WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Konfigurasi Bypass Halaman Login Hotspot Di Mikrotik Dengan Winbox

Kita kembali bersama di konfigurasi mikrotik. Sebelumnya saya sudah membagikan beberapa informasi seputar konfigurasi mikrotik dengan aplikasi winbox dalam jaringan server client. Mungkin teman - teman ada yang belum membaca informasi disana. Sekarang kita membahas suatu konfigurasi mikrotik sebagai server, yaitu konfigurasi bypass situs web tertentu.

Teman - teman ada ngerti nggak apa yang dimaksud bypass halaman login ? Bypass ini maksudnya kita melewati halaman login hotspot mikrotik ketika ingin mengunjungi situs web tertentu. Artinya tanpa login dengan username dan password kita bisa langsung membuka situs web tersebut.



Bypass ini ada kaitannya dengan konfigurasi hotspot di mikrotik. Jika kita belum mengkonfigurasi hotspot, mana mungkin kita akan melakukan sebuah pelewatan (bypass). Saat membuat hotspot mikrotik, semua situs web yang akan kita buka tidak langsung terlihat di browser, melainkan terlihat halaman login yang meminta kita memasukkan username dan password. Untuk menghindari permintaan tersebut, kita melakukan sebuah aktivitas melewati halaman login, yaitu dengan cara bypass.

Sama seperti pembahasan mikrotik sebelumnya, saya menggunakan aplikasi pembantu, yaitu winbox. Di postingan ini saya melakukan bypass halaman login untuk menuju situs detik.com. Sebelum konfigurasi bypass, pastikan kita sudah membuat hotspot mikrotik. Lalu cek situs yang akan dikunjungi di browser kita, misalnya detik.com.


Dan kita masih harus login sebelum ke detik.com.





Bukti bahwa kita masih login hotspot adalah pada alamat webnya, yang berisi keterangan tri.com/login......www.detik.com....


Sekarang kita mulai konfigurasi bypassnya. Silahkan buka winbox. Lalu masuk ke menu IP -> Hotspot. Pilih tab Walled Garden.


Pilih tanda +.


Di New Walled Garden Entry, pilihan Action pilih allow. Kolom Dst. Host ditambahkan situs web yang menjadi tujuan kita, yaitu detik.com. Lalu Apply, OK.


Terlihatlah konfigurasi tadi.


Sekarang silahkan diuji dengan mengunjungi situs detik.com. Hasilnya kita tidak perlu login dengan username dan password. Artinya bypass berhasil


Itu dia,,, teknik melewati login hotspot mikrotik. Semoga membantu kita semua dalam konfigurasi mikrotik agar tidak perlu login hotspot jika ingin browsing. Terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini. Tetap tambah wawasan teman - teman dengan rajin membaca berbagai sumber artikel, baik dunia teknologi, hiburan, atau pengetahuan umum lainnya. Bye.....😊

Posting Komentar

0 Komentar