WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

10 Lagu Terbaik Owl City Sepanjang Masa

Masih belum bosan untuk saya membuat daftar countdown tentang lagu barat. Setelah One Republic yang menjadi sasaran saya, kini saya membahas lagu oleh satu orang penyanyi. Sebelumnya juga saya sudah memposting countdown lagu dari satu orang penyanyi, yaitu Bruno Mars. Dan pada kesempatan ini, saya memilih Owi City sebagai pembahasan saya.

Owl City merupakan sebuah proyek musik solo yang dibentuk oleh penyanyi sekaligus seorang multi-instrumentalis bernama Adam Young. Pria yang lahir pada tanggal 5 Juli 1986 ini berasal dari Owatonna, Minnesota, Amerika Serikat. Disitulah ia membuat proyek solo ini. Awalnya, Adam membuat proyek ini ketika ia menderita insomnia (penyakit susah tidur). Pada saat itu ia mulai membuat lagu yang dilakukannya di ruang bawah tanah milik orang tuanya. Kemudian ia pun membentuk Owl City, yaitu pada tahun 2007. Setelah membentuk proyek tersebut, Young mulai membuat lagu dan meng-upload lagu - lagunya di situs Myspace. Ternyata lagu - lagu tersebut menarik perhatian banyak orang dan mendapat tanggapan positif. Owl City pun menjadi terkenal. Dan akhirnya, sebuah perusahaan atau label rekaman Universal Republic Records merekrutnya pada tahun 2008. Selain dikenal dengan genre musiknya yaitu Elektronik, Owl City juga terkenal karena lirik-lirik lagunya yang inspiratif, yang bercerita tentang alam, persahabatan, petualangan, dan motivasi hidup. Pokoknya nggak cuman tentang percintaan deh... Dan ini tentu menjadi ciri khas lain dari Owl City.

Source : http://m.infospesial.net/44527/owl-city-konser-di-
jakarta-bali-mei-2015/

Owl City mulai aktif didunia musik pada tahun 2007 dengan menyajikan lagu - lagu bergenre elektronik, pop, elektronik-pop, dan synth-pop. Dan sejauh ini (September 2019), Owl City telah merilis 6 album studio, diantaranya Maybe I'm Dreaming (2008), Ocean Eyes (2009), All Things Bright And Beautiful (2011), The Midsummer Station (2012), Mobile Orchestra (2015), dan Cinematic (2017). Selain album studio tersebut, Owl City juga merilis album lain seperti Of June, album EP pertama yang dirilis tahun 2007. Ada juga album Ultraviolet (2014). Selain memiliki lagu di album - album tersebut, Owl City juga memiliki beberapa lagu yang dijadikan sebagai soundtrack dari film-film, terutama film animasi, dimana lagu - lagu tersebut adalah lagu standalone (tanpa album).

Album terbarunya saat ini yaitu Cinematic, melahirkan lagu - lagu yang memiliki gaya musik yang berbeda dari album - album sebelumnya. Meski sudah terdengar perubahan gaya musik yang ditawarkan Adam Young, lagu - lagu dialbum ini tetap bisa diterima positif oleh masyarakat. Singel - singel Owl City yang terkenal di album ini antara lain Not All Heroes Wear Capes, New York City, All My Friends, Lucid Dream, House Wren, Always, Cinematic, dan Winners Never Quit. Hmm... Lumayan juga. Lagu - lagu tersebut bisa menjadi rekomendasi bagi teman - teman yang ingin menikmati musik dialbum terbarunya ini.

Namun jika saya mengamati, untuk menentukan lagu terbaik Owl City sepanjang masa, singel - singel di album sebelumnya adalah yang terpilih. Dan singel tersebut adalah singel yang berada di album sebelum Mobile Orchestra dan Cinematic. Album yang terpilih antara lain Ocean Eyes, All Things Bright And Beautiful, The Midsummer Station, dan Ultraviolet. Kemudian ada juga singel - singel standalone yang dijadikan sebagai soundtrack dari film animasi. Bukan bermaksud mengesampingkan kedua album studio terbaru mereka, hanya melihat bahwa lagu - lagu di album sebelumnya masih awet dan masih sering didengar. Dan hingga kapanpun, singel - singel di album tersebut tidak akan terlupakan. Dan ternyata, album Maybe I'm Dreaming tidak termasuk dalam hitungan. Alasannya sama, tidak begitu awet di telinga para penikmat musik. Namun bukan berarti lagu - lagu di album yang tidak masuk hitungan adalah lagu yang tidak bagus. Hampir semua lagunya Owl City keren-keren.

Saya ingatkan kepada teman - teman seperti postingan saya sebelumnya, bahwa ini hanyalah berdasarkan pengamatan saya. Jika ada yang memiliki pendapat berbeda, silahkan saja, tidak apa-apa. Dan sekarang saatnya me-review 10 lagu terbaik Owl City sepanjang masa versi trijanuari33.blogspot.com. Berikut list-nya.

10. Metropolis.


Pembuka daftar adalah singel berjudul Metropolis, yang merupakan singel di album studio keempat Owl City yaitu The Midsummer Station. Awal lagu langsung disambut oleh vokal dari Adam Young, yang mengucapkan lirik "Oh-oh, i can't even take it in", yang juga diiringi oleh instrumen (saya kurang tau itu instrumen apa), seperti keyboard atau synthesizer. Alunan musiknya begitu lembut, terutama di awal-awal lagu. Setelah Adam bernyanyi di bagian intro, suara biola ditambahkan. Melodinya cukup indah, dan sangat menenangkan jiwa. Namun di chorus pertama lagu dimainkan agak nge-beat. Ini ditandai dengan permainan drum yang semakin bertambah. permainan drum itu terdengar hingga verse 2. Dan di chorus kedua, ada sedikit perbedaan beat, dimana awalnya drum dimainkan dengan lembut, dan kembali ngebeat. Instrumen yang tetap mewarnai melodi lagu ini adalah piano/keyboard yang terdengar dari awal lagu. Pokoknya asik deh lagu ini.

Video klip dari lagu yang berdurasi selama 03:40 menit ini bernuansa imajinasi. Dimana didalamnya memperlihatkan seorang anak laki - laki mengenakan baju merah yang setiap melihat kejahatan yang dilakukan oleh temannya, ia dan temannya tersebut langsung menjadi tokoh kartun. Mereka pun berkelahi dalam wujud kartun tersebut. Namun yang terjadi sebenarnya tidaklah berkelahi.

9. Deer In The Headlights


Di peringkat 9 ada singel berjudul Deer In The Headlights. Singel ini merupakan singel ketiga dari Owl City yang berada di album studio ketiga-nya, yaitu All Things Bright And Beautiful. Kalau untuk gaya musiknya, ini merupakan lagu yang enerjik. Awal lagu adalah permainan piano/keyboard bersamaan dengan ketukan kecil drum, dan disambung dengan olahan instrumen seperti DJ. Beberapa detik kemudian drum dihentak dan permainan lagu pun menjadi bersemangat. Saat Adam bernyanyi di verse 1, suara drum diredam sehingga musiknya kembali lembut. Lalu di chorus beat musik kembali ditunjukkan. Unsur elektronik di lagu yang berdurasi selama 03:18 menit ini sangat jelas.

Pada video klipnya, terlihat Adam Young awalnya berdiri di sebuah jalan sambil memainkan skateboard. Lalu ia melihat sebuah mobil didepannya dimana lampu mobil tersebut berkedip-kedip dan pintu yang disebelah kiri terbuka. Ia pun membuang skateboard-nya dan mengendarai mobil tersebut. Di sepanjang perjalanannya ia menemukan beberapa hewan dan benda aneh yang melayang. Lalu ia pergi ke supermarket. Disana ia melihat seekor rusa dan seorang wanita cantik. Namun setelah disadari bahwa yang ada hanyalah seorang pria berkumis. Ia pun melanjukan perjalannya, dan menemukan Dinosaurus dan benda aneh berbentuk lingkaran. Akhir video memperlihatkan seorang astronot yang berdiri didepan mobil.

8. Up All Night



Lagu berikutnya yang masuk daftar sebagai lagu terbaik Owl City adalah Up All Night. Lagu ini dirilis sebagai singel ketiga di album EP Owl City, Ultraviolet. Lagu ini bercerita tentang perasaan seseorang yang kehilangan orang yang ia cintai. Ia pun menangis dan meneteskan air mata yang banyak, dan digambarkan layaknya sebuah air terjun. Ia hanya bisa menghayal bahwa orang yang dicintai sedang bersamanya, dan kenyataannya tidak ada siapa pun disampingnya. Dan dia hanya bisa terjaga di malam hari, karena yang dicintainya itu tidak bisa lepas dari pikirannya. Permainan musik diawal lagu adalah permainan melodi keyboard yang begitu indah, yang beberapa detik kemudian disambut dengan drum. Pada verse 2 suara melodi keyboard kembali diperdengarkan. Benar - benar mewarnai musik dari lagu yang berdurasi selama 03:47.

Video klip lagu Up All Night memperlihatkan seorang pria yang berjalan di tengah hutan pada siang hari yang terik dengan menggendong ransel. Sementara disisi lain terlihat seorang wanita sedang menari - nari sambil memainkan kembang api. Kembali ke si pria. Menjelang malam tiba, ia mendirikan sebuah tenda kecil. Malam harinya si pria melihat sebuah cahaya, dan mengikuti cahaya tersebut. Dan akhirnya ia bertemu dengan wanita yang bermain kembang api tadi. Walaupun sebenarnya videonya sederhana, pemandangan yang disajikan begitu indah. Pokoknya mantep deh. Nggak salah kalau lagu ini dimasukkan sebagai lagu terbaik Owl City.

7. Alligator Sky (Featuring Shawn Chrystopher).


The next song from Owl City yang masuk daftar lagu terbaik. Kali ini kita kembali lagi ke album All Things Bright And Beautiful, album studio ketiga Owl City tentunya. Dan ini merupakan singel pertama di album tersebut. Dan di singel pertama ini, Adam Young langsung mengajak penyanyi lain, yang merupakan seorang rapper asal Amerika juga, yaitu Shawn Chrystopher. Gaya musik Owl City pun berubah dan berbeda dari lagu yang lainnya, dimana ada tambahan unsur hip-hop yang cukup jelas, dengan tidak lupa untuk mengutamakan unsur elektronik ala Owl City. Sebuah gebrakan yang cukup berhasil dari seorang Adam Young didalam membuat musik hip-hop. Keberhasilannya itu ditunjukkan dengan diraihnya posisi ke 11 pada Chart Denmark Airplay (Tracklisten), posisi 17 di Chart German Youth Airplay, dan posisi 68 di Chart German Airplay. Lumayan lah untuk sebuah eksperimen baru seperti lagu yang berdurasi selama 03:11 menit ini.

Pembagian vokal yang dilakukan pada lagu ini adalah bagian Chorus dan bridge diisi oleh vokal Adam Young, sedangkan verse 1 dan verse 2 diisi oleh Shawn Chrystopher. Namun di chorus terakhir, saat nada dimainkan lebih tinggi, sang rapper ikut bernyanyi sebagai backing vocal dengan menyanyikan lirik yang berbeda dari Young. Alligator Sky ini bercerita tentang keinginan seseorang untuk pergi menuju luar angkasa dan meninggalkan bumi. Video klipnya menampilkan kedua penyanyi yang mengenakan pakaian astronot, berjalan di sebuah tempat yang tidak ada penghuninya. Memasuki akhir lagu, terlihat mereka menaiki roket dan meluncur ke luar angkasa.

6. When Can I See You Again.


Jika di empat daftar sebelumnya kita membahas tentang lagu Owl City pada yang berada pada album lagu, untuk yang satu ini merupakan singel standalone (singel tanpa album). Yap, When Can I See You Again adalah lagu terpilih berikutnya. Siapa sih yang nggak kenal sama lagu yang satu ini ? Dirils pada tahun 2012, lagu yang bergenre dance-pop dan synth-pop ini dijadikan sebagai Original Soundtrack (OST) film animasi Walt Disney berjudul Wreck-It Ralph (sebuah film tentang petualangan tokoh dunia game dimana tokoh utamanya yang bernama Ralph berjuang untuk mendapatkan sebuah medali kehormatan, karena merasa iri dengan tokoh lainnya yang bernama Felix yang juga mendapatkan medali kehormatan).

When Can I See You Again pun bisa dikatakan cukup sukses. Lagu ini berada di posisi 78 pada Chart Kanada (Canadian Hot 100), posisi 11 pada AS Bubbling Under Hot 100 Singles (Billboard), dan posisi 60 pada AS Digital Songs (Billboard). Untuk gaya musik, nuansa ceria benar-benar terasa di lagu yang berdurasi selama 03:41 menit ini. Sepertinya Adam Young mengajak kita untuk bergoyang bersama. :) Keren deh buat lagu yang satu ini. Video klipnya memperlihatkan sang pendiri Owl City bernyanyi dan terlihat didalam sebuah kotak, mungkin itu adalah layar untuk bermain game dan seperti masuk ke dunia game tersebut. Tidak lupa juga untuk memperlihatkan cuplikan film yang bersangkutan.

5. To The Sky.


The next song sebagai lagu terbaik Owl City, kembali merupakan singel standalone dan merupakan soundtrack sebuah film animasi. Jika When Can I See You Again adalah soundtrack film Wreck-It Ralph, To The Sky sendiri adalah soundtrack film Legend Of The Guardians: The Owls Of Ga'Hoole (Film tentang petualangan seekor burung hantu bernama Soren yang ingin menyelamatkan saudaranya yang diculik oleh kelompok burung hantu jahat dengan mencari bantuan dari kelompok burung hantu yang baik). Lagu ini dirilis pada tahun 2011. Sama seperti lagu sebelumnya, To The Sky bernuasa ceria. Lirik lagu yang berdurasi selama 03:39 menit ini berisikan ajakan kepada kita untuk pantang menyerah dan terus mengejar impian kita. Kata "To The Sky" disini adalah ajakan untuk terbang tinggi di udara, meninggalkan tanah tempat kita berpijak, yang mungkin memiliki maksud agar kita membebaskan diri sejenak dari permasalahan hidup yang ada di bumi.

 Alunan musiknya sungguh membawa rasa damai dan liriknya benar - benar membawa rasa semangat. Dari intro saja sudah terdengar sangat indah, dengan melodi dari petikan gitar akustik yang cukup terasa seperti sebuah seni.Pada video klipnya, terlihat Adam Young melakukan aktivitas rekaman seorang diri, mulai dari menyeting semua alat yang diperlukan, menulis lagu, bermain instrumen, hingga merekam suaranya seorang diri. Disisi lain ditampilkan cuplikan film yang bersangkutan.

4. Shooting Star.



Semakin menuju lagu terbaik. Sekarang, Shooting Star adalah pilihannya. Kalau sudah membahas lagu yang satu ini, pasti deh sudah banyak yang tau, apalagi buat penggemarnya Owl City. Atau mungkin semua orang sudah mengetahui. Shooting Star sendiri merupakan singel pertama di album studio keempat Owl City, yaitu The Midsummer Station. Lagu ini berada di posisi ke 49 pada Chart Japan Hot 100, posisi 176 pada UK Singles (Official Chart Company), posisi 36 pada US Christian Song (Billboard), dan posisi 39 pada US Adult Pop Songs (Billboard). Hmm.... Bisa juga dikatakan bahwa ini adalah lagu yang sukses, karena Shooting Star lumayan mencuri perhatian dunia. Intro lagu ini adalah permainan keyboard dengan nada yang cukup bervariasi. Suara instrumen tersebut diperdengarkan di banyak bagian lagu, sehingga benar - benar mewarnai Shooting Star ini. Selain keyboard, permainan drumnya juga membawa rasa semangat, karena pemainannya cukup enerjik. Pokoknya asik deh kalau dengerin lagu yang berdurasi selama 04:03 menit ini.

Tentunya rasa semangat yang dibawakan dilagu ini selain alunan musiknya, juga tidak lepas dari liriknya yang benar - benar inspiratif. Disini Adam Young mengajak kita untuk menjadi pribadi yang baik, hebat, dan bersinar didunia ini, bersinar dengan terang melebihi terangnya sebuah bintang jatuh. Bersinar artinya bisa menjadi contoh yang baik bagi orang - orang disekitar kita. Dan video klipnya juga tidak kalah memberi semangat. Di video tersebut terlihat Young bernyanyi sambil memainkan piano dan begitu menghayati lagu ini, yang ditunjukkan dengan gayanya yaitu mengangguk-anggukan kepalanya. Disisi lain terlihat banyak orang berlarian dimana pada dada orang tersebut terlihat sebuah cahaya.

3. Vanilla Twilight


Nah, kalau lagu yang satu ini, adalah lagu yang lembut. Yap, Vanilla Twilight adalah salah satu lagu Owl City yang tidak akan terkekang oleh waktu. Maka dari itu, lagu ini harus masuk ke dalam daftar. Vanilla Twilight adalah singel kedua dialbum studio kedua Owl City yaitu Ocean Eyes. Kesuksesan lagu ini adalah dengan diraihnya posisi 95 pada debutnya di Chart Billboard Hot 100, lalu puncaknya adalah pada posisi 72. Kemudian pada Chart UK Singles, Vanilla Twilight berada di posisi 94. Dan meraih posisi 36 pada US Mainstream Top 40 (Billboard). Mantap bukan ??? Salah satu karya yang indah dari Owl City, dengan menyajikan musik yang soft dan benar - benar menenangkan jiwa ketika mendengarnya. Intro lagu langsung disambut oleh vokal Adam Young yang diiringi permainan piano. Suara drum juga diperdengarkan dengan gaya main yang juga sangat lembut.

Lagu yang berdurasi 03:52 ini bercerita tentang rasa rindu seseorang kepada orang yang ia cintai. Ia sangat menginginkan agar orang yang dicintainya itu berada disampingnya. Ia pun akan mengirimkan sebuah kartu pos atau surat pos kepada orang tersebut untuk menyatakan perasaannya. Meski banyak kesedihan yang dirasakan karena tidak ada sang kekasih, dengan memikirkan tentang kekasihnya, seseorang tersebut tidak merasa sendirian. Dan ia berkata bahwa ia akan melupakan dunia yang pernah ia tau sebelumnya, namun tidak akan melupakan kekasihnya. Video klipnya memperlihatkan Adam Young bernyanyi sambil memainkan piano di atas sebuah mercusuar (menara api). Disisi lain diperlihatkan beberapa orang yang menatap ke langit dan melihat sebuah awan berbentuk aneh (bentuknya melingkar dan seperti berlapis-lapis). Saat lagu berada di chorus terakhir, semua orang tersebut tersenyum melihat fenomena langit tersebut.

2. Good Time (Featuring Carly Rae Jepsen)


Kita tiba di peringkat 2. Nah, kalo lagu yang satu ini, saya jamin semua pecinta Owl City mengetahuinya. Bahkan mungkin orang - orang yang tidak mengetahui Owl City, tapi tentu pernah mendengar lagu ini. Good Time adalah singel milik Owl City yang berada di album The Midsummer Station yang merupakan singel kedua. Dilagu ini, Adam Young mengajak seorang penyanyi wanita bernama Carly Rae Jepsen untuk berkolaborasi. Kesuksesan lagu ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Debut Good Time adalah pada posisi 32 di Chart US Pop Songs. Lalu pada Billboard Hot 100 meraih posisi 18, dan akhirnya memuncak di posisi 8. Di Chart UK Singles debutnya adalah meraih posisi 17, lalu memuncak di posisi 5. Selain itu, lagu yang berdurasi 03:22 menit ini meraih posisi 1 di tangga lagu Kanada, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Dan berada di peringkat 10 besar di tangga lagu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Belanda.

Sesuai judulnya, lirik pada lagu ini berisi ajakan untuk menikmati waktu yang kita miliki, karena semua waktu tersebut adalah waktu yang baik. Dan kita menikmatinya tanpa melakukan percobaan lagi. Saya yakin, lirik "Oohh-Oohh, it's always a good time" pasti langsung terngiang di telinga kita ketika membahas Good Time ini. Dan saya katakan kalian pasti ingin bergoyang dan ikut berseru ketika mendengarkannya, apalagi saat di bagian chorus. "We don't even have to try, it's always a good time", sebuah kalimat di akhir chorus yang dinyanyikan dengan kolaborasi yang begitu apik. Untuk video klipnya, memperlihatkan Young dan Carly bersama banyak orang yang sedang pergi piknik. Keduanya bernyanyi saat mengendarai mobil hingga sampai ketempat tujuan. Mereka pun bernyanyi dan bergoyang bersama hingga malam hari tiba.

1. Fireflies.


Dan tibalah kita di penghujung daftar. Dan sudah merupakan suatu kepastian bahwa Fireflies adalah singel terbaik yang pernah dimiliki Owl City. Ini merupakan singel pertama di album studio kedua, yaitu Ocean Eyes. Sebuah karya yang luar biasa dari seorang Adam Young, yang dibuktikan dengan beberapa prestasi, dimulai dari debut lagu Fireflies yaitu meraih posisi 97 pada Billboard Hot 100, lalu memuncak hingga posisi 1 pada minggu kesepuluh. Posisi pertama tersebut juga diraih pada Chart UK Singles dan US Adult Top 40 (Billboard). Kemudian meraih posisi 2 Pada Chart US Mainstream Top 40. Oleh RIAA (Recording Industry Association of America), lagu yang berdurasi selama 03:48 menit ini mendapatkan 3x Sertifikat Platinum pada Juni 2010. Sertifikat tersebut bertambah menjadi 4x Platinum pada tahun 2018 karena telah meraih 5.269.000 download di Amerika Serikat. Dan pada Chart Akhir Tahun (Year-end Chart), Fireflies meraih posisi 60 pada US Billboard Hot 100 tahun 2009 dan posisi 30 pada US Billboard Hot 100 tahun 2010.

Makna yang terkandung didalam lagu ini terinspirasi langsung dari penyakit yang diderita oleh Adam Young, yaitu insomnia (penyakit susah tidur). Lalu ia mengatakan bahwa ada 10 juta kunang-kunang yang menerangi dunia ketika ia tidur. Namun sebenarnya ia tidak tidur, mungkin hanya berbaring namun tetap dengan kondisi terjaga. Kemudian ada lirik yang menyatakan bahwa sang pemilik lagu menerima seribu pelukan dari 10 ribu kunang-kunang. Hmm... Sebuah imajinasi yang luar biasa dari seorang penderita insomnia. Untuk video klipnya, menampilkan sang multi-instrumentalis ini bernyanyi dan bermain keyboard disebuah ruangan, dimana disana ada benda elektronik seperti TV, radio, dan lampu, serta ada banyak sekali mainan. Kemudian semua benda elektronik tersebut hidup sendiri dan mainan-nya bergerak sendiri.

Dan itulah pembahasan saya mengenai lagu terbaik yang pernah dimiliki oleh sebuah proyek musik elektronika bernama Owl City. Karya - karya yang begitu luar biasa oleh seorang penyanyi dan multi-instrumentalis, yang mendapatkan banyak ide dalam bermusik karena penyakit insomnia yang dideritanya. Yang membuat saya menyukai Owl City selain karena musiknya yang "amazing" bagi saya, juga karena lirik-liriknya yang begitu mendalam. Lirik berbau imajinasi, cerita tentang alam, persahabatan, dan motivasi untuk pantang menyerah didalam melewati cobaan hidup. Keren deh buat Adam Young. Semoga inspirasinya tetap ada hingga ia membuat lagu yang lebih banyak lagi.

Sekali lagi review ini hanyalah pendapat pribadi saya, berdasarkan pengetahuan saya tentang mana lagu terbaik Owl City. Jika teman - teman memiliki pendapat berbeda, tidak apa - apa. Dan mungkin kalian ingin menyampaikan tentang daftar lagu terbaik Owl City menurut kalian sendiri, bisa disampaikan melalui kolom komentar yang sudah disediakan. Jangan lupa untuk terus membaca postingan di blog ini, untuk menambah wawasan kita semua. Bye....

Posting Komentar

0 Komentar