WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Makna lagu Angels And Airwaves - The Adventure



Selain tentang komputer/teknologi informasi,saya juga memposting tentang dunia musik. Untuk postingan pertama saya tentang musik, saya membahas tentang makna sebuah lagu yang menurut saya menginspirasi.

Lagu pertama sebagai pilihan, Angels And Airwaves – The Adventure.















Ketiga gambar diatas adalah potongan video klip dari lagu The Adventure

Ini adalah pembahasan tentang Makna Lagu “The Adventure” dari Angels And Airwaves.
Saya sangat senang mendengar lagu ini. Musiknya yang tidak keras namun tidak juga begitu lembut (sedang-sedang:) ), perpaduan suara gitar dan drum di bagian intro membuat saya seolah telah diberikan semangat, walaupun sang vokalis belum menyanyi.

Jika melihat judul lagunya, kita akan berfikir bahwa lagu ini menceritakan tentang petualangan biasa, petualangan menjelajah suatu tempat yang indah bersama teman-teman.Petualangan itu bersifat sementara.Namun jika membaca bahkan memahami lirik lagunya, ternyata petualangan tersebut bukanlah apa yang diceritakan dalam lagu.

“I wanna have the same last dream again
The one where I wake up and I’m alive
Just as the four walls close me within
My eyes are opened up with pure sunlight”

Lirik diatas merupakan lirik pada verse 1 yang menceritakan tentang seseorang yang ingin memiliki mimpi yang sebelumnya telah dimiliki. Keinginan tersebut adalah karena mimpi tersebut membuatnya terbangun dengan ceria dipagi hari. Keceriaan itu tak terbatas dan tak terhalangi oleh apapun, seperti pernyataan pada lirik di atas bahwa ketika empat dinding menghimpit seseorang tersebut, matanya terbuka oleh sinar matahari yang murni.
Kurang memahami juga sih dengan makna lirik lagu di baris ketiga dan keempat. Tapi, saya tetap mengeluarkan pendapat. Lirik di keempat baris tersebut menunjukkan bahwa keceriaan yang kita rasakan tidak akan terganggu/terhalang oleh situasi apapun. Di mulai dari sebuah mimpi yang indah, yang terbawa hingga ke dunia nyata. Teruslah tampilkan keceriaanmu, jalani kehidupan seperti biasa. Sinar matahari yang terang dan memberikan kekuatan selalu menemani kita. Meskipun pada saat tertentu terdapat masalah yang menghalau, hadapilah dengan kuat, tak peduli jika masalah tersebut terasa seperti empat dinding yang keras yang sedang menghimpitmu.
“ I’m the first to know my dearest friends
Even if your hope has burn with times
Anything that’s dead shall be regrown
And your vicius pain, your warning sign, you will be fine”

Pada bagian ini terdapat lirik yang menurut saya sangat menarik. Dari lirik pada baris kedua hingga baris terakhir, ada kata-kata bahwa kita tidak boleh berputus asa ketika dalam perjalanan hidup kita, kita kesulitan menghadapi masalah hidup yang akhirnya membuat kita menjadi terjatuh dan kehilangan harapan. Di kesempatan pertama boleh saja kita kalah, tetapi harapan akan selalu ada jika kita mau bangkit dan berusaha kembali menghadapi masalah tersebut. Apa pun yang mati/tenggelam akan muncul/hidup kembali, sama seperti harapan kita, yang akan datang kembali setelah sebelumnya harapan itu musnah terbakar oleh waktu. Dan memikirkan rasa sakit yang pernah kita rasakan, bahkan terasa kejam, seharusnya menjadi pemicu untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi, karena sebenarnya rasa sakit tersebut tidak pernah membuat kita mati. Meskipun kita merasakan adanya tanda-tanda peringatan bahwa kau tidak akan berhasil, namun tetap kau akan baik-baik saja.
Membahas lirik di baris pertama “I’m the first to know my dearest friends” saya kurang mengetahui maknanya.

“Any type of love, it will be shown
Like every single tree reach for the sky
If you’re gonna fall, I’ll let you know
That I will pick you up like you for I”

Lanjut ke verse 2, di dalam hidup sebenarnya terdapat banyak cinta yang menemani perjalanan kita. Tapi bukan sembarang cinta lho…. :) Hidup telah menyimpan kebahagiaan dibalik kesedihan yang kita alami. Segala bentuk cinta akan ditunjukkan oleh dunia disaat kita tetap tabah dalam menjalani kehidupan.
Namun disini terdapat kata kiasan yang saya tidak tau persis maknanya, “seperti setiap satu pohon yang meraih langit (lirik baris kedua).


Kita memiliki banyak sahabat didunia, dimana mereka siap membantu kita menghadapi kehidupan ini. Ketika kita terjatuh, mereka akan membantu kita bangkit. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Kita akan saling membutuhkan dan saling membantu menghadapi apapun. Sahabat akan membantu kita bangkit karena kita pernah membantu mereka.
Teryata lagu ini juga menceritakan tentang hubungan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Persahabatan yang di jalin oleh manusia, dituliskan melalui beberapa patah lirik.

“I thought this thing I can’t replace
When everyone was working for this goal
Where all the children left without a trace
Only to come back as pure as gold to recite this all”

Lanjut, ada hal penting pada lirik diatas yang menjadi pesan bagi kita.
Sebenarnya, diluar pikiran kita, ada orang yang ingin memiliki kehidupan seperti kita. Mereka bekerja keras agar menjadi seperti kita dengan kehidupan tertentu yang kita miliki. Dituliskan bahwa mereka sampai pergi menjelajah dunia atau mencari pengalaman demi masa depan mereka. Pergi tanpa meninggalkan jejak, dan pada akhirnya akan kembali ke tempat asal untuk menceritakan pengalaman mereka yang menakjubkan. Mereka kembali tentunya dengan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya, dan keadaan mereka digambarkan semurni emas.
Maka dari itu, seharusnya kita bersyukur dengan kehidupan yang kita jalani. Buatlah diri kita menjadi tidak bisa menggantikan kehidupan itu dengan apapun. Dan kita akan merasakan bahwa yang sedang kita alami adalah yang terbaik bagi kita, meskipun awalnya kita tidak ingin menjalaninya. Banyak orang didunia ini yang masih belum bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kita rasakan dan mereka seolah iri kepada kita.
Lirik “Where all the children left without a trace, only to come back as pure as gold to recite this all” adalah lirik yang menarik bagi saya.

Di verse 3, Tom DeLonge menyanyikan lirik: “I cannot live, I cannot breathe, unless you do this with me” sebanyak enam kali. Lanjut ke bagian chorus, lirik yang menceritakan inti dari maksud kata “The Adventure”,
“Hey oh, here I am
And here we go, life’s waiting to begin”

Kata “Petualangan” di sini merujuk pada motivasi yang ditujukan kepada kita untuk melanjutkan kehidupan baru setelah kehidupan lama berakhir. Kehidupan belum berakhir meskipun kita berusaha untuk mengakhirinya.

Hidup akan terus berjalan seiring berjalannya waktu. Ayo, ikuti jalan hidup tersebut, memulai hidup baru karena kehidupan baru telah menanti kita. Semua orang memiliki kehidupan baru. Perhatikan kata here I am, Tom DeLonge menunjukkan bahwa seseorang menanti kita untuk bersama-sama “begin the life”.
Seseorang tersebut berkata bahwa ia tidak bisa hidup dan bernapas kecuali kita ikut bersamanya. Ikut menjelajah kehidupan baru, kehidupan yang telah menanti kita, dan kembali menjalankan hubungan persahabatan satu sama lain.

Sekian makna lagu The Adventure, saya memposting makna lagu ini karena menarik untuk di share. Dengan menikmati musiknya dan mencoba memaknai setiap liriknya, saya mendapatkan motivasi yang telah di simpan di lagu yang berdurasi selama lima menit ini.
Semoga teman-teman juga mendapatkan motivasi dan inspirasi melalui lagu ini ya… :) Sampai jumpa lagi.

Posting Komentar

0 Komentar