WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Makna Lagu Bruno Mars - Talking To The Moon

Selamat datang kembali di blog Education And Entertainment, dengan pembahasan ke dunia Entertainmentnya. Kembali saya membahas tentang makna sebuah lagu barat. Dan lagu yang saya jadikan sasaran adalah salah satu lagu favorit di dunia, yaitu lagu Talking To The Moon dari penyanyi RnB Amerika Serikat, Bruno Mars.

Secara gitu, Bruno Mars adalah penyanyi solo pria favorit saya di dunia :). Dan lagu yang satu ini adalah lagu Bruno Mars yang paling saya suka. Alasannya karena melodinya yang sangat indah dan enak untuk didengar. Selain itu, lagunya yang bertempo lambat dan lembut, sangat menghanyutkan pikiran dan perasaan ketika mendengarkan lagu ini.


Source : https://www.wattpad.com/story/3565246
-talking-to-the-moon-bruno-mars-fanfic

Terlepas dari permainan musik di lagu yang berada di album pertama Bruno Mars, Doo-Woops And Hooligans ini, penyanyi yang memiliki nama asli Peter Gene Hernandes ini mengajak kita untuk merasakan bagaimana itu rindu akan seseorang yang kita cintai, yang berada sangat jauh dengan kita. Dan yang menjadi peneman kita hanya bulan, yang hanya muncul di malam hari untuk menemani kita berbicara mengenai perasaan itu. Dan apa yang diceritakan oleh Bruno Mars di lagu ini, adalah apa yang saya bagikan kali ini.


Sampul album Doo-Wops And Hooligans,
album tempat lagu Talking To The Moon

Untuk membahas makna dari lagu Talking To The Moon ini, tentunya kita mengetahuinya melalui lirik yang di tulis dan dinyanyikan di lagu ini. Maka dari itu, mari kita bahas dengan membaca dan memahami liriknya.

Lagu ini dimulai dengan suara piano dan langsung disambut oleh vokal Bruno Mars, yang mengucapkan kalimat :

"I know you're somewhere out there
Somewhere far away
I want you back
I want you back"

Disini, tergambarkan suatu suasana hati seseorang yang mengetahui bahwa kekasihnya berada di suatu tempat yang sangat jauh, namun entah dimana. Ia sama sekali tidak mengetahui dengan jelas tempat tersebut. Dengan perasaan rindu yang mendalam, ia langsung mengungkapkan keinginannya agar kekasihnya kembali, kemana ??? Ya tentu kepadanya. Ia mengatakan "aku ingin kau kembali" sebanyak dua kali, yang menandakan ia sangat menginginkan kekasihnya kembali.

"My neighbourgh think i'm crazy
But they don't understand
You all i have
You all i have"

Untuk lirik diatas, berbeda keadaan dengan sebelumnya, dimana ia yang merindukan kekasihnya malah dianggap orang yang tidak waras alias gila oleh orang lain, oleh orang - orang disekitar atau tetangganya. Mereka berfikir ia orang yang terlalu banyak menghayal, dimana orang yang dihayalkan itu sebenarnya tidak ada. Namun ia berfikir bahwa mereka yang mengatakan ia orang gila tidak memahami, bahwa sebenarnya ia memang memiliki kekasih, dan sedang merindukan kekasih tersebut. Mereka tidak memahami bahwa hanya sang kekasih yang ia miliki. Tiada yang lain lagi di dunia ini yang bisa membuatnya bahagia.

"At night when the stars light up my room
I sit by myself"

Di bagian ini, Bruno Mars menerangkan bahwa hari sudah malam, dimana bintang - bintang sudah bermunculan dan menerangi ruangannya. Disini, tokoh yang diceritakan, menggambarkan suasana di malam hari ketika bintang - bintang meneranginya yang berada di sebuah ruangan. Suasana yang sangat sunyi, sepi tanpa siapapun menemani. Ia hanya duduk sendiri. Bintang di angkasa bisa saja menjadi peneman suasana jika ia mau, tapi sepertinya bintang - bintang tersebut tidak memberi pengaruh yang baik baginya. Tetap saja ia duduk sendiri.

"Talking to the moon
Tryna getting you
In hopes you're on the other side
Talking to me to

Or am i a fool
Who sits alone
Talking to the moon"

Dan kita sudah berada di bagian chorus. Disini terlihat judul lagu yang bersangkutan. Inti dari lagu ini langsung disampaikan diawal chorus. Seseorang di dalam lagu ini menyatakan bahwa ia berbicara kepada sang bulan, mengenai keluh-kesahnya. Menceritakan bahwa ia sendiri, dan ia menginginkan kekasihnya kembali. Melalui pembicaraan ini, ia mencoba mendapatkan kekasihnya.

Ia juga berharap, kekasihnya, yang berada jauh di luar sana, berbicara kepadanya juga. Artinya mereka berdua saling bersahutan, meskipun dalam jarak yang sangat jauh. Ia berharap ada kontak dan interaksi yang tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Namun, ia tiba - tiba berfikir, apakah ia adalah seseorang yang bodoh ? Bodoh karena terlalu banyak menghayal, bodoh karena memikirkan hal yang tidak mungkin terjadi. Bodoh karena ia duduk sendiri, dan berbicara kepada bulan, benda mati yang sama sekali tidak bisa diajak berinteraksi.

Setelah bagian chorus, lagu menuju Verse 2.

"I'm feeling like i'm famous
The talk of the town
They say i've gone mad
They say i've gone mad"

Suasana makin mendalam menuju khayalan. Seseorang tersebut merasa ia menjadi terkenal. Karena apa ? Tentunya karena aksinya. Perilakunya yang tidak wajar membuat orang - orang disekitar membicarakannya, bahkan seluruh masyarakat kota. Ia pun merasa dirinya adalah bahan pembicaraan kota. Orang - orang berfikir bahwa ia sudah gila, melakukan hal yang gila alias tidak wajar, stress, dan sebagainya. Di bagian ini, lirik "They say i've gone mad" diucakan sebanyak dua kali, menegaskan bahwa masyarakat di kota mengatakan ia sudah GILA. :)

"But they don't know what i know
Cause when the sun goes down
Someone's talking back
Yeah, they're talking back"

Di bagian ini, kembali terlihat sebuah sangkalan terhadap pemikiran masyarakat kota. Seseorang ini kembali menyatakan kesalah-pahaman masyarakat, dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui apa yang ia tau. Mereka hanya berpendapat menurut pemikiran yang tanpa didahului dengan mencari informasi kepadanya. Mereka tidak mengetahui bahwa ketika matahari terbenam, ada seseorang yang berbicara kembali padanya. Mungkin itu kekasihnya. 😊 Mereka yang dicintai berbicara kembali kepadanya.

Setelah Verse 2 ini, lagu kembali ke lirik "At night when the stars light up my room....." hingga chorus berakhir.

Setelah itu, Bruno Mars menyanyikan lirik:

"Ahhhh-ahhhh-ahhhhh
Do you hear me calling ?
Ahhhh-Who-oo-ahhhh-Who-oo-ahhhhh
Cause everynight i'm talking to the moon"

Dan dilanjutkan oleh lirik baris ke dua hingga chorus berakhir.

Dibagian Verse 3 ini, seseorang di dalam lagu ini sudah tidak dapat membayangkan suasana yang sedang berada disekitarnya, misalnya berfikir bahwa ia terkenal dan dikatakan gila oleh masyarakat kota setempat. Ia tidak lagi memikirkan kesalah-pahaman masyarakat tentangnya. Ia hanya memikirkan dan bertanya apakah kekasihnya mendengarkan dia saat memanggil sang kekasih. Ia bertanya - tanya apakah yang ia ceritakan kepada bulan di ketahui oleh kekasihnya atau tidak.

Ia duduk dan mengatakan "ahhh-whooo-ahhh" saat tidak ada kata - kata lain lagi yang terucapkan. Ia tidak bisa mengatakan apa - apa lagi selain mengatakan bahwa di setiap malamnya, tanpa sang kekasih, ia berbicara kepada bulan. Berbicara dan menceritakan semua kerinduannya kepada sang kekasih. Saat tidak ada satu orang yang menemaninya, hanya sang rembulan yang selalu setia menemani. Bulan kini menjadi satu - satunya teman, yang walaupun tidak bisa meresepon, tapi setidaknya ada yang diajak curhat. Berbicara kepada bulan, adalah satu-satunya hal yang bisa dilakukan.

Setelah chorus terakhir, lagu kembali ke lirik :
"I know you're somewhere out there
Somewhere far away"

Sebuah pertanda bahwa seseorang ini kehabisan akal dan harapan. Berbicara kepada bulan sepertinya tidak akan membuat keinginannya menjadi nyata. Setelah curhat tentang harapan agar sang kekasih kembali, lalu tentang pendapat masyarakat kota, hingga pertanyaan apakah sang kekasih mendengarnya, kini ia tidak melakukan itu lagi. Ia hanya menyadari bahwa sang kekasih berada di suatu tempat diluar sana, disuatu tempat yang sangat jauh. Tidak ada lagi lirik "I want you back" yang artinya tidak ada lagi harapan agar sang kekasih datang kepadanya.

Mungkin itu adalah tentang makna lagu Talking To The Moon dari Bruno Mars. Lagu ini jika dilihat dari liriknya merujuk pada kisah percintaan. Namun bila diartikan lebih luas, lagu ini bisa juga menceritakan tentang persahabatan. Ini tergantung dari diri kita juga dalam menilai makna lagu Talking To The Moon.

Menurut saya, Bruno Mars cukup kreatif dalam membuat lagu cinta. Di lagu ini, ia tidak langsung mengungkapkan rasa cinta dan rindu kepada seseorang yang dianggap kekasih. Namun ia justru menggambarkan sosok BULAN sebagai tokoh utama di lagu ini. Ia menggambarkan bulan sebagai penengah diantara si pria dan wanita, namun peran si bulan sangat diperlihatkan, yaitu sebagai peneman seseorang di lagu ini. Pokoknya beda deh dengan lagu cinta yang lainnya.

Bagaimana dengan teman - teman ? Apa yang kalian pikirkan tentang lagu slow ini ? Meski lebih terdengar ke kisah percintaan, lagu ini tetap saya sukai dan termasuk lagu favorit di dunia. Karena yang utama adalah musiknya, bukan liriknya. Bagus kalo musiknya keren, maknanya juga keren, diluar kisah percintaan.

Okay, sekian informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bisa memberikan manfaat yang baik. Mendengarkan musik menurut saya penting, untuk relaksasi terutama. Dan membaca informasi yang bermanfaat itu salah satu sumber pengetahuan yang baik. Jadi, kunjungi terus blog ini, karena disamping dunia pendidikan, hiburan pun ada disini. Dijamin teman - teman tidak jenuh berkunjung kesini. Terima kasih dan sampai jumpa.

Posting Komentar

0 Komentar