WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Langkah - Langkah Mengubah Huruf (Letter) Local Disk Atau Partisi Di Komputer

Hai, teman - teman. Apa kabar ? Semoga sehat selalu ya.... Sekarang saya berbagi tentang bagaimana mengubah huruf yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasikan lokasi partisi harddisk komputer.

Kalau kita memiliki komputer, harddisknya pasti memiliki partisi. Biasanya 2 partisi, misalnya Local Disk C dan D. Nah, nama C dan D tersebut sebenarnya bisa diganti dengan huruf lain, misalnya A-Z. Lalu untuk apa sih kita mengubah huruf tersebut ? Memangnya tidak bisa kalau dibiarkan saja seperti itu ? :)


Mengubah huruf Local Disk komputer sebenarnya bukan karena hal yang begitu penting. Kebanyakan dari mereka yang melakukan itu adalah karena merasa bosan ketika melihat huruf local disk komputernya yang selalu C, D, E, atau F. Maka dari itu, mereka menggantinya agar terlihat keren. Hehe.....

Baik, biar nggak lama nunggu, sekarang kita langsung saja ke pembahasan. Untuk mengganti path / letter partisi, kita menuju ke Disk Management. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menuju Disk Management, yaitu :
1. Melalui Windows Explorer. Klik kanan pada Computer atau This PC, lalu Manage, dan pilih Disk Management.



2. Masih melalui Windows Explorer. Kali ini kita masuk ke folder asli penyimpanan Computer Management. Masuk ke Local Disk C, lalu ke folder Windows -> System32. Kemudian cari compmgmt dan buka, dan cari Disk Management.




3. Melalui fitur Run. Tekan windows + r, lalu ketikkan compmgmt.msc, dan tekan enter, lalu ke Disk Management.



Setelah itu kita pilih partisi yang akan diubah hurufnya, klik kanan di partisi tersebut, lalu pilih Change Drive Letter And Paths... Misalnya disini saya ingin mengubah local disk D.


Pilih Change


Klik di bagian kanan bacaan Assign the following drive letter, lalu pilih Letter mana yang akan digunakan. Misalnya dari D ubah menjadi E, F, G, dsb... Kemudian OK. Misalnya disini saya ingin mengubah D menjadi E.




Setelah itu, letternya tidak langsung berubah, melainkan ada sebuah pertanyaan apa ingin melanjutkan. Pilih saja Yes.


Pilih lagi Yes.


Dan hurufnya berubah menjadi E.


Bisa di cek di Windows Explorer.


Dan itulah cara mengubah huruf partisi di komputer. Semoga membantu teman - teman yang ingin melakukan aktivitas yang sama. Sampai jumpa dan selamat beraktivitas...:)

Posting Komentar

0 Komentar