WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengganti Format/Ekstensi File Melalui Command Prompt (Cmd)

Setiap data pada komputer sudah memiliki format atau ekstensi yang memiliki fungsi berbeda satu dengan yang lainnya. Format atau ekstensi yang dimaksud misalnya .mp3, .mp4, .3gp, .jpeg, .png, .docx, .avi, .exe, .html, .xml, dan .iso.


Tapi taukah teman - teman bahwa format file tersebut dapat diubah ? misalnya dari format .3gp menjadi .mp3. Cara yang saya gunakan adalah mengganti format melalui aplikasi command prompt. Jadi silahkan baca langsung cara mengganti format file melalui cmd ini.

Buka command promptnya. Lalu cari direktori / folder tempat file yang akan diganti formatnya berada. Disini file yang saya ubah formatnya berada di local disk D. Ketikkan d:.


Saya akan mengubah file video menjadi musik. Saya menyimpannya di direktori Videos, jadi saya ketikkan cd Videos.


Untuk melihat seluruh file di folder, ketikkan dir. Ini berguna untuk melihat file yang akan di ubah formatnya, karena di daftar nanti terlihat juga format filenya.


Contohnya saya akan mengubah format video LinkinPark.MKV.


Perintah dasar yang digunakan untuk mengubah sebuah format file adalah perintah untuk mengubah nama file, yaitu rename. Lalu yang harus kita ketikkan menggunakan perintah dasar tersebut adalah rename (nama file dan formatnya) (nama file baru dan format baru).

Bisa dilihat pada gambar dibawah. Saya ingin mengubah format mkv menjadi mp3, sehingga saya mengetikkan perintah rename LinkinPark.MKV LinkinPark.mp3.


Setelah menekan Enter, maka formatnya pun berubah. Disini saya perlihatkan gambar file yang belum diubah formatnya dan yang sudah diubah formatnya.

Sebelum diubah ekstensinya, masih dalam bentuk .mkv

Sesudah di ubah ekstensinya menjadi .mp3
Kita juga bisa melihat melalui command prompt, perubahan ekstensi tersebut. Ketikkan perintah dir. Perintah ini adalah untuk melihat semua file dalam sebuah folder dan ekstensinya.



Baik, itu tadi tentang merubah sebuah ekstensi file melalui cmd. Semoga bermanfaat.

Tutorial ini juga ada dalam bentuk video, dan bisa dilihat dibawah.


Posting Komentar

0 Komentar