WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Makna Hukum Bagi Kehidupan Manusia

Kembali lagi dengan saya dengan pembahasan diluar teknologi. Sekarang menuju informasi tentang Makna Hukum Bagi Kehidupan Manusia.

Teman - teman tau kan, apa itu hukum ? Hukum adalah seperangkat peraturan yang mengikat semua masyarakat di wilayah tertentu, yang jika dilanggar akan menimbulkan sanksi. Coba deh bayangin kalo di dunia ini gak ada hukum. Pasti kehidupan manusia tidak baik bukan ? Bayangin aja, dunia ini akan hancur dalam waktu sekejap.

Source : https://www.mahkamahagung.go.id/media/2826


Lalu, bagaimana makna hukum sebenarnya bagi kehidupan manusia ?
Kita akan mempelajari sekarang.

MAKNA HUKUM BAGI KEHIDUPAN MANUSIA.

1. Sebagai perwujudan keadilan bagi kehidupan manusia.

Hukum dibuat dan ditetapkan untuk menciptakan kehidupan yang adil bagi manusia. Karena dalam kehidupan, pasti ada saja tindakan yang mencerminkan ketidakadilan dalam suatu perkara atau masalah. Misalnya,ketidakadilan pihak mayoritas terhadap pihak minoritas, ketidakadilan masyarakat tingkat atas terhadap tingkat bawah. Dengan adanya hukum, mereka yang dirugikan akan dibantu untuk mendapatkan kembali apa yang menjadi hak mereka, dan membalas perbuatan mereka yang melakukan ketidakadilan tersebut.

2. Sebagai perwujudan keamanan bagi kehidupan manusia.

Hukum berfungsi untuk memberikan konsekuensi kepada manusia yang dalam kehidupannya melakukan tindakan kekerasan terhadap orang lain. Konsekuensi tersebut bisa dari yang paling ringan sampai yang paling berat, tergantung tingkat kekejaman si pelaku kekerasan. Hal ini bertujuan agar pihak yang melakukan kekerasan mendapat balasan yang setimpal dengan apa yang dilakukan, dan agar tidak melakukan kekerasan lagi. Dengan begitu, kehidupan manusia bisa menjadi aman dan jauh dari situasi/kondisi berbahaya.

3. Sebagai perwujudan kehidupan damai, tenang, dan tentram.

Hukum berperan dalam mewujudkan keadilan dalam kehidupan manusia, dengan membantu pihak yang dirugikan dalam suatu perkara dan memberi balasan tidak baik kepada pihak yang melakukan ketidakadilan tersebut. Hukum juga berperan dalam memberikan hukuman kepada pihak yang melakukan kekerasan dalam kehidupan manusia untuk menjaga keamanan. Ketika semua keadaan baik tersebut terwujudkan, maka kehidupan damai, tenang, dan tentram pun akan terwujud.

Ok, itulah beberapa informasi mengenai makna dari hukum di dalam kehidupan manusia. Sebagai makhluk yang dianugrahkan pikiran, seharusnya kita mampu berpikir dengan baik. Kita harus bersikap baik terhadap sesama karena mereka pun akan bersikap baik terhadap kita. Manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, maka dari itu harus selalu diingat bahwa kita harus hidup saling mengasihi demi melaksanakan hubungan sosial dengan baik.

Semoga dapat memberi inspirasi untuk kita semua. See you...... :)

Posting Komentar

0 Komentar