringan server client. Artinya menerima layanan yang di berikan server, misalnya linux server. Layanan yang dimaksud diantaranya Router, DHCP, Proxy, DNS, Web, dan lain-lain. Saya memposting ini karena terinspirasi dari sulitnya mencari tutorial menggunakan debian grafik ini sebagai client. Jadinya saya sendiri deh yang memposting. :)

Tapi bukan berarti saya sombong ya. Hehe.... Saya juga dibantu oleh teman saya koq, disamping saya juga mencoba sendiri. Lalu bagaimana menggunakannya ? Untuk layanan apa saja ? Kali ini saya memposting untuk menerima layanan Router, DHCP.

1. Menguji router yang telah disetting.

Pertama, menggunakan debian grafik client untuk menguji router yang telah di setting. Gambar dibawah adalah tampilan desktop debian grafik. Kita menguji router di terminal atau root terminal. Cara mencarinya adalah klik Applications yang terletak di sebelah kiri atas.

Tampilan Desktop Debian Berbasis GUI
Pilih Accessories. Disini kita memiliki dua tempat untuk membuat IP untuk komputer client (debian grafik ini), yaitu di Root Terminal dan Terminal. Jika di root terminal, kita diminta untuk memasukkan password root yang telah di buat saat menginstall debian. Tapi saya membuat ip melalui terminal, jadi saya memilih terminal.


Setelah memilih terminal, maka terlihat tempat untuk login root nya. Silahkan login seperti pada debian server nya.
                                     

Lalu buat ip addressnya, lakukan sesuai dengan di debian server, yaitu mengetikkan perintah nano /etc/network/interfaces.


Sekarang buat ip addressnya. Karena di server dibuat ip 10.10.8.60, maka disini kita buat ip yang berada dalam satu jaringan, sesuai dengan network dan broadcastnya. Saya buat 10.10.8.61, netmasknya (/26), dan gatewaynya adalah ip dari server. Simpan konfigurasinya dengan menekan tombol ctrl + x -> y -> enter. 


Sekarang restart networking nya. Mengapa hanya menyeting di nano/etc/network/interfaces ? Tidak mengonfigurasi yang lain, misalnya rc.local ? Karena kita tidak menyeting router. Hanya membuat ip. Maka setelah membuat ip, langsung restart. 



Untuk melihat apakah ip addressnya telah tersetting, ketikkan perintah ifconfig. Lihat gambar di bawah.


Ip Address Yang Telah Disetting.
Sekarang coba ping server nya. Ip servernya adalah gateway dari client ini. Lihat di /network/interfaces atau ifconfig. Jika terdapat bacaan 64 bytes from (ip address server) icmp...... times771ms, dan seterusnya, itu tandanya client berhasil terhubung ke server.

Client berhasil terhubung ke server
2. Menguji dhcp server.
DHCP adalah layanan pemberian ip otomatis ke client. Artinya, di klient kita tidak perlu membuat ip secara static atau manual. Gimana cara menggunakan debian grafik client ini ?

Kita masuk ke network/interfaces dengan perintah nano /etc/network/interfaces. Lalu kita setting agar ip nya menjadi dhcp. Jika awalnya terbacaan static, ganti dengan dhcp. Lihat gambar.


Simpan dan keluar dengan menekan ctrl + x -> y -> enter. Lalu restart. Perintahnya service networking restart.



Saat merestart ip nya (networkingnya), akan terlihat apakah client mendapatkan ip atau tidak. Jika proses restartnya cepat (tidak berisi jeda / macet), dan muncul bacaan: 

"DHCPREQUEST on eth0........
DHCPOFFER from (ip address server)
DHCPACK from (ip address server)
bound to ....... -- renewal in ... seconds.
done.",
berarti ip addressnya berhasil di dapatkan oleh client atau settingan dhcpnya berhasil.

Permintaan ip otomatis berhasil
Cek lagi ipnya dengan ifconfig.

Ip address yang diterima dari layanan dhcp / dhcp server

Baik, sekian dulu penggunaan debian grafik client untuk mengecek layanan yang diberikan server dalam jaringan server-client, yaitu router dan dhcp. Pembahasan mengenai pengujian layanan seperti proxy, dns, web server, dan lain-lain, akan saya bahas di postingan selanjutnya. Dahhhhh


Posting Komentar

0 Komentar