WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Mengatasi 'The Computer Restarted Unexpectedly Or Encountered An Unexpected Error' Windows 10

Setelah 2 postingan terbaru saya membahas tentang printer, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sistem operasi Windows. Dan yang saya bahas kali ini adalah tentang salah satu kerusakan atau error yang terjadi saat proses instalasi Windows 10. Memang ada beberapa jenis kerusakan yang terjadi di dalam proses instalasi Windows, khususnya Windows 10. Ada jenis error yang sudah sering terjadi, namun ada juga jenis error yang jarang terjadi.

Salah satu contoh kerusakan yang mungkin jarang terjadi saat proses instalasi Windows 10 adalah munculnya notifikasi "The computer restarted unexpectedly or encountered an unexpected error. Windows installation cannot proceed. To install the Windows, click "OK" to restart the computer, then restart the installation." Notifikasi tersebut muncul setelah komputer atau laptop yang diinstall Windows 10 memulai ulang (restart) dengan sendirinya.


Saat saya melihat notifikasi diatas untuk pertama kalinya, saya masih berpikiran positif. Mungkin saja pesan error tersebut hanya muncul sekali. Setelah itu proses instalasi berjalan dengan normal. Namun yang saya pikirkan ternyata salah. Sekitar 3 kali saya melihat pesan error diatas. Di saat itu barulah saya bergerak untuk mencari informasi tentang cara menyelesaikan permasalahan ini. Setelah melihat sebuah video di youtube, saya pun bisa mengatasi kerusakan ini. Dan sekarang, saatnya saya yang membagikan cara penyelesaian masalahnya kepada teman-teman semua.

Untuk mengatasi pesan error "The computer restarted unexpectedly or encountered an unexpected error...." saat sedang menginstall Windows 10, lakukan beberapa langkah berikut ini:

- Hidupkan komputer atau laptop dengan media installer Windows 10 (flashdisk atau CD/DVD) yang terhubung. Hidupkan sampai notifikasi error-nya muncul.

- Setelah notifikasi error-nya muncul, buka aplikasi Command Prompt (cmd) dengan cara menekan tombol Shift + F10 atau Fn + Shift + F10 (tombol Fn biasanya digunakan pada beberapa tipe laptop).

Ketika aplikasi Command Prompt-nya sudah terbuka, buka fitur Registry Editor dengan cara mengetikkan "regedit" pada Command Prompt.


Maka fitur Registry Editor (regedit) pun terbuka.


Kemudian kita pilih HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM.


Lalu kita pilih Setup -> Status -> ChildCompletion.


Setelah itu, kita ubah value data pada "setup.exe" dari angka lain menjadi "3"Caranya adalah klik kanan pada setup.exe, lalu pilih Modify.


Misalnya jika value data-nya adalah 1, kita ubah menjadi 3. Selanjutnya pilih OK.



Setelah kita mengubah value data pada Registry Editor tersebut, maka proses instalasi Windows 10 pun berlanjut sampai selesai. Kita pun berhasil untuk mengatasi kerusakan (error) yang terjadi pada komputer kita.

Oke teman-teman ku semua, itulah informasi mengenai cara mengatasi error "The computer restarted unexpectedly or encountered an unexpected error. Windows installation cannot proceed. To install the Windows, click "OK" to restart the computer, then restart the installation." saat sedang menginstall ulang Windows 10. Semoga tips dan trik ini bisa membantu kalian semua untuk mengatasi permasalahan yang sama. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Baik teman-teman, sekian dulu pembahasan troubleshooting dari saya. Terima kasih karena telah berkunjung, dan sampai jumpa....

Posting Komentar

0 Komentar