WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

10 Lagu Terbaik Bruno Mars Sepanjang Masa

Source : https://hariansib.com/

Bruno Mars adalah seorang penyanyi RnB, Soul, dan Alternative yang berasal dari Amerika Serikat. Namun pria yang lahir di Hawaii ini memiliki nama asli Peter Gene Hernandez. Bruno sendiri telah aktif didunia musik pada tahun 2007, usai menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Pada saat itu, ia hijrah ke Los Angeles untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang penyanyi. Disitu akhirnya ia bertemu dengan teman - teman yang pada akhirnya menjadi produser Bruno sendiri. Ia bersama dua orang lainnya Philip Lawrence dan Ari Levine membuat trio, dengan nama The Smeezingston, yang kemudian memproduseri karya - karya Bruno Mars. Namun sebelum muncul sebagai penyanyi solo, Mars sempat berkontribusi didalam menulis lagu untuk beberapa penyanyi terkenal didunia. Karena bakatnya didalam membuat lagu, maka ia semakin percaya diri untuk tampil sendiri. Dan jadilah pada tahun 2007, muncul Peter Gene Hernandez sebanyai penyanyi, dengan menggunakan nama panggung Bruno Mars.

Sejak pertama kemunculannya hingga saat ini (2018), Bruno Mars telah merilis banyak album, 3 album studio diantaranya adalah Doo-Woops And Holigans (2008), Unorthodox Jukebox (2012), dan 24K Magic (2017). Dari ketiga album tersebut, sudah banyak sekali karya - karya Bruno yang terkenal didunia. Karya tersebutlah yang menjadikan Bruno Mars sebagai salah satu penyanyi solo pria terfavorit diseluruh dunia. Ia termasuk musisi yang sangat diperhitungkan. Sudah banyak lagu - lagu yang mencirikan gaya musik dan vokal ala Bruno Mars, yang tentunya bisa dilihat perbedaannya dengan penyanyi pria lain. Dan pada tahun 2017, album studio ketiga resmi dirilis, dengan nama album yaitu 24K Magic. Album ini memberi nuansa yang sedikit berbeda dengan album - album sebelumnya. Lahirlah singel - singel kelas dunia baru, seperti That's What I Like, 24K Magic, Finesse, Versace On The Floor, dan Perm. Singel - singel ini menjadi pendobrak yang dimiliki Bruno Mars untuk kembali merajai musik dunia.

Dan ketika membahas lagu - lagu terbaik bruno mars sepanjang masa, ketiga album ini masuk dalam daftar. Namun mungkin lebih banyak singel - singel yang berada di album - album sebelumnya, yaitu Doo-Wops And Hooligans dan Unorthodox Jukebox. Karena meski 24K Magic sudah bersinar melampaui album tersebut, kedua album sebelumnya masih tetap mempertahankan eksistensinya. Dan juga ada beberapa lagu kolaborasi bruno dengan penyanyi lain, yang layak masuk daftar karena kualitasnya tidak kalah dengan lagu solo bruno. Lalu, mana sajakan lagu Bruno Mars yang masuk daftar sebagai lagu terbaik sepanjang masa ? berikut adalah listnya versi trijanuari33.blogspot.com.

10. Treasure.
Dimulai dari lagu yang berjudul "Treasure". Treasure merupakan lagu Bruno Mars yang berada dialbum keduanya yaitu Unorthodox Jukebox, dimana ini merupakan singel ketiga. Alasan lagu ini masuk daftar adalah, musiknya yang sederhana serta liriknya yang memiliki sedikit ciri khas. Lagu ini menceritakan tentang pujian seseorang terhadap kekasihnya, yang mengatakan bahwa sang kekasih adalah harta karun. Sang kekasih adalah bintang emas baginya. Seseorang tersebut menyatakan cita - citanya akan tercapai jika ia memanfaatkan sang kekasih dengan baik. Kemudian dari segi musik, termasuk menjadi ciri khas Bruno Mars. Musiknya terdengar ceria, dengan gaya musik seperti musik disco. Tidak begitu nge-beat, namun seperti membuat kita ingin ikut bergoyang ketika mendengarkannya. Permainan instrumen dilagu yang berdurasi selama 02:59 ini mendukung liriknya yang berbau pujian dari seseorang yang merasa ceria. Untuk video klipnya, memperlihatkan Bruno Mars bersama teman - temannya bernyanyi di sebuah panggung, yang dilengkapi dengan lampu-lampu disco. Mereka bernyanyi sambil bergoyang. Selain itu, diperlihatkan juga beberapa wanita yang sedang menari. Video klip ini sempat mendapat penghargaan sebagai Best Choreography Video pada MTV Video Music Award 2013. Sementara untuk singelnya, meraih penghargaan sebagai Most Performed Song pada ASCAP Pop Music Awards 2014.

9. That's What I Like.
Peringkat 9 diduduki oleh single pamungkas album ketiga Bruno, 24K Magic. Yap, lagu tersebut adalah That's What I Like. Sudah pasti banyak yang mengetahui mengapa lagu ini masuk daftar sebagai lagu terbaik Bruno Mars. Sejak perilisannya, lagu ini sudah merajai tangga lagu dibanyak negara. Lewat lagu yang berdurasi selama 03:31 menit ini, penyanyi R&B ini sukses menggebrak dunia. Wajah baru seorang Peter Gene Hernandez, namun tidak menurunkan kualitas musiknya yang sudah ada sejak awal karir. Pada sebuah wawancara, Bruno sempat berkata bahwa 24K Magic lebih mengutamakan keceriaan. Ia ingin mengajak para penikmat musik untuk bergoyang. Dan itu telah dibuktikan, salah satunya lewat lagu That's What I Like. Dari segi musik, lebih slow dibandingkan Treasure. Lalu untuk video klipnya, hanya menampilkan Bruno Mars seorang diri, yang bernyanyi sambil bergoyang. Keren banget lho goyangnya :D... Walaupun VC-nya simpel banget, tapi tetep bikin greget kalo udah ditonton... Ia mengenakan pakaian hitam putih belang di video tersebut. Dan sampai saat ini, Video Klip That's What I Like sudah ditonton lebih dari 1,5 miliar kali. Videonya pun sempat mendapat penghargaan sebagai Video Of The Year pada American Music Award 2017, Outstanding Music Video pada NAACP Image Awards 2018. Sementara singelnya sempat menyabet penghargaan sebagai Favorite Soul/RnB Song pada American Music Award 2017, Song Of The Year - Best RnB Performance - Best RnB Song pada Grammy Award 2018, Top RnB Song pada Billboard Music Awards 2018, RnB Song Of The Year pada iHeartRadio Music Award 2018, Top 10 Gold International Gold Song pada RTHK International Pop Poll Awards 2018, Song Of The Year pada Soul Train Music Awards.

8. It Will Rain.
Kalau untuk lagu yang satu ini, tidak berada di album studio Bruno Mars. Mungkin karena It Will Rain dibuat untuk soundtrack sebuah film. Dan film tersebut adalah Twilight Saga. Berbeda dengan 2 lagu didaftar sebelumnya, dimana It Will Rain adalah lagu tentang kesedihan. Dari musiknya kita juga sudah bisa menilai. Slow dan benar - benar menghanyutkan. Lagu yang berdurasi selama 04:16 menit ini menceritkan tentang keadaan seorang pria jika ditinggal kekasihnya, dimana itu merupakan keadaan yang buruk. Misalnya, ia akan jatuh sakit dan butuh obat, namun obatnya hanya si kekasih. Tidak akan ada langit cerah tanpa kehadiran kekasihnya. Jika kekasihnya pergi, yang ada hanyalah hujan. Disini juga dikatakan bahwa kedua orang tua kekasihnya tidak menyukai si pria. Namun ia akan tetap mencoba untuk mendapatkan si wanita. Memang sih, It Will Rain dijadikan soundtrack salah satu chapter dari film Twilight Saga. Namun jika melihat Video Klipnya, tidak menampilkan film yang bersangkutan. Yang terlihat adalah Bruno yang bernyanyi sambil menjalin asmara dengan seorang wanita, lengkap juga dengan konfliknya (konflik percintaan tentunya :D). Yang menjadikannya sebagai lagu terbaik adalah musiknya yang khas, dan tentunya tema lagunya, yang menyertakan objek hujan ditengah - tengah hubungan percintaan. It Will Rain meraih penghargaan Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2008. Untuk VC nya, meraih penghargaan Best Male Video pada MTV Video Music Awards Japan 2012

7. The Lazy Song.
Apakah teman - teman mengingat video klip Bruno Mars yang bernyanyi dan bergoyang bersama 5 monyet ? Yap, The Lazy Song adalah jawabannya. Hehe, sebenarnya sih bukan monyet, melainkan itu adalah rekan - rekan Mars yang memakai topeng monyet. Khas Bruno Mars banget ya ? :). Namun tidak hanya video klipnya yang khas. Dari judul lagu kita sudah pasti akan mengenal siapa penyanyinya. Tema lagu yang unik dan kreatif. Menceritakan tentang sikap manusia yang sedang bermalas - malasan. Ia tidak ingin melakukan apapun, kecuali hanya tertidur, duduk santai, dan menonton TV. Ia pun mengabaikan semua pesan di handphonenya. Dan jika melihat VC nya, latarnya cocok, karena berada di kamar tidur. Sangat menggambarkan kegiatan orang yang malas. Kemudian ada suara siulan yang sering terdengar di bagian chorus, menambah suasana ceria. Suara gesekan gitarnya membuat unsur akustiknya terlihat, meskipun secara keseluruhan bukanlah lagu akustik. Hip-hopnya juga terasa, meskipun tidak ada vokal rap. Sebenarnya The Lazy Song adalah lagu yang sederhana. Namun tentu si pencipta lagu tidak merasa mudah untuk menciptakan lagu ini. Bruno kembali berbagi keceriaan melalui singel ketiga album "Doo-Wops And Hooligans" ini. Tentu semua orang selalu mengingat lagu ini. Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa The Lazy Song juga ikut melambungkan nama "Doo-Wops And Hooligans" sebagai album RnB unggulan, dan tentunya untuk si penyanyi kelahiran tahun 1985 ini. Sehingga layak jika The Lazy Song masuk daftar lagu terbaik. Hal ini juga didukung melalui penghargaan yang sempat diraih, yaitu Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2012, Top 10 Gold Internasional Gold Song pada RTHK
Internasional Pop Poll Awards 2012.

6. Nothin' On You (Featuring B.o.B).
Apakah teman - teman mengetahui, singel mana yang merupakan awal kemunculan Bruno Mars didunia musik ? Apakah singel pertama di album studio pertama ? Ternyata bukan. Nothin' On You lah singel pertama Bruno Mars berkarir. Dan lagu ini adalah milik rapper Amerika Serikat bernama Bobby Ray Simmons, yang lebih akrab di panggil B.o.B. Mungkin ada dari kalian yang lupa dengan singel yang berada di album "The Adventure Of Bobby Ray" ini. Ya, wajar saja. Karena Nothin' On You tidak mengingatkan kita akan album "Doo-Wops And Hooligans". Namun saya percaya, bahwa ketika lagu ini masuk daftar, teman - teman pasti akan mengingat kembali. Mengingat betapa luar biasanya lagu kolaborasi ini, saat pertama kali muncul. Meskipun bukan owner utama, kualitas Bruno Mars sangat terlihat di lagu Nothin' On You ini. Ia tidak kalah saing dengan B.o.B, bahkan Bruno lebih menjadi titik fokus ketimbang rapper tersebut. Lagu ini bercerita tentang pujian seorang pria terhadap seorang wanita, dengan mengatakan bahwa si pria tidak akan berpaling ke wanita lain, karena wanita yang dipuja tidak ada yang menandingi. Awal lagu dimulai dengan vokal Bruno Mars yang diiringi permainan piano. Drum terdengar ketika B.o.B mulai ngerap. Dari alunan musiknya, lagu yang berdurasi selama 04:38 menit ini termasuk bertempo sedang. Kualitas lagu Nothin' On You ini dibuktikan dengan penghargaan yang sempat diraih, yaitu Song Of The Year di Soul Train Music Awards 2010, Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2011, Top Rap Song di ASCAP's Rhythm & Soul Music Awards 2011.

5. When I Was Your Man.
Peringkat 5 diduduki oleh singel berjudul "When I Was Your Man". Ini adalah singel yang berada di album Unorthodox Jukebox, yang dirilis sebagai singel kedua. When I Was Your Man adalah lagu yang sangat lembut, dimana disini terdengar vokal Bruno yang hanya diiringi oleh piano. Mungkin permainan ini yang membuat singel yang berdurasi selama 03:32 menit ini menjadi salah satu lagu Bruno Mars paling diingat. Mau lagu yang ngebeat atau super slow, tetap aja penyanyi Amerika Serikat ini menarik perhatian. Memang keren Bruno Mars... Kesederhanaan singel ini tidak hanya terdengar melalui musiknya, namun juga video klipnya. Dimana video tersebut hanya menampilkan sang penyanyi yang beraksi dengan sebuah piano diatas panggung. Sebelum bernyanyi, ia tampak menaiki panggung, dimana para kameramen juga terlihat. Setelah selesai bernyanyi, ia pun meninggakan pianonya. Lagu When I Was Your Man ini bercerita tentang penyesalan seseorang yang telah menyia-nyiakan kekasihnya, dimana sekarang kekasihnya telah bersama orang lain. Awalnya mereka berdua sempat bercinta, namun seseorang tersebut tidak pernah memenuhi keinginan kekasihnya. Hingga saatnya sang kekasih pergi untuk mencari orang lain, barulah sang kekasih mendapatkan keinginannya. Dan yang dirasakan seseorang di lagu ini hanyalah penyesalan dan rasa cemburu. Ia berkata bahwa ia seharusnya memenuhi keinginan kekasihnya, ketika mereka masih bersama. Penghargaan yang sempat diraih lagu ini adalah Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2014, Favorite Hit pada Premios Juventud 2013, Top 10 Gold International Gold Song pada RTHK International Pop Poll Awards 2014.

4. Locked Out Of Heaven.
Semakin berada di lagu terbaik. Dan tiba juga kita dilagu terbaik di album Unorthodox Jukebox. Yap, inilah dia Locked Out Of Heaven, singel pertama dialbum studio kedua Bruno Mars. Berbeda jauh dengan When I Was Your Man yang permainannya lembut, dimana Locked Out Of Heaven merupakan lagu yang enerjik. Gebrakan album Unorthodox Jukebox sudah dimulai di lagu yang berdurasi selama 03:54 ini. Lagu Locked Out Of Heaven bercerita tentang seseorang yang sebelumnya tidak ingin berhubungan cinta. Namun ia akhirnya melakukan hal itu setelah menemukan satu orang yang dirasa benar - benar spesial. Seseorang dilagu ini diceritakan sangat menyukai orang lain tersebut. Ia pun ingin agar hubungan cinta mereka berlangsung selamanya. Kata Locked Out Of Heaven ini merujuk pada keadaan, dimana seseorang tersebut merasa seperti telah dikunci diluar surga karena keinginannya untuk bercinta. Keinginan tersebut membawanya kedunia dan menjauhkannya dari surga. Namun ia merasakan ada surga yang lain ketika bersama kekasihnya. Video klip lagu ini menampilkan Bruno Mars bernyanyi bersama rekan - rekannya dan memiliki cukup banyak penonton, yang ikut bergoyang menikmati lagu. Disisi lain terlihat Bruno dkk sedang foto bareng, sedang bermain kartu (berjudi). Ada juga bagian yang memperlihatkan Bruno sedang menghisap rokok... Namun, diluar VC-nya yang menurut saya kurang baik ditonton, Locked Out Of Heaven adalah lagu yang keren, dan menjadi salah satu lagu andalan Bruno. Hal ini juga dibuktikan dengan penghargaan yang diraih, seperti Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2014, Best Song pada MTV Europe Music Awards 2013, Top 10 Gold International Gold Song pada RTHK International Pop Poll Awards 2013. Sementara videonya pernah mendapat penghargaan sebagai Best Male Video pada MTV Video Music Awards 2013.

3. Grenade.
PERINGKAT 3 BESAR... Kali ini kita melihat perjuangan pada awal - awal karir Bruno Mars. Siapa yang masih ingat dengan lagu Grenade ? Atau mungkin sudah ada yang lupa dengan lagu ini ? Kalau sampai lupa, keterlaluan banget nih. Kehebatan lagu yang satu ini sudah tidak diragukan lagu. Semua masyarakat akan mengatakan "ya" jika ada pertanyaan "pantaskan Grenade masuk daftar lagu terbaik Bruno Mars ?". Kita kembali melihat bagaimana suksesnya seorang Peter Gene Hernandez bersama singel kedua dialbum Doo Wops And Hooligans ini. Tentu kita masih mengingat saat Bruno Mars mengucapkan lirik "Easy come, easy go..." Apalagi di bagian chorus lagu, yang pada bait pertama, keempat barisnya diakhiri dengan lirik "for ya". Kemudian dari judul lagunya, yang mengambil nama "Granat", sebuah kata yang cukup seram... Senjata perang ini turut menjadi bagian yang diperhatikan di lagu yang berdurasi selama 03:43 ini. Jika membahas gaya musik, lagu ini hanya lembut di awal - awal lagu, dimana saat Bruno bernyanyi hanya diiringi piano. Namun lagu berubah menjadi lebih ngebeat saat berada di Pre-chorus. Lagu Grenade ini bercerita tentang perasaan sedih seorang pria, karena apa yang sudah dilakukan sama sekali tidak dihargai oleh si wanita, kekasihnya. Si pria berkata bahwa sang kekasih tidak memahami perjuangan yang telah dilakukan selama ini. Apapun akan ia lakukan. Namun ujung - ujungnya, si wanita tetap mencari pria lain. Satu lagi yang menjadi ciri khas, yaitu video klipnya, dimana Bruno Mars bernyanyi sambil membawa piano yang ukurannya lebih besar dari dia, dengan cara menarik dan mendorong. Ketika ia sampai dirumah si wanita, Bruno merasa terkejut dan sedih saat melihat kekasihnya sedang bersama pria lain. Akhir video menampilkan Bruno yang bunuh diri dengan cara berdiri di rel kereta api. Grenade sempat meraih penghargaan Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2012.

2. Just The Way You Are.
Nah, akhirnya sampe juga di lagu pertama di album pertama Bruno Mars. Ini dia lagu yang dirilis setelah pria kelahiran Hawaii ini berkolaborasi dengan B.o.B di lagu Nothin' On You. Just The Way You Are benar - benar merupakan lagu yang iconic. Lagu yang berdurasi selama 03:39 menit ini langsung melejitkan nama "Doo-Wops And Hooligans". Siapa yang tidak akan mengagumi gaya musik yang ditampilkan Bruno di lagu ini ? Salah satunya adalah gayanya saat memainkan piano. Kemudian saat mendengar suaranya yang khas. Gaya rap juga dilakukan oleh Bruno Mars, yaitu pada bagian Verse 1 dan 2. Pokoknya asik deh... Tema lagunya kembali menjadi hal yang menarik buat saya. Bruno memberitau kita bahwa mencintai seseorang tidak harus dengan menuntutnya untuk berpenampilan mewah. Sederhana saja sudah cukup. Karena alami sebenarnya lebih indah dibandingkan penampilan yang terlalu diolah. Lanjut ke video klipnya... Bruno Mars bernyanyi di sebuah kamar dengan ditemani seorang wanita, yang mana wanita tersebut adalah seorang aktris bernama Nathalie Kelley. Di video tampak Bruno sangat mengagumi wanita tersebut. Tidak lupa untuk sang penyanyi melakukan aktivitas seharinya, yaitu bermain piano. Selain terlihat bernyanyi dengan keadaan nyata, Bruno juga diperlihatkan melalui pita kaset. Penghargaan yang diraih Bruno melalui lagu ini antara lain Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2011, Song Of The Year pada ASCAP Pop Music Awards 2012, Most Performed Songs pada ASCAP Pop Music Awards 2013, Top Radio Song pada Billboard Music Awards 2011, Best International Male pada Echo Awards 2012, Best Male Pop Vocal Performance pada Grammy Awards 2011, Top 10 Gold International Gold Songs 2011. Untuk VC-nya mendapat penghargaan Popular International Music Video pada Channel (V) Thailand Music Video Awards 2011, Best Male Video pada MTV Video Music Awards Japan 2011, Favorite International Video pada MYX Music Awards 2011.

1. Uptown Funk (Feat. Mark Ronson).
And finally... Kita tiba di penghujung daftar, dengan lagu terbaik yang dimiliki oleh Bruno Mars. Dan Uptown Funk adalah jawabannya. Lagu ini dirlis pada tahun 2014, dimana ini sebenarnya adalah lagu milik Mark Ronson, yang merupakan seorang musisi, pemain DJ, produser dan penulis lagu, serta penyanyi berkebangsaan Inggris. Singel ini merupakan singel pertama pada album studio keempat Mark yang berjudul "Uptown Special". Namun dilagu ini hanya Bruno Mars yang bernyanyi. Uptown Funk merupakan lagu yang bergenre Funk, Soul, Boogie, Minneapolis sound, dan Disco Pop. Ini termasuk lagu yang asik. Siapa sih yang nggak akan ikut goyang kalo udah dengerin lagu yang berdurasi selama 04:30 menit ini ? Disini juga disertakan suara rekan - rekan Bruno Mars. Rame banget lagunya... Sejak kemunculannya, lagu ini langsung merajai tangga lagu dunia, termasuk di Inggris dan Amerika Serikat. Ini juga merupakan lagu pertama Mark yang berhasil menduduki peringkat satu di Inggris. Mengenai kualitas, dunia telah berbicara bahwa Uptown Funk layak untuk menjadi raja di banyak tangga lagu, dan boleh - boleh saja jika banyak masyarakat yang memfavoritkan lagu ini. Kesuksesan tersebut juga diwujudkan dengan diraihnya penghargaan seperti International Work Of The Year pada APRA Music Awards 2016, British Single Of The Year pada Brit Awards 2015, Most Weeks At No. 1 On The U.S. Digital Song Sales pada Guinness World Records 2017, Record Of The Year dan Best Pop Duo/Group Performance pada Grammy Awards 2016, Best Collaboration pada iHeartRadio Music Awards 2016, Best Pop pada MelOn Music Awards 2015, Top 10 Gold International Gold Songs pada RTHK International Pop Poll Awards 2015, Song Of The Year pada Soul Train Music Awards 2015, Song Of The Year pada Telehit Awards 2015. Sementara video klipnya meraih penghargaan Video Of The Year pada Soul Train Music Awards 2015, Best Pop Video-UK pada UK Music Video Awards 2015.

Dan itulah daftar lagu terbaik Bruno Mars sepanjang masa. Dari awal kemunculannya, pria bernama asli Peter Gene Hernandez ini telah mencuri perhatian dunia. Bakatnya didunia musik memang tidak bisa diragukan. Selain bermusik, ia juga pandai didalam menciptakan lagu. Ia bahkan juga ambil bagian sebagai produser musik. Dari tahun ke tahun, tidak ada penurunan kualitas. Bermacam gaya musik telah ia coba. Dan berbicara mengenai list diatas, saya yakin pasti ada yang memiliki pendapat berbeda. Dan boleh - boleh saja... Saya hanya ingin menunjukkan "Best Bruno Mars Ever" versi saya. Dan diluar 10 lagu tadi, ada banyak lagu Bruno Mars lainnya yang memiliki kualitas luar biasa. Sehingga tidak salah jika berpuluh-puluh penghargaan diraih oleh penyanyi RnB ini. Bruno Mars juga merupakan salah satu penyanyi solo pria dunia yang difavoritkan. Semoga kesuksesannya tetap dipertahankan hingga ia membuat lagu yang lebih banyak lagi.

Begitu juga dengan blog ini, semoga selalu memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Jika ada kata - kata yang salah, saya mohon maaf. Karena yang namanya postingan, belum tentu benar - benar sempurna. Jangan ketikkannya, yang mengetik saja bukanlah manusia yang sempurna. Dan semoga kita selalu bisa menghargai pendapat satu sama lain. Sampai jumpa di lain postingan...

Posting Komentar

0 Komentar