WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Makna Lagu Leeyonk Sinatra - Bahagia Itu Sederhana

MAKNA LAGU LEEYONK SINATRA - BAHAGIA ITU SEDERHANA

Untuk teman-teman saya yang dari Bali, apakah kalian tau grup penyanyi atau band bernama Leeyonk Sinatra ? Grup yang beranggotakan 3 orang ini sekarang memang sedang populer. Saya pun salah satu fansnya nih.:) Cie.... fans. Alasan saya menyukainya karena melodi yang dibawakan terdengar begitu indah.

Salah satu lagu yang dari mereka yang juga merupakan lagu favorit saya di Leeyonk Sinatra, yaitu Bahagia Itu Sederhana, sangat menarik perhatian saya untuk membuat postingan ini, karena lagunya memang menginspirasi. Musiknya juga keren bro.


Lalu, apa sih makna dari lagu "bahagia itu sederhana" ini ?

Kita bisa dengar dari awal lagu yang langsung terdengar sang vokalis namun masih tersamar-samar mengucapkan kata :
"Bagia, bagia, bagia, bagia to sederhana
Yen kamu mampu mengerti
Bagia, bagia, bagia, bagia to sederhana
Yen kamu mampu berbagi

Yen kamu mampu berbagi
Yen kamu mampu berbagi".

Dari bagian intro tersebut telah di ucapkan judul lagu ini yang juga merupakan pesan inti yang disampaikan oleh si vokalis grup pop rock ini, yaitu Bahagia Itu Sederhana. Mengikuti lirik berikutnya, kebahagian itu sederhana didapat, yaitu ketika kita mampu memahami bahwa hidup memang penuh cobaan, walaupun terkadang atau bahkan sering cobaan tersebut begitu menyakitkan hati dan perasaan kita. Kebahagian juga sederhana caranya untuk didapat, yaitu dengan berbagi, entah itu berbagi cerita, kasih sayang, maupun permasalahan yang kita hadapi, karena dengan berbagi cerita tentang masalah hidup, maka orang - orang akan bersedia membantu kita menyelesaikan masalah tersebut.

Dan kata "Yen kamu mampu berbagi" diucapkan sebanyak 3 kali, yang menandakan Leeyonk Sinatra sangat meyakinkan kita, asalkan mampu berbagi, bahagia sederhana didapatkan dan dirasakan.

Setelah lirik tersebut, suara gitar menyambut selama beberapa detik. Coba dengarkan musik dan suara gitar tersebut. Inspirasi telah dibawakan untuk didengar diawal lagu. Lanjut ke verse 1 lagu.

"Matan ai satya nimpalin
Satmaka semangat raga nyalanang hidup
Bulan bintang satmaka sundih
Rikala iraga kehilangan arah"

Kita tidak sendirian berjuang di dalam menjalani hidup, karena di setiap langkah kita, ada yang menemani semangat kita menjalani kehidupan, yaitu sang surya matahari, dimana sinarnya memberi kekuatan pada kita. Matahari selalu mengiringi langkah kita, menjadi saksi perjuangan kita. Kemanapun kita pergi, selalu ada penyemangat hidup. Begitupun ketika kita kehilangan arah / tujuan. Ketika kita kebingungan kemana seharusnya pergi, bulan dan bintang memberitau jalannya, melalui sinarnya yang menerangi. Teruslah berjalan, karena Tuhan tidak akan membiarkan kita tersesat begitu saja tanpa ada petunjuk. Jangan pernah ragu untuk bergerak maju dan melawan hidup yang terasa sangat menyiksa kita. Ingat !!! Ada yang MENEMANI.

Lanjut ke bagian Bridge.

"Tetep je mekenyem
Nyalanang hidup
Tetep je mekenyem
Walau sakit hati"

Pesan singkat untuk kita, yang semakin menuju pesan inti dari lagu yang berdurasi selama 03:50 menit ini. Tetaplah tersenyum. Dengan tersenyum, rasa sakit dapat tersembunyikan. Ini sangat sesuai dengan apa yang ada dalam kehidupan manusia. Banyak orang-orang yang mencari cara agar ia tidak terlihat oleh orang lain sedang merasa sakit hati dan sedih, yaitu dengan tersenyum. Ia mengalihkan pikirannya sejenak kepada hal-hal yang menyenangkan.

Ini memang lagu tentang kenyataan hidup / hidup nyata (real life).

Tetaplah tersenyum, jangan dipikirkan sakit hati kita yang sangat membebani.

Lagu menuju Chorus. Liriknya sama dengan yang ada di bagian intro.

"Bagia, bagia, bagia, bagia to sederhana
Yen kamu mampu mengerti
Bagia, bagia, bagia, bagia to sederhana
Yen kamu mampu berbagi"

Kebahagian itu tidak hanya bisa di dapatkan, dimiliki, dan dirasakan oleh orang-orang yang hidupnya mewah. Kita yang hidup dengan keadaan yang sangat sederhana pun dapat merasakan kebahagiaan. Because "Bahagia Itu Sederhana", kebahagiaan tidak datang dari barang mewah yang kita miliki. Kebahagian diberikan oleh Tuhan karena kita berhasil menjalani hidup dengan sabar. Asalkan kita bisa mengerti tentang semua yang terjadi di dunia ini, kita akan menjalani hidup dengan ikhlas. Disanalah kebahagiaan akan kita rasakan.

Kebahagiaan kita dapatkan ketika kita juga mampu berbagi. Berbagi cerita, pengalaman, kasih sayang, dan permasalahan yang sedang kita hadapi, berbagi kepada orang lain. Karena mungkin mereka bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah tersebut. Manusia tidak dapat hidup sendiri. Maka dari itu kita harus mampu berbagi.

Di verse 2, liriknya seperti ini :
"Gisyang je aku yen buin mani
Kamu merase sing mampu mejalan pedidi
Gelut je aku yen buin mani
Kamu merase jejeh kar nyalanang hidup"

Di bagian ini, lirik yang dinyanyikan Leeyonk Sinatra merujuk pada interaksi antara individu satu dengan individu lain. Peganglah aku jika kau merasa tidak bisa berjalan sendiri ketika esok hari menantimu untuk menghadapi masalah yang berat. Aku bisa menjagamu agar tidak terjatuh. Kita tidak mungkin menjalani kehidupan tanpa memerlukan bantuan orang lain. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, manusia tidak dapat hidup sendiri. Kita makhluk sosial, sudah menjadi kodrat untuk saling membutuhkan-membantu.

Kau pun bisa memelukku jika ingin. Peluklah aku jika kau merasa takut untuk menjalani kehidupan. Mungkin takut akan hari esok yang penuh dengan tantangan berat dan siksaan. Kita kan berjuang bersama, meski mungkin masalah yang kita hadapi berbeda. Tapi intinya sama, hidup itu penuh permasalahan dan cobaan. Semua terjadi untuk melatih kita menjadi manusia yang lebih kuat.

Lagu lanjut ke Bridge dan Chorus. Namun lirik dibagian Chorus di nyanyikan sebanyak dua kali, mempertegas maksud dari para personil group musik pop rock ini. Bahagia itu sederhana di dapatkan dan dirasakan, asalkan kita mampu mengerti mengapa ada banyak masalah dalam kehidupan. Karena bukan kehidupan jika tidak ada masalah. Untuk apa manusia hidup tanpa masalah ? Bahagia itu sederhana di dapatkan dan dirasakan, asalkan kita mampu berbagi cerita, pengalaman, kasih sayang, rasa cinta, dan masalah yang sedang kita hadapi. Dengan berbagi cerita tentang masalah kita, orang lain akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Baiklah teman-teman, itulah makna lagu dari Leeyonk Sinatra yang berjudul Bahagia Itu Sederhana. Semoga menjadi inspirasi untuk kita semua. Bangga donk punya grup musik atau band Bali yang mampu menulis dan menyanyikan lagu menginspirasi seperti lagu ini. Dan masih banyak lagi penyanyi atau band Bali yang memiliki lagu inspiratif, yang pastinya memotivasi hidup kita.

Kita akan berjumpa di lain kesempatan. Tunggu informasi lainnya ya ?!

Posting Komentar

0 Komentar