WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

10 Lagu Terbaik Coldplay Sepanjang Masa

Sudah ada beberapa postingan saya tentang daftar 10 lagu terbaik penyanyi dan band internasional. Namun saya masih ingin membahas hal yang sama. Kali ini yang saya bahas adalah lagu dari salah satu band Rock asal Inggris, yaitu Coldplay. Coldplay sendiri adalah band yang didirikan pada tahun 1996. Band ini beranggotakan empat orang, yaitu Chris Martin (vokalis dan keyboardis), Jonny Buckland (gitaris), Guy Berryman (Basis), dan Will Champion (drummer). Hingga saat ini (Mei 2019), Coldplay telah merilis 7 album studio. Album tersebut diantaranya Parachutes (2000), A Rush Of Blood To The Head (2002), X&Y (2005), Viva La Vida Or Death And All His Friends (2008), Mylo Xyloto (2011), Ghost Stories (2014), dan A Head Full Of Dreams (2015). Secara keseluruhan, genre yang dimainkan Coldplay adalah Rock Alternatif, Pop Rock, Post-Britpop, dan Pop. Namun di album Viva La Vida Or Death And All His Friends para personil mencoba genre yang sedikit berbeda, yaitu genre Rock Art, dimana mereka bereksperimen dengan instrumen lain seperti orkestra.

Source : https://www.radiosajnet.com.br/coldplay-lanca-
duas-novas-musicas-daddy-e-champion-of-the-world/

Coldplay merupakan salah satu band berprestasi di dunia. Mulai terkenal melalui album pertama. Dan disetiap albumnya, band asal London ini memiliki singel pamungkas, yang membuat kesuksesan Coldplay seperti rata. Artinya tidak ada istilah lebih baik Coldplay yang dulu, atau lebih baik Coldplay saat ini. Begitu pun untuk album terbarunya, A Head Full Of Dreams. Ada saja singel berkualitas yang tetap mempertahankan nama Coldplay untuk tetap terlihat di tengah - tengah keramaian musik. Mungkin kita sudah mengetahui lagu seperti Hymn For The Weekend, Up And Up, Everglow, dan Adventure Of A Lifetime, dimana keempat singel ini merupakan singel pamungkas album. Ini menunjukkan bahwa Coldplay mampu mempertahankan kualitas musik mereka disaat melakukan sedikit perubahan gaya musik.

Namun jika membahas tentang lagu terbaik mereka, rasanya lagu - lagu di album terdahulu masih diingat hingga saat ini. Album tersebut adalah dari Parachutes hingga Ghost Stories. Ini tidak bermaksud mengesampingkan kesuksesan A Head Full Of Dreams. Hanya mengingatkan bahwa lagu - lagu di jaman A Rush Of Blood To The Head hingga Mylo Xyloto masih memiliki pengaruh kuat hingga saat ini. Maka dari itu, sekarang saatnya kita melihat daftar 10 lagu terbaik Coldplay sepanjang masa.

Dan berikut adalah listnya versi trijanuari33.blogspot.com.

10. In My Place


Dimulai dari singel bertajuk In My Place. Ini adalah singel pertama Coldplay di album A Rush Of Blood To The Head. Siapa yang tidak mengenal lagu yang berdurasi 03:49 menit ini ? Ciri khas yang bisa diingat lagu ini adalah intro lagu berupa hentakan drum dari Will Champion yang begitu enerjik. Kemudian petikan gitar Jonny Buckland, benar - benar mewarnai lagu In My Place. Ia memainkan petikan tersebut disetiap suara Chris Martin sudah tidak terdengar. Petikan tersebut terdengar dari awal hingga akhir lagu, dan seolah - olah Coldplay hanya memiliki gitaris. In My Place sendiri bercerita tentang seorang pria yang sangat mencintai seorang wanita, namun wanita tersebut mencintai orang lain. Si pria pun bertanya berapa lama si wanita akan menunggu orang lain tersebut. Meskipun si wanita akhirnya akan pergi, namun si pria akan tetap menunggu. Karena pada intinya si pria hanya menginginkan si wanita, dengan memohon agar si wanita kembali padanya dan menyanyikan sebuah lagu untuknya. Video klip dari lagu ini termasuk sederhana. Hanya memperlihatkan para personil band yang bernyanyi disebuah ruangan luas namun kosong. Namun video klip ini masih terlihat indah di tengah kesederhanaannya itu. Ini dikarenakan semua personil bermain penuh penghayatan.

9. A Sky Full Of Stars.


Peringkat 9 diduduki oleh singel berjudul A Sky Full Of Stars. Ini adalah lagu ketiga Coldplay di album Ghost Stories. Alasan saya memasukkan lagu ini kedalam daftar sudah pasti karena permainan musiknya yang sangat indah. Di awali dengan permainan piano. Beberapa detik kemudian Chris Martin bernyanyi. A Sky Full Of Stars sendiri menurut saya adalah karya yang sangat jenius. Tema lagu yang dipilih Coldplay benar - benar keren. Menggunakan imajinasi tentang pemandangan langit yang indah karena dipenuhi oleh bintang. Secara tema, sebenarnya lagu yang berdurasi selama 04:26 menit ini bercerita tentang pujian terhadap seseorang, yang digambarkan keindahan dari seseorang tersebut layaknya langit yang dipenuhi bintang. Namun sebenarnya pujian tersebut didasari rasa penyesalan akibar dari terpisahnya dua orang yang sempat bercinta. Karena itu lirik lagunya lebih bercerita tentang mengenang seseorang yang spesial didalam hidup kita. Mengenang dengan berkata "Karena di langit yang penuh bintang, aku berpikir bahwa aku melihatmu". Kalau membahas video klip, tidak memperlihatkan tentang bintang dimalam hari ataupun suasana malam. Namun memperlihatkan para personil band yang bernyanyi dan bermain musik dikerumunan orang - orang. Yang unik adalah si vokalis yang membawa bass drum dipunggungnya, yang dilengkapi dengan symbal, terompet, dan tamborin. Sementara ia sendiri memainkan gitar akustik.

8. Speed Of Sound.


Lagu berikutnya yang masuk daftar adalah lagu yang berada di album X&Y. Yap, Speed Of Sound adalah jawabannya, yang merupakan singel pertama di album tersebut. Sama seperti A Sky Full Of Stars, intro lagu Speed Of Sound adalah permainan keyboard. Drum dimainkan bersamaan dengan sang vokalis bernyanyi. Pada lirik "All that noise, all that sound. All those places i have found", Will Champion memberikan sedikit variasi pada permainan drumnya, dengan tempo yang lebih nge-beat. Lagu yang berdurasi selama 04:26 menit ini sempat menduduki peringkat 1 UK Singles Chart dan berada di posisi 8 pada Billboard Hot 100. Konon katanya, Speed Of Sound terinspirasi dari lagu tahun 1985 berjudul "Running Up That Hill", milik penyanyi dan penulis lagu bernama Kate Bush. Selain itu, lagu yang dirilis pada tanggal 18 April 2005 ini dibuat oleh Chris untuk menyambut kelahiran anaknya yang bernama Apple. Video klip lagu bergenre Rock ini memperlihatkan para anggota band bermain musik di sebuah panggung kedap suara, didepan dinding elips melengkung. Video klip tersebut menyertakan pencahayaan yang didukung oleh Light-emitting Diode (LED). Melalui pemandangan pencahayaan tersebut, Coldplay terlihat keren di video klip-nya, meskipun sebenarnya klip tersebut sederhana.

7. Charlie Brown.



Kalau lagu yang satu ini adalah lagu yang sangat enerjik. Charlie Brown adalah singel ketiga di album Mylo Xyloto. Instrumennya termasuk ramai. Dan ternyata semangat dari lagu ini tidak hanya ditunjukkan melalui permainan musik. Jika melihat liriknya, lagu yang berdurasi selama 04:45 ini menceritakan tentang masa muda yang penuh kegilaan. Disini Coldplay mengajak kita untuk menikmati masa muda dengan bebas. Lakukan apa saja yang kita inginkan, jangan pedulikan omongan orang lain yang mengatakan hal berbeda. Chris Martin dkk meyakinkan kita bahwa yang kita lakukan akan ada hasil baiknya. Pesan mereka untuk kita terdapat pada lirik "We'll be glowing in the dark", yang berarti kita akan menjadi berkilau di dalamkegelapan. Rasa semangat dan kegilaan juga ditunjukkan pada video klipnya. Menampilkan Coldplay bermain musik dengan penuh kegirangan, dan dikerumuni banyak orang yang juga menikmati permainan mereka. Seolah mereka sedang pesta besar - besaran.Disisi lain, video tersebut menampilkan seorang pria (model video klip) yang pergi kesuatu tempat dan bertemu denganseorang wanita. Kemudian mereka bercumbu. Sebelumnya, diperlihatkan pria tersebut memecahkan sebuah kaca mobil. Pokoknya ramai deh lagu ini. Keramaian dan rasa semangat inilah yang membuat Charlie Brown menjadi salah satu lagu terbaik Coldplay.

6. Fix You.



Siapa yang tidak mengenal Fix You jika membahas Coldplay ? Singel kedua di album X&Y ini adalah salah satu singel yang paling dibicarakan. Bagaimana tidak ? Inspirasi di lagu ini benar - benar terasa. Menceritakan tentang kepedulian seseorang terhadap kehidupan kita, yang akan selalu mendampingi dan memperbaiki diri kita ketika melakukan kesalahan. Disini juga diterangkan tentang suasana hati ketika mengalami kegagalan didalam perjuangan hidup. Suasana hati yang sedih, hingga meneteskan air mata dan membasahi wajah. Lirik yang luar biasa menurut saya. Gaya musiknya juga tentu menjadi ciri khas tersendiri. Diawal - awal lagu, musiknya sangat lembut. Pada chorus pertama diperdengarkan suara keyboard. Kemudian di verse 2 suara gitar mengiringi sang vokalis. Di chorus 2 kedua instrumen tersebut disatukan. Dan unsur Rock bersemangat dilagu ini pun dimulai setelah chorus 2, diawali dengan permainan gitar yang sangat indah. Beberapa detik kemudian, drum pun dihentakkan. Musik enerjiknya dimainkan hingga verse 3. Dan saat berada di chorus terakhir, musik kembali terdengar lembut. Untuk video klipnya, memperlihatkan Chris Martih yang bernyanyi sambil berjalan seorang diri di tengah jalan padamalam hari. Saat musik enerjik dimainkan, ia berlari menuju panggung tempat Coldplay konser. Di panggung tersebut sudah ada ketiga kawannya terlebih dahulu.

5. Yellow.



Peringkat 5 besar diduduki oleh singel kedua dialbum studio pertama band, Parachutes. Dan singel tersebut berjudul Yellow. Inilah singel yang pertama kali membuat band kelahiran tahun 1996 ini terkenal didunia. Di album Parachutes ini, permainan Coldplay masih terbilang sederhana. Ini dibuktikan dengan gaya musik di lagu yang berdurasi selama 04:29 menit ini. Awal lagu adalah gesekan gitar akustik. Pada detik ke 11, barulah drum menyambung lagu. Gesekan gitar akustik tersebut berubah menjadi gesekan gitar elektrik saat drum dimainkan di intro lagu. Saat lagu berada di chorus, suara keyboard ditambahkan. Secara keseluruhan, musik dilagu Yellow ini termasuk lembut. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang begitu mencintai kekasihnya, dan menunjukkannya dengan membuat sebuah lagu untuk sang kekasih. Juga ia juga rela melompat demi sang kekasih, berenang di lautan yang dalam, bahkan rela berdarah karena berjuang untuk sang kekasih. Juga ada kata - kata pujian seperti "kulit dan tulangmu berubah menjadi sesuatu yang indah". Kata Yellow disini tidak memiliki arti kata yang bersifat rahasia. Sederhananya, "Yellow" itu berarti sesuatu yang indah, bisa juga berarti cinta. Kesederhanaan lagu Yellow juga ditunjukkan melalui video klipnya, dimana video tersebut hanya menampilkan seorang Chris Martin yang bernyanyi
sambil berjalan di pesisir pantai, dari subuh hingga matahari terbit.

4. The Scientist.



Sekarang kita kembali ke album A Rush Of Blood To The Head. Setelah In My Place, kini singel yang berjudul The Scientist yang masuk daftar sebagai lagu terbaik Coldplay. Ini adalah singel kedua Coldplay di album tersebut. Siapa yang tidak setuju jika The Scientist masuk daftar lagu terbaik ? Kesuksesan Coldplay baik untuk album A Rush Of Blood To The Head ataupun untuk semua album, salah satunya dipengaruhi oleh singel yang berdurasi selama 04:25 menit ini. Ciri khas The Scientist sudah dimulai dari awal - awal lagu, yaitu melalui permainan piano yang lembut dan sangat indah, bersamaan dengan vokal Chris Martin. Drum baru dimainkan saat lagu sudah berada di verse 2. The Scientist menceritakan tentang penyesalan seorang pria yang telah menghancurkan hubungannya bersama seorang wanita (kekasih). Ia pun ingin menemui sang kekasih untuk meminta maaf, dan berharap agar sang kekasih mau menerima kembali si pria, dan menjalin hubungan seperti diawal kehidupan mereka. Kata "The Scientist" ini merujuk pada si pria yang sedang bertindak layaknya seorang ilmuwan yang menganalisa tentang hubungan cintanya. Keinginan untuk kembali ke awal juga ditunjukkan melalui video klipnya, yang memperlihatkan vokalis band yang bangun dari sebuah tempat, namun ia bergerak mundur, dimana akhir video tersebut adalah ketika ia masih sedang mengendarai mobil bersama seorang wanita.

3. Paradise.



Kini kita berada di peringkat 3. Paradise... adalah singel yang saya masukkan ke daftar lagu terbaik Coldplay. Mengapa bisa seperti itu ? Memangnya, ada yang nggak kenal sama nih lagu ? I think that's impossible. Kemunculan Lagu kedua di album Mylo Xyloto ini kembali mengangkat nama Coldplay sebagai band kelas dunia. Pada tahun 2008, lagu bergenre Alternative/Electro Rock ini menjadi lagu rock terlaris di Britania Raya. Kualitas lagu Paradise ini tentunya juga dibuktikan melalui gaya musiknya. Siapa yang tidak akan terhanyut didalam alunan musiknya yang sungguh menenangkan jiwa ? Melodi yang sederhana yang sangat mudah diingat. Hentakan drum yang memberi sedikit unsur penyemangat. Apalagi ketika sang vokalis berseru "Para-para, Paradise, Whoo-oooohhhh...". Yakin deh, kalian bakalan pada ikut berseru kayak gitu. Membahas makna lagunya, lagu yang berdurasi selama 04:39 menit ini menceritakan tentang seseorang yang awalnya hanya bermimpi tentang kehidupan yang indah layaknya surga. Namun impian itu kemudian berubah menjadi kenyataan. Disini tersirat sebuah pesan sederhana, "Matahari terbenam untuk terbit kembali". Lanjut ke video klip, menampilkan seekor gajah yang melarikan diri dari kebun binatang demi mencari kehidupan yang bebas. Namun, itu bukan gajah beneran ya...:) Mungkin itu adalah vokalis dari Coldplay yang mengenakan pakaian berbentuk gajah.

2. Clocks.


Lagi - lagi kita mendapat singel yang berada di album A Rush Of Blood To The Head. Dan inilah singel terbaik di album tersebut, yang juga layak dinyatakan sebagai singel terbaik Coldplay. Siapa yang tidak mengingat lagu yang diawali dengan permainan piano yang lincah ini ? Clocks, adalah salah satu singel yang berpengaruh terhadapa kesuksesan Jonny Buckland dan kawan - kawan. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang sempat diraih yaitu Record Of The Year pada Grammy Award ke-46. Clocks dirilis sebagai singel ketiga untuk album studio kedua band. Untuk makna lagu, saya kurang memahami apa yang diceritakan band Britania Raya ini. Tapi saya akan mencoba memberikan sedikit argumen. Lagu yang berdurasi selama 05:08 ini menceritakan tentang seseorang yang mengalami suatu permasalahan yang sangat berat. Saking beratnya, masalah tersebut di bisa dinamakan. Seseorang tersebut merasakan kebingungan tiada henti, tidak berhenti meski dinding tertutup, tidak berhenti saat jam terus berdetak. Dan diakhir lagu terdapat lirik yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut hanya ingin pulang kerumah. Video klip untuk lagu Clocks menampilkan para personil yang bermain musik disebuah panggung kecil dengan banyah olahan pencahayaan. Mereka bernyanyi sambil dikelilingi oleh banyak penonton.

1. Viva La Vida.



Sudah bukan merupakan hal yang meragukan jika Viva La Vida adalah lagu terbaik yang pernah dibuat oleh band beraliran Rock Alternative ini. Bagaimana tidak ? Judul dan gaya musiknya memang mencirikan Coldplay. Kualitas lagu ini juga dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Song Of The Year pada Grammy Award ke-51. Viva La Vida sendiri merupakan singel kedua dialbum studio keempat band, Viva La Vida Or Death And All His Friends. Selain prestasi tersebut, Viva La Vida juga menjadi lagu favorit karena gaya musiknya yang bervariasi namun mudah diingat. Dari awal lagu saja, pasti semua orang tau kalo ini adalah lagu "Viva La Vida". Disini tidak ada permainan drum, melainkan hanya permainkan alat musik seperti kendang. Biola dan cello juga merupakan instrumen yang mendominasi di singel ini. Kemudian di bagian chorus, ada tambahan suara bell/lonceng. Lagu yang berdurasi selama 04:02 menit ini menceritakan tentang seorang raja yang awalnya sangat berkuasa, namun tiba - tiba jatuh dan kehilangan semua kekuasaan tersebut. Ada juga lirik yang menceritakan tentang pemenggalan kepala, yang katanya lirik tersebut merujuk pada jaman Revolusi Perancis. Untuk video klipnya, diawali dengan penampakan bunga mawar yang mekar. Setelah itu barulah para personil terlihat. Backgroundnya adalah pemandangan seperti langit gelap. Selain itu ada juga background langit dengan awan yang bergerak.

Dan itulah mengenai 10 lagu terbaik Coldplay sepanjang masa versi I Komang Tri Januariawan. Meskipun sudah banyak lagu - lagu terbaru mereka, kesepuluh lagu diatas tidak akan pernah dilupakan. Namun diluar daftar, ada banyak lagu milik band asal Inggris ini yang berkualitas. Dan tentunya list yang saya buat ada yang memiliki perbedaan dengan teman - teman. Hal itu wajar - wajar saja, mengingat kita memiliki pandangan dan pengetahuan berbeda mengenai tema postingan ini. Tapi semoga saja apa yang saya bagikan kali ini tetap menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di lain postingan.....😊

Posting Komentar

0 Komentar