WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Blok Situs Dan Melakukan Redirect Dengan Web Proxy Di Mikrotik Menggunakan Winbox

Sebelumnya, saya telah membagikan informasi memblok situs dengan protokol layer 7 di mikrotik. Dan disana sudah saya jelaskan bahwa selain dengan protokol layer 7, kita juga bisa menggunakan web proxy. Juga mengenai fungsinya masing - masing. Jika kita menggunakan web proxy, kita bisa melakukan redirect, yaitu pengalihan situs web tertentu ke situs lainnya. Misalnya orang lain ingin membuka facebook.com, namun yang muncul malah situs youtube. Disinilah kita mengaturnya sekarang.

Penjelasan sebelumnya juga saya memberi tahu bahwa di Web Proxy ini kita tidak bisa memblok port 443 (https). Jadi, meskipun kita sudah menyeting blok situs tertentu, jika menggunakan https, situs tersebut tetap terbuka. Misalnya situs facebook.com yang sudah pernah saya coba. Meski di mikrotik sudah memblok, saat di cek, facebook.com nya terbuka. Dan pembahasan kali ini saya memblok situs yahoo.com.

Baiklah, sekarang saatnya pembahasan. Untuk yang pertama, kita melakukan blok situs terlebih dahulu. Memblok situs di mikrotik dengan Web Proxy dimulai dengan membuka aplikasi winbox, lalu pilih tab IP -> Web Proxy.


Di tab general, centang pilihan Enabled dan Cache On Disk. Kolom Port diisi 8080. Cache Administrator bisa diisi sesuai keinginan, seperti saya mengisi trijanuari. Setelah itu kita Apply terlebih dahulu, baru ke menu Access.


Pilih tanda +.


Dst. Port adalah destination port atau port tujuan mikrotik. Silahkan isi Dst.Port nya dengan port 80. Sementara Dst. Host adalah host atau nama situs tujuan mikrotik (situs yang akan di blok). Tadi saya sudah mengatakan bahwa saya akan memblok situs yahoo.com. Jadi, dikolom Dst.Host tambahkan yahoo.com. Kemudian karena kita memblok, di kolom Action pilih deny. Apply terlebih dahulu jika sudah, baru OK.


Terlihatlah konfigurasi tadi.


Setelah itu, kita keluar dari menu Web Proxy, lalu menuju IP -> Firewall -> NAT. Buat aturan baru dengan memilih tanda +. Di tab General, Chain pilih dstnat, Protocol = 6 (tcp), dan Dst Port = 80.



Pindah ke tab Action. Kolom Action pilih redirect, dan kolom To Ports tambahkan 8080. Apply, lalu OK.


Terlihat aturan baru tadi. Yang di bagian atas adalah rule yang dibuat saat mengkonfigurasi router.


Sekarang kita coba situs yahoo nya. Dan hasilnya ERROR: Forbidden, seperti gambar di bawah.

Itu masih memblok situs. Nah, sekarang untuk melakukan pengalihan situs web, kita kembali ke tab IP -> Web Proxy -> Access -> +. Di Web Proxy Rule, kolom Redirect To tambahkan dengan situs web tujuan kita ketika membuka situs yahoo.com, misalnya disini smktisingaraja.com. Pilih Apply dan OK.


Terlihat konfigurasi yang sudah dibuat.


PEMBUKTIAN.... :) Silahkan ketik yahoo.com di kolom alamat web, lalu lihat, pasti diarahkan ke situs smktisingaraja.com.


Itulah informasi mikrotik kali ini. Memblok situs dengan web proxy dan melakukan redirect. Semoga dapat membantu kita semua yang belajar konfigurasi mikrotik. Tetap lihat informasi saya, ya... Pasti seru dan menambah wawasan.

Posting Komentar

1 Komentar

Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar. Jangan melakukan spam. Komentar anda tidak segera dipublikasikan, melainkan harus menunggu persetujuan terlebih dahulu.

Please comment politely and DO NOT SPAM. Your comment will not be published immediately. It must wait for approval first.