WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Menggunakan Debian Grafik Client Untuk Menguji FTP Dan NTP Server

Apakah teman - teman sudah membaca postingan saya tentang penggunaan debian grafik client sebelumnya ? Ini adalah pembahasan tentang bagaimana menguji ftp server dan ntp server. Ftp kali ini adalah proftp.

Saat kita mengkonfigurasi layanan FTP dan NTP di debian server, cara mengujinya di debian client adalah sebagai berikut.

1. FTP Server.

PERTAMA : FTP server di pembahasan ini adalah PROFTP.
KEDUA : Karena ada juga yang lain dari proftp, namun TIDAK saya BAHAS disini.

Pada desktop, Pilih Places, lalu Computer.









Kemudian di kolom Go To, ketikkan ftp://(alamat ip server penyedia FTP). Disini ipnya masih 10.10.8.60, jadi saya ketikkan ftp://10.10.8.60.


Setelah itu, kita diminta untuk memasukkan username dan password, dimana password ini sudah di setting/konfigurasi sebelumnya di debian server. Namun permintaan ini muncul jika kita memilih Connect as user, bukan Connect anonymously. Karena kita tadi menyeting username dan password, pilih yang ada usernamenya.

Lalu Connect.


Disanalah kita akan menemukan folder yang disharing saat konfigurasi ftp server.

Sekali lagi ingat, ini adalah pembahasan PROFTP.

2. NTP Server.

Sekarang menguji ntp server.

Tidak banyak sih yang harus dilakukan.

Kita kali ini mengujinya di Terminal atau Root Terminal. Disini kita menginstall ntpdate, perintahnya adalah apt-get install ntpdate.
Lihat gambar dibawah.


Lalu akan ada proses penginstalan ntpdatenya. Jika ada pertanyaan Do You Want To Continue [Y/n] ? pilih Y, karena Yes.

Setelah proses selesai, barulah kita bisa menguji ntp servernya.

Cara mengujinya adalah dengan menyeting waktu di client agar sesuai dengan di server, karena ntp adalah permintaan layanan waktu dari server untuk diberikan ke klien. Perintahnya adalah ntpdate -u (ip ntp server).
Contohnya ntpdate -u 10.10.8.60.

Kemudian, tersettinglah waktu di server ke klien. Pada gambar terlihat waktunya adalah 5 Aug 14:11:56.

Cara menguji ntp server

Catatan : Jika di sebelah waktu ada bacaan "step time server (ip server) offset 4.451475 sec" berarti ntp server berhasil. Karena ada juga bacaan lain dari yang saya sebutkan yang muncul saat kita mengetikkan "ntpdate -u..." tersebut. Itu menunjukkan ntpdate gagal. Jadi harus teliti juga teman-teman. Jangan baru terlihat waktunya, langsung berfikir ntpnya berhasil. Perlu mengingat waktu yang di server.

Ok, begitulah cara menguji FTP Server (Proftp) dan NTP Server. Jika ada kekurangan, saya mohon maaf. Semoga tetap bermanfaat, ya....

Posting Komentar

0 Komentar