WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Di SMK TI Bali Global Singaraja Angkatan ke 2

Pendidikan Pendahuluan Bela Negara dilaksanakan di Kabupaten Buleleng sudah di laksanakan di banyak sekolah, dalam hal ini adalah tingkat SMA / sederajat. Salah satu sekolah yang mendapatkan pendidikan ini adalah SMK TI Bali Global Singaraja. Kali ini saya akan memposting kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara di sekolah saya, SMK TI Bali Global Singaraja. Dan PPBN ini telah dilaksanakan sebanyak dua kali di sekolah Teknologi Informasi ini. Saya sih ikut waktu PPBN pertama di SMK TI. Jadi, ini yang mengikuti adalah adik-adik kelas saya, kelas X (sepuluh) STIBAL SINGARAJA.

Tapi, dari pada banyak omong, lebih baik langsung saja saya bahas.


Kegiatannya di mulai dengan upacara pembukaan yang di buka oleh bapak Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa M.Pd. Upacara Pembukaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini di laksanakan di lapangan aula Yayasan Dana Punia, Singaraja.



Setelah upacara pembukaan, kita foto bareng di depan aula, salah satu simbol atau tanda dalam bentuk foto bahwa Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Di SMK TI Bali Global Singaraja angkatan ke 2 telah dibuka.


Dihari pertama, setelah upacara pembukaan, foto bareng, dan istirahat sejenak, peserta PPBN di perintahkan untuk membuat yel-yel untuk di tampilkan.





Setelah menampilkan yel-yel dan di siang hari, mereka di suruh memasak untuk makan siang mereka. Mereka tetap semangat and ceria loh. :) 
Yah, memang begitu seharusnya. Meskipun nama pendidikannya, Bela Negara, tapi bukan berarti ini sifatnya atau pelaksanaannya seperti militer. Tetap ini dibuat agar siswa - siswi yang menjadi pesertanya semangat, ceria, senang / gembira, dan tidak merasa seperti sedang mengikuti pelatihan militer. Itu adalah kata - kata dari bapak Dinas Pendidikan yang saya dengar. :) Ternyata, saya pintar menyimak juga ya....... he-he... Bangga dikit kan gak apa - apa.



Setelah selesai masak, waktunya makan... Huh, mengundang rasa lapar untuk para KOLAT bro. Saya disini bukanlah sebagai peserta PPBN, melainkan sebagai pendamping dari pelatih. Adapun yang menjadi pelatih adalah Menwa (Resimen Mahasiswa) dari Undiksha. Namun sebelum makan, tentunya kita berdoa dulu. Kebetulan waktu itu menunjukkan jam sembahyang bagi umat Hindu (Tri Sandhya), so we all pray first, after that we eat.

Di sore hari, mereka mendapatkan materi tentang Peraturan Baris Berbaris, di latih oleh para Menwa dan pendamping (kolat). Look at these photos.




















Adakalanya mereka lelah, mereka pun istirahat. :) Kacihan adik-adik ku... Tapi gak apa-apa, tetep semangat. SEMANGAT BELA NEGERA. 





Di hari kedua, mereka mendapat materi di dalam ruangan aula Yayasan Dana Punia, entah apa materinya. Lho, kok gak tau sih apa materinya ? pie iki ??? :( 
Tapi kan saya lagi diluar bersama teman-teman pendamping lainnya, mempersiapkan upacara penutupan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ini.


Ibu Santiari, ketua Korps Bela Negara di Kabupaten Buleleng.

Setelah semua kegiatan berakhir, tiba saatnya upacara penutupan. Sekian informasi yang saya bagikan tentang Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Di SMK TI Bali Global Singaraja Angkatan ke 2.

Kesan saya, SENANG. Karena saya mendapat pengalaman dari adanya kegiatan ini. Juga ketika bersama teman-teman KOLAT dari sekolah lain, seperti SMKN 1 Singaraja, SMAN 1 Singaraja, SMKN 3 Singaraja, SMAN 4 Singaraja, SMKN 2 Singaraja, SMAN 2 Singaraja, dan SMA Lab Undiksha Singaraja. Sama seperti PPBN angkatan pertama, seru and memberi pengalaman baru.
Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat terus memelihara rasa semangat kita sebagai generasi milik bangsa, semangat untuk membela tanah air ini dari segala bentuk ancaman yang membahayakan negara. Thanks for everything, and kapan-kapan, dilaksanakan lagi kegiatan yang sama di SMK TI Bali Global Singaraja.

Alright, thank you also for reading this post. Semoga bisa menjadi kenangan bagi kita semua, terutama keluarga besar SMK TI Bali Global Singaraja.
Bye........ See you in other posts.

Posting Komentar

0 Komentar