WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengatasi DHCP Tidak Mau Bekerja Di VirtualBox Host-Only Network

Kembali lagi di Education And Entertainment, kali ini dengan pembahasan troubleshooting baru, yaitu mengatasi DHCP yang tidak bekerja atau error di VirtualBox Host-Only Network.

Dalam belajar jaringan server client, biasanya menggunakan debian ataupun mikrotik, kita pasti mengenal yang namanya DHCP Server. Ini merupakan sebuah layanan pemberian ip address otomatis kepada para client, yang dimaksudkan salah satunya agar tidak terjadi ip konflik atau tabrakan ip address karena konfigurasi ip di client secara manual.

Nah, kita tidak harus menggunakan dua komputer atau lebih untuk belajar server-client ini. Menggunakan satu komputer juga bisa. Saat menggunakan satu komputer, network adapter pada Virtual Box (untuk menginstall debian atau mikrotik) yang menuju client diarahkan ke VirtualBox Host-Only Network. Nah, di VirtualBox Host-Only inilah terjadi suatu kegagalan dalam menerima DHCP server yang telah dikonfigurasi.


Saya sudah sering mengalami hal ini. Sekarang saya ingin agar teman-teman bisa mengatasi permasalahan yang sama.

Silahkan konfigurasi DHCP Servernya melalui debian atau mikrotik. Setelah mengkonfigurasi, jangan dulu mengatur ip address client menjadi otomatis.

Yang paling utama dari troubleshooting ini adalah mengakhiri proses VBoxNetDHCP yang berjalan di task manager. Proses ini berjalan ketika kita mengkonfigurasi DHCP Server dan mengarahkannya ke VirtualBox Host-Only Network.

Buka Task Manager, terserah teman - teman dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del lalu pilih Task Manager atau dengan cara yang lebih singkat, menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Setelah itu, di tab Processes, cari VBoxNetDHCP. Lalu kita akhiri proses tersebut dengan klik kanan, lalu End task.


Nah, setelah itu barulah kita otomatiskan ip clientnya.







Dan DHCP server pun berhasil diterima client.

Itulah informasi troubleshooting DHCP error. Semoga bisa bermanfaat, ya...... Selamat mencoba..... :)

Untuk yang ingin melihat videonya, bisa lihat dibawah.


Posting Komentar

12 Komentar

Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar. Jangan melakukan spam. Komentar anda tidak segera dipublikasikan, melainkan harus menunggu persetujuan terlebih dahulu.

Please comment politely and DO NOT SPAM. Your comment will not be published immediately. It must wait for approval first.