WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Menambahkan Video Youtube Ke Blog

Kembali saya membuat postingan tentang dunia IT. Untuk memberikan informasi yang baik, menarik, dan mudah dipahami, tentu banyak hal yang dilakukan para pemilik sebuah website. Salah satunya adalah seorang blogger. Sebelumnya, saya sudah berbagi informasi mengenai salah satu cara untuk memperindah tampilan blog, yaitu dengan membuat title / judul berjalan pada blogspot. Cara memperindah tampilan blog juga ada kaitannya dengan cara memberi informasi yang baik dan menarik. Dan pada kesempatan ini, saya membagikan sebuah trik sederhana, yaitu menambahkan / menyisipkan video yang bersumber dari Youtube ke dalam postingan di blog.


Sebelum ke pembahasan, mungkin ada yang bertanya, apa sih tujuan dari menyisipkan video di blog ? Yah, ini sih tergantung dari si blogger sendiri. Umumnya, agar informasi dalam bentuk teks didukung oleh informasi dalam bentuk video. Kan unik kalo ada informasi yang bentuknya teks dan video. Juga bagi para blogger yang memiliki Channel Youtube, tujuannya adalah agar kedua akun mereka sama - sama dilihat postingannya. Baiklah, daripada berlama - lama membahas tujuan dari menambahkan video, lebih baik kita langsung menuju pembahasan.

Terlebih dahulu kita cari video yang akan ditambahkan ke blog. Kunjungi youtube.com

Setelah mendapatkan videonya, kita menuju bagian bawah video (bagian keterangan video). Langkah awal membagikan video adalah dengan memilih Bagikan.


Lalu pilih Sematkan.




Disana akan terlihat sebuah kode html. Salin kode tersebut.



Sekarang kita masuk ke dashboard blogger.com. Cari postingan yang akan disisipkan video, lalu Edit.


Untuk menempelkan kode html tadi, kita pilih menu HTML yang berada di bagian kanan atas.



Tempelkan kode yang sudah disalin di tempat sesuai keinginan teman - teman. Misalkan saya menempelkan kodenya paling bawah. Setelah itu, kita kembali ke menu Compose untuk melihat hasilnya.

Dan hasilnya video sudah terlihat.


Itu adalah langkah dasar dari menambahkan video youtube di blog.

Sekarang jika kita ingin mengatur posisi video agar berada di tengah - tengah, kita perlu menambahkan kode html lagi. Dan kode tersebut adalah: (tanpa tanda kutip)

"<div class="separator" style="clear: both; text-align: center;">"

Jadi kita kembali ke menu HTML, lalu tempelkan kode tersebut diatas kode video youtube tadi.
Setelah itu, akan ada peringatan "HTML Anda tidak bisa diterima : ........". Perhatikan gambar dibawah.


Untuk memperbaiki kesalahan HTML yang dimaksud, kita hanya perlu menambahkan kode "</div>" (tanpa tanda kutip) dibawah kode video. Setelah menambahkan kode tersebut, peringatan HTML Error tadi akan menghilang.


Sekarang kita hanya perlu melihat hasilnya. Kembali ke menu Compose. Dan hasilnya, video pun berada di tengah - tengah.



Alright, friends... That is all from me. Itulah tips tentang menambahkan video youtube di blogspot. Semoga bermanfaat untuk teman - teman. Terutama bagi kalian yang mempunyai blog dan channel youtube, dimana dengan menggunakan cara ini, kalian bisa menyatukan kedua akun tersebut menjadi satu postingan. Learn it, then practice it... Bye...

Untuk teman - teman yang ingin mempelajari postingan ini dalam bentuk video, saya sudah tambahkan videonya dibawah. Happy watching ya...



Posting Komentar

2 Komentar

Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar. Jangan melakukan spam. Komentar anda tidak segera dipublikasikan, melainkan harus menunggu persetujuan terlebih dahulu.

Please comment politely and DO NOT SPAM. Your comment will not be published immediately. It must wait for approval first.