WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Langkah - Langkah Menggunakan MaxType PRO Untuk Typing Skill

Infonya berbeda ya dengan beberapa postingan saya sebelumnya yang membahas tentang mikrotik...
Kali ini kita kembali membaca informasi dunia keahlian mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard. Masih ingat kan dengan info tentang menggunakan maxtype lite untuk typing skill atau mengetik 10 jari (typing skill) tanpa melihat keyboard ? Saya sepat menjelaskan bahwa selain Maxtype Lite, ada juga versi Maxtype yang PRO. Kegunaannya sudah pasti membantu kita untuk belajar mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard.

Logo Maxtype PRO, source : http://www.askmesoft.com/maxtype.htm
Penggunaan Maxtype PRO memiliki sedikit perbedaan dengan Maxtype Lite. Versi PRO kalau menurut saya lebih banyak tahap - tahapnya.
Baik, sekarang kita baca panduan penggunaannya. Silahkan buka aplikasi Maxtype PRO. Akan muncul beberapa tampilan petunjuk tertentu di aplikasi ini, namun saya tidak tau maksudnya. Jadi untuk beberapa tampilan step, pilih saja Next.





Baru Finish.


Lalu kita menuju tampilan pembuatan user. Untuk pertama kali penggunaan aplikasi, belum ada user yang dibuat, sehingga kita harus membuat user baru. Langsung saja kita pilih New.


Buat username sesuai keinginan. Disini saya membuat Tri Januari. Kalau di Maxtype lite, tidak ada pilihan untuk membuat password untuk user kita. Namun di versi PRO ini, kita bisa menambahkan password. Tapi itu tidak harus diisi, hanya sesuai keinginan (membuat password atau tidak). Di bawah User Name ada pilihan untuk membuat password. Centang dulu pilihan Password. Lalu ulangi password tersebut di kolom Repeat the Password. Ini berguna untuk memberi perlindungan kepada user kita ketika ada orang lain yang akan menggunakan user kita. Siapa tau teman yang menggunakan user kita hasil mengetiknya kurang bagus, kan malu kita, hehe... :D Setelah itu Next.


Kita menuju tampilan tentang pengaturan kecepatan dan akurasi yang ingin kita raih ketika mengetik. Artinya pilihan Speed dan Accuracy bisa kita ubah. Namun ada pemberitahuan bahwa jika kita masih pemula, jangan merubah settingan defaultnya. Biarkan saja 200 cpm dan 98,0%. Disini saya tidak mengatur setingan tersebut. Lanjut aja....


Sekarang ke tampilan pemilihan mode pembelajaran. Ada dua mode, yaitu Independent Learning dan Systematic Learning. Jika memilih Independent, kita tidak memiliki pembelajaran tentang mengendalikan waktu, juga tidak akan ada laporan mingguan tentang pengetikan kita. Namun jika memilih Systematic kita akan memiliki pembelajaran tentang pengendalian waktu dan juga laporan mingguan.
Disini direkomendasikan untuk memilih Systematic Learning karena kita akan memiliki bahan pembelajaran, yaitu tentang bagaimana mengendalikan waktu agar memperoleh hasil maksimal, juga akan disediakan tambahan statistik tentang proses pengetikan kita. Disini saya memilih yang direkomendasikan. Ini sih tergantung keinginan kita, mau memilih yang mana. Setelah itu Next.


Tiba di pemilihan tampilan keyboard yang kita gunakan. Disini saya memilih QWERTY (USA), karena ini yang sering saya gunakan. Coba lihat pilihan yang lain, ada keyboard DVORAK, AZERTY, EDDAI, dan lain-lain. Ini harus disesuaikan dengan jenis keyboard yang kita gunakan. Lalu Next.


Akan ada bacaan yang mengharuskan kita bahwa jenis tampilan keyboard yang kita pilih memang sudah sesuai atau dipasang pada komputer. Pilih OK.


Sekarang memilih bahasa antarmuka. Silahkan pilih bahasa yang mudah dipahami dan sering digunakan, seperti saya memilih English. Lalu Finish.


Itu adalah beberapa langkah yang harus di ikuti saat pembuatan user. Sekarang user yang dibuat tadi sudah terlihat. Silahkan pilih user tersebut, lalu Select.


Karena tadi kita menambahkan password ke user Tri Januari, maka setelah memilih select, kita diminta memasukkan password tadi. Silahkan tambahkan passwordnya dan Login.


Tampilan selanjutnya adalah memilih mode apa yang akan digunakan dalam pengetikan. Di postingan maxtype lite saya sudah mengatakan bahwa untuk maxtype PRO tidak langsung menuju Typing Test Mode, tetapi masih ada mode lain, seperti Lesson Mode. Jadi untuk memulai tes mengetik, kita ganti Lesson Mode dengan Typing Test Mode. Pilihan ini berada di bagian kiri atas.


Setelah itu, kita Start.


Kemudian kita akan melihat daftar teks yang bisa di gunakan untuk uji pengetikan. Teksnya berada di bagian kiri bawah, sementara di bagian atasnya adalah lokasi dari teks-teks tersebut.


Silahkan pilih salah satu teks yang akan digunakan untuk mengetik. Seperti saya yang memilih teks Earth.txt. Kemudian coba lihat di sebelah kanan yang saya tandai biru, di bawah Open TXT File I atau Create TXT File, terlihat teks yang akan kita ketik. Dan di bagian bawahnya, ada rincian teks yang dipilih, seperti jumlah huruf kecil dan kapital, jumlah angka, dan jumlah spasi atau enter.
Setelah memilih teks, saatnya memulai pengetikan dengan memilih Ready di bagian atas.


Ini dia tampilan pengetikan. Kita bisa melihat jumlah karakter yang diketik dari sekian banyaknya karakter, waktu pengetikan, dan juga ada gambar petunjuk jari mana yang digunakan, tombol apa yang harus diketik, dan tombol apa yang sudah diketik. Silahkan mengetik dengan kemampuan teman - teman.


Proses pengetikan akan seperti gambar dibawah, dengan jumlah karakter yang diketik semakin banyak dan waktu terus berjalan.


Jika sudah selesai mengetik, akan terlihat pengetikan kita, mulai dari lama waktu yang digunakan, banyak kesalahan, karakter yang salah diketik, kecepatan maksimum, keakuratan / ketepatan, dan kecepatan rata-rata. Kita bisa melihatnya dengan memilih tab Statistics, karena sebelumnya yang terlihat adalah tab Errors.


Jika kita ingin membuat teks baru, kita kembali ke halaman Typing Test Mode yang ada kumpulan teks tadi. Lalu disebelah kanan, pilih Create TXT File. Lalu di kolom kosong dibawahnya, silahkan buat teks sesuai keinginan kita dengan jumlah karakter berapapun. Lalu di kolom kecil dibawahnya adalah judul teksnya. Silahkan buat sesuai keinginan, lalu simpan dengan memilih simbol / ikon save disebelah kanannya.
Setelah itu silahkan mulai mengetik dengan teks yang sudah dibuat tadi.

Untuk yang ingin melihat tutorial ini dalam bentuk video, saya juga menyertakan video tersebut. Selamat menyaksikan.



Itulah cara menggunakan Maxtype PRO untuk belajar mengetik 10 jari. Semoga membantu. Sampai jumpa lagi...

Posting Komentar

0 Komentar