WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mem-Bootable Flashdisk Menggunakan Universal USB Installer

Untuk keperluan install ulang sistem operasi, kita membutuhkan device atau perangkat keras untuk menyimpan OS nya. Misalnya, device yang sering kita gunakan, yaitu flashdisk. Sebelum digunakan untuk install ulang, kita harus membuatnya menjadi terbaca saat install ulang. Inilah yang dimaksud membootable flashdisk. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk membootable device, yaitu Rufus dan Universal USB Installer. Umumnya, kita mengenal rufus sebagai aplikasi pembootable. Namun, ada aplikasi lain, yaitu Universal USB Installer. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini ? Silahkan simak langkah - langkahnya.

Image result for logo asli universal usb installer
Ikon Universal USB Installer

Buka aplikasi Universal USB Installer nya.
Tampilan awal adalah adanya persetujuan lisensi (License Agreement), dan disini kita diminta menyetujui syarat yang sudah ditentukan. Langsung saja pilih I Agree untuk lanjut.


Sekarang kita pilih jenis atau distribusi sistem operasi yang akan diinstal. Disini ada banyak sekali pilihan. So, choose the right operating system, friends.


Disini saya memilih Windows 7 Installer.


Coba lihat, banyak sekali pilihannya bukan ?

Menuju step 2, memilih sistem operasi yang akan diinstall. Klik Browse untuk mencari OS yang tersimpan di disk.


Setelah ketemu OS nya, Open.


Step 3 (langkah tiga) memilih drive (flashdisk) yang digunakan untuk instalasi. Disini flashdisk saya berada di disk E.


Coba perhatikan. Tadi saya tidak mencentang pilihan Now Showing All Drives... dan yang terlihat hanya flashdisk saya (E). Tapi ketika pilihan itu dicentang, terlihat semua drive (local disk C dan D, E).


Lanjut ke tahap memformat flashdisk. Kita centang pilihan "We will format E:\ Drive as Fat32". Tapi pilihan ini bisa juga tidak dicentang, asalkan sebelumnya kita sudah memformat flashdisk. Lalu Create.


Pilih Yes.


Setelah itu akan ada beberapa proses. Mulai dari memformat flashdisk.


Meng-ekstrak sistem operasi.



Proses meng-ekstrak di atas terjadi saat proses dibawah berjalan.


Setelah meng-ekstrak sistem operasi, proses Installing Windows 7 Installer berlanjut cepat.


Dan berakhirlah proses membootable flashdisknya. Close when Installation Done and Process is Complete.


Itulah cara menggunakan Universal USB Installer. Kalau dibandingkan dengan menggunakan rufus, lebih banyak langkah-langkah pada Universal USB ini. Tapi tergantung kalian yang mana saja menurut teman-teman yang baik untuk digunakan. Yang penting, kedua aplikasi tersebut sama - sama memboot device. Sekian dulu ya. Bye....

Posting Komentar

0 Komentar