WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

10 Lagu Terbaik Peterpan Sepanjang Masa

Welcome back to trijanuari33.blogspot.com. Di kesempatan ini saya kembali membuat postingan review lagu, dalam bentuk countdown mengenai daftar lagu terbaik dari seorang penyanyi atau sebuah band. Terakhir postingan yang saya buat dengan tema yang sama, saya memilih band asal Amerika Serikat bernama Maroon 5 sebagai targetnya. Di sana saya sudah membuat daftar mengenai 10 Lagu Terbaik mereka. Buat teman-teman yang penasaran dengan review tersebut, kalian bisa baca disini. Namun sekarang ada perbedaan nih, dimana pada kesempatan ini saya membuat daftar tentang lagu Indonesia. Kan sebelumnya saya membuat postingan tentang lagu luar negeri. Lalu lagu Indonesia yang mana nih yang jadi topiknya sekarang ? Yap, disini saya memilih band bernama Peterpan sebagai topiknya.


Peterpan (sekarang bernama NOAH) adalah band bergenre Pop Alternatif dan Pop Rock yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, yang dibentuk pada tahun 1996. Namun sebenarnya awalnya band ini bernama Topi. Dibentuk oleh Andika (keyboardis) dengan mengajak Uki (gitar), Afrian (gitar), Abel (bassis) dan Ari (Drummer). Lalu Uki mengajak Ariel untuk menjadi vokalis. Dengan formasi itulah Topi mulai manggung dan memainkan musik bergenre Brits Alternatif. Namun pada tahun 1998, Ari mengundurkan diri dan Topi bubar tanpa sebab yang pasti. Kemudian pada tahun 2000, Andika kembali mengumpulkan anggota Topi. Namun tidak semua anggota sebelumnya bergabung. Dari anggota sebelumnya, hanya Andika, Uki, dan Ariel yang bergabung. Untuk posisi drum dipegang oleh Reza, sementara posisi bass dipegang oleh Indra. Selanjutnya diajak pula Lukman untuk mengisi posisi sebagai gitaris, demi membuat musik yang kaya akan melodi. Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun melanjutkan karir mereka di dunia musik, dengan menggunakan nama baru yaitu Peterpan. Pada tanggal 1 September 2000, Peterpan resmi dibentuk. Nama "Peterpan" sendiri dicetuskan oleh Andika, sang pendiri band. Dan nama tersebut diberikan oleh Ibunya Andika.

Sepanjang perjalanan karirnya, Peterpan telah merilis 5 album studio, diantaranya Taman Langit (2003), Bintang Di Surga (2004), OST. Alexandria (2005), Hari Yang Cerah (2007), dan Sebuah Nama Sebuah Cerita (2008). Sekedar informasi, postingan ini lebih menuju kepada karir Ariel dkk ketika band masih bernama Peterpan. Jadi saya tidak melibatkan NOAH. Pembahasan saya lebih terfokus ke jamannya Peterpan. Namun untuk teman-teman yang ingin tau album apa saja yang telah dirilis oleh Ariel dan kawan-kawan dengan NOAH, hingga saat ini (Desember 2020) mereka telah merilis 4 album Studio, yaitu Seperti Seharusnya, Second Chance, Sings Legends, dan Keterkaitan Keterikatan. Ada juga satu album yang diproduksi ketika mereka belum bernama NOAH namun sudah melepas nama Peterpan. Mereka membuat album tersebut dengan nama "Ariel, Uki, Lukman, Reza, David", dengan nama album yaitu "Suara Lainnya".

Band ini dikenal dan dinobatkan sebagai salah satu band fenomenal dan terbaik di Indonesia. Segudang prestasi pun sudah diraih. Namun selain prestasi tersebut, Peterpan juga sempat mengalami hal yang tidak baik, yaitu ketika terjadinya perpecahan anggota diantara mereka. Pada tahun 2006, Andika dan Indra keluar dari band karena dipecat. Ada yang mengatakan bahwa kedua personil tersebut dipecat karena Andika sudah tidak lagi bisa bekerja bersama Peterpan. Lalu ada alasan bahwa Andika memiliki tujuan yang berbeda dengan Peterpan mengenai gaya musik. Alasan lain adalah karena Andika dan Indra sering nonaktif di band tersebut. Perpecahan tersebut terjadi setelah Uki dkk merilis album studio ketiga (OST. Alexandria). Akibat dari hengkangnya keyboardis dan bassis tersebut, sempat beredar isu bahwa Peterpan akan bubar. Namun isu tersebut berhasil ditepis dengan lanjutnya band asal Bandung ini, dengan memproduksi album studio keempat (Hari Yang Cerah). Pada saat itu mereka sudah memiliki player additional (pemain tambahan) yaitu David (keyboardis) dan Lucky (bassis).

Jadi itu sedikit informasi mengenai perjalanan karir Peterpan. Sekarang saatnya kita ke pembahasan mengenai 10 Lagu Terbaik yang pernah mereka rilis. Pemilihan ini sudah di dasarkan atas rangkuman dari kelima album studio band. Ingat ya teman-teman, saya tidak mengikut sertakan album-album yang diproduksi NOAH. Khusus membahas masa-masanya Peterpan. Dan lagu-lagu yang saya pilih diambil dari kelima album studio Peterpan. Namun daftar ini didominasi oleh album Taman Langit dan Bintang Di Surga, karena melihat dan mengingat bahwa kesuksesan terbesar Peterpan adalah ketika mereka masih bersama kedua album pertama tersebut. Seperti pada pembahasan-pembahasan countdown sebelumnya, daftar lagu terbaik ini hanya berdasarkan pendapat pribadi saya. Sehingga tentunya akan terjadi banyak perbedaan antara daftar yang ada di postingan ini dengan daftar yang ada di pendapat kalian. Oke, setelah intro yang cukup panjang, saatnya kita menuju ke daftar "10 Lagu Terbaik Peterpan Sepanjang Masa" versi trijanuari33.blogspot.com.

10. Menghapus Jejakmu.


Daftar dimulai dengan lagu berjudul Menghapus Jejakmu. Lagu ini merupakan singel pertama Peterpan di album studio keempat, Hari Yang Cerah. Menghapus Jejakmu juga merupakan lagu pertama Peterpan tanpa dua personil mereka yaitu Andika dan Indra. Dari sinilah awal pembuktian bahwa Peterpan tetap bisa lanjut berkarya meski telah ditinggalkan oleh kedua anggota tersebut. Melalui lagu ini, Ariel dan kawan-kawan berhasil menepis isu tentang bubarnya Peterpan. Menghapus Jejakmu pun langsung meraih kesuksesan besar. Pada tahun 2007, lagu ini bertengger di posisi 1 pada MTV Ampuh selama 4 minggu. Menghapus Jejakmu bercerita tentang seseorang yang ingin move-on (melanjutkan hidup) dan melupakan orang-orang di masa lalu-nya, yang dianggap memiliki tujuan hidup yang berbeda dengannya. Lalu ia ingin agar orang lain tersebut melupakan segalanya dan menjauh darinya. Video klip dari lagu Menghapus Jejakmu menampilkan sang vokalis yang sedang berlarian menuju suatu tempat, pergi menjauh dari seorang wanita (diperankah oleh Dian Sastro Wardoyo). Namun si wanita tetap mengejar si Ariel. Yang unik dari video klip ini adalah ketika si Dian Sastro memperagakan semua gaya yang diperagakan oleh bang Boril :D. Alunan musik dari lagu yang berdurasi selama 03:04 menit ini termasuk santai. Petikan gitar akustik di awal dan melodi gitar elektrik di akhir ikut mewarnai lagu ini.

9. Walau Habis Terang.


Di daftar berikutnya ada lagu berjudul Walau Habis Terang. Lagu ini berada di album studio kelima Peterpan, Sebuah Nama Sebuah Cerita, dan merupakan singel pertama di album tersebut. Tentunya ini juga merupakan lagu Peterpan ketika mereka sudah hanya beranggotakan 4 orang. Disini kembali Reza dkk menunjukkan bahwa mereka masih bisa membuat lagu yang berkualitas meski tanpa campur tangan Andika dan Indra. Lirik pada lagu yang berdurasi selama 03:37 menit ini berisikan sebuah pesan, bahwa kita harus tetap bersemangat untuk melanjutkan kehidupan dan terus berjalan kedepan meski banyak rintangan yang menghadang. Karena di dunia ini kita sudah memiliki yang namanya "cinta dan kasih sayang" yang membuat kita menjadi kuat untuk menghadapi masalah tersebut. Untuk video klipnya menampilkan Ariel yang bernyanyi sembari ditarik menggunakan mobil yang dikendarai oleh seorang wanita. Lalu mobil tersebut tiba-tiba meledak, dan beberapa detik kemudian muncul keempat personil Peterpan. Video klip tersebut meraih penghargaan Video Klip TerDahsyat di acara Dahsyatnya Awards 2009. Walau Habis Terang merupakan lagu yang sangat sukses di industri musik Indonesia. Selain itu, musiknya juga keren dan sangat menghanyutkan, tidak kalah keren dengan video klipnya. Lagu yang bertempo lembut-sedang ini menyajikan melodi yang sangat indah melalui permainan keyboard dan gitarnya.

8. Yang Terdalam.


Sekarang kita beralih ke album studio pertama Peterpan yaitu Taman Langit. Di peringkat 8 ada lagu berjudul Yang Terdalam. Lagu ini merupakan singel ke 6 di album tersebut. Ini adalah lagu Peterpan ketika mereka masih beranggotakan 6 orang. Kesuksesan lagu Yang Terdalam juga berperan terhadap suksesnya album Taman Langit, album yang meraih penjualan diatas 650.000 keping. Dari segi alunan musik, lagu ini merupakan lagu yang lembut, namun tetap mengikut-sertakan permainan drum. Dan permainan drum-nya saya katakan cukup unik, karena dimainkan secara bervariasi meski tidak enerjik. Suara drum tersebut-lah yang menjadi pembuka lagu Yang Terdalam. Gaya musik yang dimainkan di lagu ini termasuk sederhana, sehingga sangat mudah dicerna dan diingat. Lagu yang berdurasi selama 03:17 detik ini dijadikan soundtrack untuk sinetron Preman Kampus, sinetron bergenre action yang dibintangi oleh Roger Danuarta. Yang Terdalam bercerita tentang seseorang yang merasa patah hati karena telah ditinggalkan oleh kekasihnya. Namun ia berkata bahwa meski sang kekasih tidak akan kembali, ia akan tetap mengenang kekasihnya, mengenang untuk selamanya. Video klipnya memperlihatkan Ariel yang bernyanyi sambil berjalan di sebuah tempat seperti pasar. Anggota band yang lain juga diperlihatkan berjalan di sekitar tempat tersebut. Keenam anggota band diperlihatkan secara bergantian.

7. Bintang Di Surga.


Kini kita berada di album studio kedua Peterpan, Bintang Di Surga. Album studio kedua tersebut adalah album tersukses milik Peterpan. Mungkin sudah banyak yang tau, bahwa album Bintang Di Surga merupakan album band dengan penjualan tertinggi/terbanyak di Indonesia, dengan jumlah penjualan yaitu sebanyak 3,2 juta keping. Salah satu lagu yang berperan terhadap kesuksesan tersebut adalah lagu yang berjudul Bintang Di Surga ini. Lagu Bintang Di Surga merupakan singel ke 5 di album studio kedua Peterpan. Lagu ini benar-benar sukses di industri musik Indonesia. Alunan musik dari lagu Bintang Di Surga adalah lembut diawal, namun berubah menjadi enerjik di bagian pertengahan hingga akhir lagu. Musik yang enerjik tersebut ditunjukkan melalui vokal Ariel dengan nada tinggi, serta melalui permainan gitar Lukman dan Uki. Lagu yang berdurasi selama 05:01 menit ini bercerita tentang seseorang yang merasa kecewa terhadap Tuhan, karena ia hanya mendapatkan apa yang ia inginkan, namun tidak mendapatkan apa yang ia butuhkan. Video klipnya memperlihatkan adegan sekelompok orang yang sedang merampok bank. Kemudian salah satu dari mereka menyesali aksi perampokan tersebut dan mengurungkan niatnya untuk merampok. Namun ternyata mereka sudah dikepung oleh banyak polisi. Aksi tembak-menembak pun tak terhindarkan. Video klip tersebut meraih penghargaan Video Of The Year pada MTV Indonesia Awards 2006.

6. Topeng.


Kita kembali ke album studio pertama, yaitu Taman Langit. Di peringkat 6 ada lagu berjudul Topeng. Kalau lagu yang satu ini, pasti teman-teman sudah banyak yang tau. Topeng merupakan singel ke 4 di album studio pertama band. Lagu ini juga meraih kesuksesan besar di Indonesia. Selain Yang Terdalam, Topeng juga ikut membuat Taman Langit menjadi album yang sukses, album yang berhasil meraih Triple Platinum Album dari Musica Studio's serta meraih Multi Platinum Award. Teman-teman tentu tidak asing lagi dengan lirik "Tapi buka dulu topengmu". Lirik tersebut berada di bagian chorus lagu, dan dinyanyikan secara berulang selama beberapa kali. Lirik lagu Topeng ini berisikan sebuah pesan kepada kita semua untuk selalu menunjukkan diri kita yang sebenarnya ketika berinteraksi dengan orang lain. Kata lainnya adalah bersikap jujur kepada semua orang. Jangan jadi manusia yang munafik, yang hanya bersikap baik di depan namun berbuat jahat di belakang. Video klipnya memperlihatkan semua anggota Peterpan bermain musik di sebuah tempat, dengan dikelilingi oleh banyak penonton. Disisi lain terlihat Ariel sedang berinteraksi bersama seorang wanita. Topeng adalah lagu yang enerjik. Disini Reza dan kawan-kawan memainkan genre Pop Rock, dengan tambahan unsur Punk. Meski enerjik, gaya permainan di lagu ini termasuk sederhana. Hal itulah yang membuat Topeng menjadi sangat mudah untuk diingat.

5. Mimpi Yang Sempurna.


Sekarang kita tiba di peringkat 5. Satu lagi lagu di album Taman Langit yang masuk daftar 10 Lagu Terbaik Peterpan, yaitu Mimpi Yang Sempurna. Inilah lagu pertama yang dirilis oleh Peterpan. Namun sebelum berada di album Taman Langit, Mimpi Yang Sempurna terlebih dahulu dirilis untuk album kompilasi bertajuk Kisah 2002 Malam. Dan ternyata lagu ini menjadi lagu andalan di album tersebut. Berkat Mimpi Yang Sempurna, album Kisah 2002 Malam mampu mencapai penjualan di atas 150.000 keping. Kesuksesan tersebut langsung mengantarkan Peterpan untuk melakukan kontrak bersama perusahaan rekaman Musica Studio's, untuk membuat album Taman Langit. Mereka pun memasukkan lagu ini ke album studio pertama tersebut. Namun Mimpi Yang Sempurna bukanlah singel pertama album Taman Langit karena sudah dirilis di album Kisah 2002 Malam. Lagu ini pun langsung melejitkan nama Peterpan di kancah musik nasional. Sebuah awal yang luar biasa yang dilakukan oleh Peterpan. Lirik lagunya bercerita tentang seseorang yang sedang mencari jawaban mengenai arti dari hubungan asmara yang ia jalani. Video klipnya memperlihatkan para anggota band yang bermain musik di sebuah tempat, lengkap dengan pencahayaannya. Awal video memperlihatkan Ariel mengendarai sepeda motor bersama seorang wanita. Awal lagu ini adalah kolaborasi hentakan drum dengan gesekan gitar eletrik yang cukup enerjik.

4. Ada Apa Denganmu.


Kita kembali berada di album Bintang Di Surga. Lagu terpilih selanjutnya dari album studio kedua Peterpan adalah lagu berjudul Ada Apa Denganmu. Ini merupakan singel pertama di album Bintang Di Surga. Selain lagu Bintang Di Surga, Ada Apa Denganmu juga merupakan lagu yang ikut berkontribusi terhadap kesuksesan album kedua band. Setelah dirilis, singel pertama ini langsung meledak di pasaran. Berkat lagu Ada Apa Denganmu, album Bintang Di Surga berhasil terjual sebanyak 1 juta keping dalam beberapa waktu setelah perilisannya. Kesuksesan lagu ini berlanjut dengan meraih beberapa penghargaan, antara lain penghargaan Song Of The Year pada MTV Ampuh 2004, Lagu Pop Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2005, dan Lagu Paling Ngetop pada SCTV Music Awards 2005. Ada Apa Denganmu bercerita tentang seseorang yang menyesal karena telah menyakiti sang kekasih. Ia pun meminta maaf kepada kekasihnya itu. Namun sang kekasih tetap marah kepadanya. Seseorang tersebut pun bertanya mengapa sang kekasih tidak berubah sikap. Video klipnya memperlihatkan Ariel yang sedang berusaha menenangkan kekasihnya yang sedang bersedih dan marah. Model kekasih tersebut diperankan oleh Masayu Anastasia. Alur yang diperlihatkan di video klip tersebut adalah alur mundur. Lagu yang berdurasi selama 04:46 menit ini dibuka dengan kolaborasi antara distorsi gitar dengan petikan melodi gitar.

3. Kukatakan Dengan Indah.


Tiba di peringkat 3. Lagu selanjutnya dari album Bintang Di Surga yang masuk daftar, yaitu Kukatakan Dengan Indah. Ini merupakan singel ketiga di album studio kedua tersebut. Kukatakan Dengan Indah juga merupakan lagu yang ikut berkontribusi terhadap kesuksesan album Bintang Di Surga. Lagu ini menuai kesuksesan besar di industri musik Indonesia. Beberapa penghargaan juga diraih oleh lagu ini, diantaranya adalah penghargaan Lagu Terbaik pada Rolling Stone Editors' Choice Awards 2009. Kemudian, lewat lagu Kukatakan Dengan Indah, Peterpan meraih penghargaan Band/Group Pop Alternative Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia 2005. Selain dua penghargaan tersebut, Kukatakan Dengan Indah juga masuk ke dalam daftar 150 Lagu Terbaik Indonesia Sepanjang Masa versi Rolling Stone Indonesia, dengan menempati posisi ke-140. Lagu yang berdurasi selama 05:35 menit ini bercerita tentang seseorang yang merasa kecewa karena kekasihnya sebenarnya hanya berpura-pura mencintainya. Atau dalam bahasa lain, si kekasih hanya memberikan harapan palsu. Video klipnya memperlihatkan Peterpan beserta crew yang sedang pergi ke suatu tempat untuk mengadakan konser. Disanalah tempat terjadinya konflik antara Ariel dan pasangannya. Seusai konser, mereka pun kembali pulang. Model pasangan Ariel di video klip tersebut diperankan oleh Ardina Rasti. Lagu ini dibuka dengan petikan gitar yang sederhana namun tetap keren.

2. Tak Bisakah.


Semakin memuncak pembahasan kita, dan kini kita sudah sampai di peringkat 2. Di posisi ini ada lagu berjudul Tak Bisakah, lagu yang berada di album studio ketiga Peterpan, OST. Alexandria, dan merupakan singel pertama di album tersebut. Album OST. Alexandria juga merupakan album Peterpan yang sukses, terbukti dengan penjualannya yang mencapai 1 juta keping. Lagu Tak Bisakah inilah yang paling berperan terhadap kesuksesan album tersebut. Berkat lagu ini, album OST. Alexandria mampu terjual sebanyak 800.000 keping. Bukti lain yang menunjukkan bahwa Tak Bisakah adalah lagu yang berkualitas, adalah ketika lagu ini mengalami kontroversi. Tak Bisakah sempat di jiplak oleh musisi India bernama Kay Kay lewat lagunya yang berjudul Kya Mujhe Pyaar Hain. Dari nadanya benar-benar mirip dengan lagu milik Peterpan. Hanya saja lagu jiplakan tersebut bergaya musik Dance atau Disco. Tak Bisakah bercerita tentang seseorang yang selalu memikirkan kekasihnya. Ia pun meminta agar sang kekasih tetap setia menunggunya ketika ia sedang berada jauh. Karena ujung-ujungnya ia akan kembali kepada sang kekasih. Video klipnya menampilkan cuplikan dari film Alexandria. Tidak lupa juga untuk memperlihatkan Uki dan kawan-kawan bermain musik di sebuah tempat, dengan di sekelilingnya terdapat lukisan yang ada pada film yang bersangkutan. Tak Bisakah adalah salah satu lagu ikonik-nya (signature-nya) Peterpan.

1. Mungkin Nanti.


Dan tiba juga di peringkat 1. Inilah dia lagu terbaik yang pernah dibuat oleh Peterpan. Mungkin Nanti adalah lagu yang berada di album Bintang Di Surga, dan merupakan singel kedua di album tersebut. Lagu ini juga ikut berkontribusi di dalam menyukseskan album Bintang Di Surga, album yang menjadi puncak kejayaan Peterpan. Mungkin Nanti juga merupakan lagu ikonik-nya (signature-nya) Peterpan. Untuk penghargaan, Mungkin Nanti meraih penghargaan Lagu Rock Pilihan dan Carta Terbaik pada Anugerah Era 2005. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merasa kecewa karena kekasihnya telah pergi meninggalkannya. Karena merasa kecewa, ia pun membuang rasa cinta yang pernah ia miliki. Lalu ia berkata apabila suatu saat mereka kembali bertemu, tidak boleh lagi membahas tentang perasaan cinta tersebut. Video klipnya memperlihatkan Ariel yang sedang bernyanyi di hutan. Bernyanyi sembari mengingat kebersamaannya bersama sang kekasih. Model kekasih di video klip tersebut diperankan oleh Joanna Alexandra. Saat lagu akan berakhir, diperlihatkan teman-teman Ariel (anggota Peterpan lainnya) sedang menunggunya. Namun karena sudah dihubungi dan tidak menjawab, mereka pun pergi ke hutan untuk menjemput Ariel. Mungkin Nanti benar-benar booming pada masa perilisannya. Lirik yang berbunyi "Dan mungkin bila nanti kita kan bertemu lagi" selalu menjadi pengingat kita akan lagu legendaris Peterpan ini.

Itulah pembahasan tentang 10 Lagu Terbaik Peterpan versi trijanuari33.blogspot.com. Bagaimana menurut teman-teman ? Apakah daftar diatas sudah cocok dengan yang ada di pikiran kalian ? Tapi itu hanyalah list berdasarkan pendapat pribadi saya. Jadi wajar kalau ada perbedaan dengan pendapat teman-teman. Saya membuat postingan ini sekedar untuk hiburan dan informasi yang mungkin tidak begitu penting :D. Yah, sekedar mengingat-ingat lah, tentang perjalanan Ariel, Lukman, Uki, Reza, Andika, dan Indra bersama band yang mereka beri nama Peterpan. Mengingat sekilas tentang perjalanan mereka di dalam membuat lagu, yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Indonesia. Meski sekarang Peterpan hanyalah sebuah kenangan, namun karya-karya band ini akan tetap melekat di hati masyarakat, terutama para fans Peterpan (Sahabat Peterpan).

Oke, sekian dulu pembahasan dari saya, semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk terus kunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi berguna lainnya, baik dari dunia pendidikan maupun dunia hiburan. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Posting Komentar

0 Komentar