WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Sarana Prasarana Lengkap Dalam Pertandingan Sepak Bola

Selamat berjumpa kembali di blog saya. Informasi kali ini adalah tentang dunia olahraga. Siapa sih yang nggak tau olahraga sepak bola ? Bahkan kakek - kakek pun tau.😄 Masalahnya kalo yang namanya anak laki - laki, suka maupun tidak suka, pasti mereka tau.

So pasti, sepak bola adalah olahraga dengan peminat paling banyak. Pertandingannya juga, memiliki jumlah penonton paling banyak. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan dengan cara menendang bola menuju gawang untuk mendapatkan poin dan meraih kemenangan. Kalau membahas tentang pertandingan, tidak perlu di jelaskan panjang lebar. Sudah pasti seru dan meriah.

source : http://www.viva.co.id/bola/bola-sejagat/
498158-hasil-lengkap-pertandingan
-sepakbola-eropa-malam-tadi

Dalam bermain sepak bola, tentu harus ada yang namanya sarana. Yang utama sudah pasti bola dan gawang. Kalau hanya ada dua orang pun tidak apa - apa.😊 Yang penting bisa nendang bola, nge-gol-in, n menang deh....hehe. Sementara jika membahas pertandingannya, ini lebih diperhatikan. Bahkan menjadi pemain sepak bola sudah menjadi profesi banyak orang didunia. Untuk pemain sepak bola kelas dunia, penghasilan mereka sudah bisa dikatakan, "Wah". Nggak salah dong kalo ini diminati banyak orang.

Sarana dan prasarana yang terdapat dalam pertandingan sepak bola pun tidak sedikit. Lalu, perlengkapan apa saja sih yang harus ada dalam pertandingan sepak bola ? Kita simak sama - sama yuk !.....

1. Bola

source : http://klikduniabola.blogspot.co.id/2014/07/
ukuran-bola-sepak-bola-standar-fifa.html

Kalo nggak pake bola, nggak mungkin di bilang main bola. 😊 Sarana utama yang dimaksud ini adalah bola berbentuk bulat total atau bulat sempurna dengan diameter antara 68 cm - 71 cm dan berat 398 g - 453 g. Kriteria ini sudah termasuk perhitungan atau standar internasional, agar dapat digunakan dengan nyaman, tidak terlalu besar atau kecil dan tidak terlalu ringan atau berat.

Benda inilah yang menjadi rebutan saat bermain di lapangan. Para pemain sepak bola bermaksud memasukkan bola ini ke dalam gawang lawan untuk mendapatkan poin dan meraih kemenangan. Bola dibawa dengan menggunakan kaki (digiring) dan ditendang ke gawang. 

Tampilan bola sepak pun beragam. Ada yang berisi gambar bintang untuk bola UEFA Champion, ada yang bergambar logo klub sepakbola seperti Chelsea, Real Madrid, Manchester United, dan lain-lain, ada juga yang bergambar adidas, nike, umbro, dan puma. Dalam pertandingan, satu buah bola digunakan di lapangan. Namun ada banyak bola lain, yang digunakan sebagai cadangan.

2. Gawang.

source : http://www.berbagaireviews.com/2014/10/
facilities-soccer-sarana-dan-prasarana.html

Sarana selanjutnya yang juga merupakan sarana utama adalah gawang. Gawang adalah tujuan kemana bola dibawa. Ukuran gawang :
Lebar : 7,32 meter
Tinggi  : 2,44 meter

Dalam pertandingan sepak bola, terdapat dua gawang di lapangan, yaitu gawang tim tuan rumah (home) dan tim tamu (away). Di bagian belakang dan samping tiang gawang, dipasangkan jaring hingga menutup kedua bagian tersebut. Ini digunakan untuk mempermudah mengetahui apakah bola memang masuk ke gawang atau hanya melintas di luar gawang. Di tengah gawang diberi garis lurus melintang dari tiang tegak kiri sampai tiang tegak kanan. Juga berguna untuk mengetahui apakah bola sudah masuk gawang atau belum.

Gawang ini dijaga oleh satu orang pemain yang disebut penjaga gawang (goal keeper), dimana keeper boleh menggunakan tangan untuk menghalau bola. Seorang keeper menggunakan sarung tangan didalam pertandingan bola. Gawang yang dipakai terbuat dari bahan yang kuat dan dipasang kuat agar tidak mudah runtuh.

3. Lapangan.

Source : https://indonesian.alibaba.com/product-detail/
hot-sale-monofilament-artificial-grasses-synthetic
-carpet-grass-for-football-soccer-fields
-60169737184.html

Lapangan sudah pasti menjadi prasarana sepak bola, meskipun bukan sebuah pertandingan besar atau resmi. Tanpa lapangan, mustahil kita akan bermain bola.

Didalam pertandingan sepak bola, panjang lapangan harus berukuran antara 90 hingga 120 meter secara keseluruhan (100 hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional), dan lebar lapangan antara 45 hingga 90 meter secara keseluruhan (64 dan 75 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional). Lapangan sepakbola harus berbentuk persegi panjang.

Lapangan yang digunakan untuk pertandingan sepak bola diisi garis putih yang berfungsi sebagai tanda batas tertentu. Garis tersebut berupa garis lurus, setengah lingkaran, seperempat lingkaran, dan lingkaran penuh. Ada juga berupa titik putih yang digunakan untuk tempat bola, biasa tempat bola saat eksekusi penalti, dan di tengah lingkaran penuh pada garis tengah lapangan.

Di area sekitar gawang, ada yang namanya daerah penalti (kotak penalti). Kotak Pinalti ini berbentuk persegi panjang, dengan panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter. Sementara jarak tendangan penalti adalah 11 meter dari gawang. Titik putih pada area kotak penalti biasa disebut dengan titik penalti. Sedangkan untuk area gawang memiliki panjang 18,32 meter dan lebar 5,5 meter.

Garis-garis putih dan titik putih pada lapangan sepakbola, yang mencakup garis dan titik tengah lapangan, kotak dan titik penalti, dan area tendangan sudut
Garis-garis putih dan titik putih pada lapangan sepakbola,
yang meliputi garis dan titik tengah, kotak dan titik penalti, dan area tendangan sudut.

4. Stadion.

Source : http://www.daftarmenarik.com/2014/09/10
-stadion-sepak-bola-terbesar-di-dunia.html

Arena pertandingan sepak bola tidak hanya di lapangan, tetapi di tempat yang penuh dengan bangunan untuk tempat duduk para penonton, yaitu stadion. Stadion ini merupakan salah satu pembeda antara pertandingan sepak bola yang besar dan meriah dengan pertandingan sepak bola yang dibilang kecil dan tidak begitu meriah. Maksud saya, kan di wilayah seperti desa yang terpencil ada juga klub sepak bolanya. Nah, kalau mereka bertanding, belum tentu menggunakan stadion bukan ? Ada yang nggak pake stadion, karena mereka tidak punya uang dan lahan yang cukup.

Stadion merupakan bangunan yang dibuat untuk tempat penonton menonton bola. Karena yang namanya pertandingan besar, sudah pasti penontonnya banyak. Masalah ukuran stadion tidak ditetapkan berapa besarnya, misalnya panjang, lebar, dan tinggi. Yang penting, lapangannya saja yang memiliki ukuran tetap. Sehingga di dunia ini, stadion sepak bola memiliki luas dan tinggi yang berbeda satu sama lain. Bahkan kita bisa mengetahui stadion mana saja yang termasuk stadion paling besar di dunia.

Untuk klub-klub sepak bola yang sudah dikenal masyarakat baik secara nasional maupun internasional, sudah memiliki masing - masing stadion. Ada juga stadion sepak bola yang fungsinya tidak hanya untuk sepak bola, tetapi untuk olahraga lain, seperti atletik.

5. Seragam Sepak Bola


Source : https://lapakbelanjaku.wordpress.com/2012
/10/21/kaos-futsal/

Pertandingan sepak bola juga ditandai dengan pemain sepak bola yang mengenakan seragam tim yang mereka bela. Seragam tersebut meliputi baju dan celana.

Di dalam seragam sepak bola, terdapat logo tim sepak bola pemilik seragam tersebut. Selain itu, ada juga yang berisi gambar atau logo sponsor tim tersebut. Ada logo perusahan pakaian yang membuat seragam tersebut, misalnya Adidas, Nike, Puma, dan Umbro. Itu biasanya untuk di bagian depan baju. Sementara di bagian belakang baju, terdapat nama dan nomor punggung pemain. Di bagian celana biasanya hanya logo tim dan perusahaan pembuat pakaian.

Seragam ini sudah pasti digunakan untuk menunjukkan tim apa yang sedang bertanding. Dalam suatu tim yang sedang bertanding, biasanya terdapat perbedaan warna seragam antara kiper dengan pemain lainnya. Kenapa begitu ? Yap, sudah pasti tujuannya adalah agar kita mudah mengetahui yang mana kiper dan yang mana bukan kiper. Selain pemain, wasit juga memiliki seragam yang tentunya berbeda, beda warna atau model.

Seragam wasit
Source : https://id.aliexpress.com/w/wholesale
-soccer-referee-shirt.html


6. Sepatu, kaos kaki, dan deker

Sepatu sepak bola
Source : http://total-futsal.blogspot.co.id/2011/06/sepatu
-nike-di-final-liga-champion.html

Kayaknya, meskipun gak pake seragam tim sepak bola, kita tetap memakai sepatu. Artinya ini lebih sering digunakan di bandingkan seragam. Sepatu digunakan agar dapat menendang bola tanpa merasakan sakit kaki karena menendang bola yang keras. Juga agar bisa menghasilkan tendangan yang baik.

Sepatu sepak memiliki ciri - ciri adanya pul (semacam gerigi) di bagian bawahnya, dengan jumlah minimal 6 pul. Hal ini dikarenakan medan sepak bola yang berada di rumput asli, sehingga pemain tidak terpeleset ketika berlari karena pul ini membantu kaki dan sepatu berpijak dengan baik di tanah. Sama seperti seragam sepak bola, sepatu ini juga banyak yang berisi logo perusahaan pakaian olahraga seperti Adidas, Nike, Puma, dan Umbro.

Kaos kaki sepak bola
Source : https://www.tokopedia.com/murmershops/kaos-kaki
-sepak-bola-futsal-adidas-murah-kaos-kaki-panjang-murah

Kalo udah pake sepatu, aneh dong kalo nggak pake kaos kaki. Kegunaan kaos kaki sepak bola sama dengan kegunaan kaos kaki sekolah seperti biasa, untuk keamanan dan kenyamanan juga. Tapi kalo dari ukuran, belum tentu sama antara kaos kaki sepak bola dengan kaos kaki sekolah. Kaos kaki sepak bola memiliki ukuran panjang, biasanya sampai ke lutut. Kaos ini juga berfungsi untuk merekatkan deker ketika bermain bola.

Source : https://www.tokopedia.com/belumtersedia/
deker-decker-futsal-sepak-bola-pelindung-kaki

Nah, kalo gambar diatas itu deker, pelindung tulang kering kaki, yang digunakan oleh semua pemain sepak bola saat bermain di lapangan. Teman-teman pasti sudah mengetahui fungsi dari alat ini. Sepak bola tidak terlepas dari yang namanya kekerasan, baik disengaja maupun tidak. Anggota badan yang sering jadi korban adalah kaki. Ya pasti lah, kan yang paling sering bergerak adalah kaki.

Pada kaki, terdapat tulang kering yang jika terkena tendangan kaki pemain lain bisa berakibat sangat fatal. Apalagi saat bermain, antara pemain satu dengan yang lain sering berhadap - hadapan. Maka dari itu, pelindung kaki (deker) ini disertakan dalam sarana pertandingan sepak bola, dan harus digunakan oleh semua pemain sepak bola. Karena digunakan sebagai pelindung tulang, deker dibuat dengan bahan yang keras dan tidak mudah patah.

Karena penting nya alat pelindung kaki ini, perusahaan pakaian olahraga terkenal di dunia pun membuat deker. Bisa dilihat gambar diatas, ada yang dibuat oleh Adidas dan Nike. Untuk ukuran mungkin bisa beragam, tergantung untuk siapa deker tersebut. Bisa untuk orang dewasa, bisa juga untuk anak - anak.

7. Sarung Tangan.


Sarung tangan kiper
Source : https://www.mitre.co.id/sarung-tangan
-kiper-mitre-magnetite-hijau-ungu

Seragam yang berupa baju dan celana, kaos kaki, sepatu, dan deker, adalah sarana untuk semua pemain sepak bola. Sementara untuk sarung tangan sendiri merupakan sarana khusus yang digunakan oleh seorang penjaga gawang. Sarung tangan inilah pembeda antara pemain menyerang dengan penjaga gawang.

Kiper dalam permainan sepak bola menggunakan tangan juga selain kaki, karena tugas utamanya yaitu menjaga agar bola tidak masuk gawang. Kan tidak mungkin melindungi gawang yang besar hanya dengan kaki. 😊 Karena yang lebih sering berhadapan dengan bola adalah tangan, jadi tangan pun harus ada pelindungnya. Sarung tangan inilah yang memiliki peran tersebut. Bola yang keras, belum lagi jika terbentur kaki pemain lain. Huhhh, bisa parah....😊

Fungsi sarung tangan sepak bola adalah untuk melindungi tangan dan memaksimalkan tangkapan bola. Pada umumnya, bagian telapak tangan dari sarung tangan kiper terbuat dari latex. Latex pada dasarnya adalah karet, namun telah diolah melalui proses modern. Selain berguna untuk memberi cengkeraman yang lebih maksimal, sarung tangan kiper modern juga punya fungsi menyerap tenaga bola. Untuk itu, sarung tangan modern disisipkan bantalan dari sebuah bahan bernama kain spacer untuk meredam tenaga bola.

8. Peluit.


Peluit.
Source : http://wing.chez-alice.fr/USAAF/
USAAF_survival.html

Peluit merupakan sarana yang digunakan dalam pertandingan sepak bola, yang berfungsi untuk membantu wasit dalam memimpin jalannya pertandingan. Di dalam pertandingan sepak bola, wasit mengatur pertandingan agar berjalan dengan baik, lancar, tertib, aman, dan terhindar dari ricuh keras. Wasit meniup peluit untuk menunjukkan terjadinya pelanggaran, eksekusi tendangan bebas, tendangan sudut, penalti, pergantian pemain, jeda main karena ada pemain yang cidera cukup keras, dan pertandingan berakhir.

Biasanya wasit meniup peluit satu kali, tapi ketika pertandingan berakhir, baik setengah permainan (satu babak) atau full permainan (dua babak), peluit akan ditiup lebih dari satu kali, untuk memastikan bahwa pertandingan memang sudah berakhir. Dan biasanya wasit juga menggunakan tangan untuk membantu menerangkan waktu yang berakhir itu.

9. Kartu Kuning Dan Merah.

Kartu kuning dan kartu merah
Source : http://www.hasilakhir.com/hlo-kok-ada
-kartu-merah-dan-kartu-kuning/

Selain peluit, wasit juga memiliki sarana pembantu lain, yaitu kartu kuning dan kartu merah. Hahhh, kartu kuning sama kartu merah ?  Kartu untuk apaan sih ? 😕 Kalo kartu yang satu ini merupakan salah satu penunjuk pernyataan yang dibuat wasit untuk pemain sepak bola. Pernyataan yang gimana lagi ?

Ketika bermain sepak bola, pasti akan ada suatu tindakan kekerasan yang dilakukan antar pemain. Kekerasan tersebut sering di katakan sebagai pelanggaran, apalagi sampai membuat pemain lain cidera. Saat melakukan pelanggaran tersebutlah wasit memberikan sebuah peringatan. Peringatan agar tidak melakukan pelanggaran yang sama. 

Lalu dimana fungsi kartu tersebut ? Yap, kartu yang dibawa oleh wasit ada dua, berwarna kuning dan  merah. Saat melakukan pelanggaran keras, pemain sepak bola perlu diberi peringatan dengan MEMBERIKAN KARTU KUNING. Dengan begitu, pemain tersebut harus lebih berhati - hati. Pemain yang mendapatkan kartu kuning belum keluar lapangan dan masih bisa bermain. Namun jika pelanggarannya sudah keterlaluan, wasit bisa langsung MEMBERI KARTU MERAH. Ini artinya pemain tersebut sudah tidak layak main karena kekerasannya, dan ia harus keluar dari lapangan tanpa diganti pemain cadangan. Kartu merah juga didapatkan ketika seorang pemain sepak bola mendapatkan kartu kuning sebanyak dua kali. Dan pemain tersebut pun keluar dari lapangan pertandingan.

Udah tau kan fungsi kedua kartu tersebut ? Ini bukan kartu sembarangan ya ? 😊 Membahas ukuran, kartu ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 6 cm x 12 cm.

10. Papan nomor punggung dan waktu.

Source: https://indonesian.alibaba.com/product-detail
/time-score-display-led-digital-football-scoreboard
-digital-scoreboard-60136054657.html

Kalo yang ini teman - teman ngerti nggak ? Masa nggak sih ? 😊 Wasit dalam pertandingan sepak bola tidak hanya satu, tapi ada juga wasit lainnya, seperti hakim garis. Lalu bagaimana dengan benda ini ? Papan yang saya maksud adalah benda yang juga merupakan pembantu wasit saat pertandingan sepak bola.

Papan ini berfungsi membantu wasit untuk memberitahukan bahwa sedang terjadi pergantian pemain sepak bola. Benda ini akan menunjukkan nomor punggung kedua pemain yang terlibat, yaitu pemain yang memasuki lapangan (pengganti) dan yang keluar dari lapangan (yang diganti), dengan warna merah untuk yang keluar dan warna hijau untuk yang masuk. Selain untuk menunjukkan pergantian pemain, papan ini juga berfungsi menunjukkan waktu tambahan yang diberikan wasit sebelum pertandingan selesai, di babak satu atau dua. Papan akan menunjukkan waktu dalam bentuk angka, berapa menit waktu yang diberikan sang penguasa lapangan.

Papan ini juga dipegang oleh seorang wasit yang tidak bekerja di garis dan ditengah lapangan.

11. Tiang bendera di sudut lapangan sepak bola.

http://www.rebutbola.com/2017/04/29/ini-dia-fungsi
-bendera-di-sudut-lapangan-dalam-sepakbola/

Selanjutnya ada sarana yang berada di lapangan lagi. Saat menonton pertandingan sepak bola, pasti sering atau selalu melihat tiang bendera yang rendah tertancap tepat di sudut lapangan sepak bola. Apa sih maksud dari ditempatkannya benda seperti itu di sudut lapangan ? Ada yang tau nggak fungsinya apa ? Sekedar untuk hiasan atau memiliki fungsi tertentu ?

Tiang bendera ini termasuk sarana penting dan harus ada dalam pertandingan sepak bola, karena berfungsi untuk menunjukkan apakah bola yang keluar lapangan merupakan lemparan ke dalam, tendangan gawang, atau tendangan sudut. Ketika bergerak menuju sudut lapangan, bola akan mengenai tiang ini, dan bergerak ke garis lapangan. Disitulah kita mengetahui apa yang harus dilakukan pemain. Artinya, tiang bendera ini menghalau bola yang bergerak menuju sudut lapangan, dan mengarahkan ke tempat lain.

Ini tentunya berguna untuk tidak membuat semua pihak di lapangan bingung, lantaran harus melakukan apa. Apakah tendangan gawang, tendangan sudut, atau lemparan kedalam. Bayangkan jika tidak ada tiang di sudut lapangan ini, dan bola bergerak tepat melewati titik sudut garis lapangan. Ketika bola mengenai tiang ini dan terpantul masih di area lapangan (tidak keluar), maka bola masih dikatakan hidup (boleh dibawa atau ditendang).

Untuk bendera di tiang tersebut terbuat dari nylon ukuran 35cm x 40cm. Tiangnya sendiri terbuat dari pipa ABS dengan diameter 25 cm. Tinggi tiang dari permukaan tanah adalah 160 cm.

Oke... itulah sarana dan prasarana yang harus ada dalam pertandingan sepak bola. Menurut saya, jika satu pun diantara sarpras diatas yang kurang, akan menyebabkan pertandingan tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, dalam melaksanakan pertandingan, harus mempersiapkan dengan matang semuanya, agar tidak terjadi hambatan yang mengganggu jalannya pertandingan.

Jika menurut teman-teman informasi yang saya berikan masih memiliki kekurangan, silahkan tambahkan melalui kolom komentar. Selamat mengetahui sarana prasarana pertandingan sepak bola, dan selamat bermain juga. Semoga hari-harinya menyenangkan ya....😇 Jangan lupa untuk terus membaca informasi di blog ini. Temukanlah informasi berguna untuk kepentingan kita bersama. 

Didalam membuat postingan ini, saya juga dibantu oleh beberapa situs web, diantaranya:
1. http://infosahabat.com/ukuran-bola-sepak-bola-standar-fifa-internasional/
2. http://prasko17.blogspot.co.id/2012/05/ukuran-lapangan-sepak-bola-dan-ukuran.html
3. http://infosahabat.com/ukuran-gawang-sepak-bola-standar-internasional-fifa/
4. http://infosahabat.com/ukuran-lapangan-sepak-bola-nasional-internasional-fifa-beserta-gambarnya/
5. http://dodolanweb.blogspot.co.id/2013/12/ukuran-lapangan-sepakbola-standar-fifa.html
6. https://www.bola.net/editorial/sepatu-futsal-dan-sepatu-lapangan-itu-beda-lho.html
7. https://sport.detik.com/aboutthegame/gear/d-2193874/evolusi-kiper-dan-sarung-tangan
8. http://tenlibrary.blogspot.co.id/2013/06/sejarah-kartu-kuning-dan-kartu-merah.html
9. http://agenalatolahraga.com/tag/tinggi-tiang-bendera-sudut-sepak-bola/

Posting Komentar

1 Komentar

Gunakan bahasa yang sopan saat berkomentar. Jangan melakukan spam. Komentar anda tidak segera dipublikasikan, melainkan harus menunggu persetujuan terlebih dahulu.

Please comment politely and DO NOT SPAM. Your comment will not be published immediately. It must wait for approval first.