WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengatasi 'The file is too large' Saat Memindahkan Data/File Ke Flashdisk

Selamat datang kembali di trijanuari33.blogspot.com. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara mengatasi tidak bisa memindahkan file ke flashdisk, dengan pesan error yang muncul adalah "The file is too large for the destination file system".

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan saat menggunakan komputer adalah memindahkan data dari komputer ke flashdisk. Namun ada kalanya kita tidak berhasil melakukan pemindahan data dari komputer ke flashdisk. Ada banyak hal yang menyebabkan pemindahan data tersebut tidak berhasil dilakukan. Kemudian ada banyak juga notifikasi atau pesan error yang menunjukkan bahwa kita tidak bisa memindahkan data tersebut ke flashdisk.


Salah satu notifikasi atau pesan error yang muncul adalah "The file is too large for the destination file system". Notifikasi atau pesan tersebut memiliki arti bahwa kapasitas data yang akan dipindahkan terlalu besar untuk kapasitas flashdisk-nya (kapasitas data lebih besar dari kapasitas flashdisk), sehingga flashdisk tersebut tidak mampu menampung datanya.

Namun bagaimana jika notifikasi tersebut tetap muncul meskipun kapasitas flashdisk-nya lebih besar dari kapasitas datanya? Tentu hal ini membuat kita menjadi bingung. Kita sudah mengecek dengan baik, bahwa kapasitas flashdisk-nya masih lebih besar dari kapasitas datanya. Bahkan kita sudah memformat flashdisk-nya agar penyimpanannya benar-benar kosong. Namun pesan error yang sama masih tetap muncul dan datanya tidak bisa dipindahkan ke flashdisk.

Permasalahan ini pernah juga saya alami ketika ingin memindahkan data ke flashdisk. Saat itu saya memiliki flashdisk berkapasitas 14,6 GB. Dan flashdisk tersebut sudah saya format agar penyimpanannya benar-benar kosong.



Kemudian saya mencoba untuk memindahkan data berkapasitas 7,94 GB (bisa juga dikatakan 8GB) ke flashdisk tersebut. Data tersebut adalah aplikasi Adobe Design CS6.


Namun saya tidak berhasil memindahkan data tersebut ke flashdisk-nya. Dan muncullah notifikasi "The file is too large for the destination file system" pada layar komputer yang saya gunakan.


Saya pun menjadi bingung dan kesal 😄. Sudah jelas-jelas kapasitas flashdisk-nya lebih besar dari kapasitas datanya, tapi malah dibilang sebaliknya....

Lalu saya pun mencari bantuan di beberapa situs di internet. Syukurlah saya berhasil menyelesaikan permasalahan ini berkat bantuan dari internet. Dan sekarang, giliran saya yang berbagi cara penyelesaian masalahnya kepada teman-teman.

Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab dari munculnya pesan error "The file is too large for the destination file system" saat memindahkan data/file dari komputer ke flashdisk? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Jadi, penyebab dari munculnya pesan error tersebut terletak pada format flashdisk yang digunakan, dimana format flashdisk tersebut adalah FAT32. Bisa kita lihat pada gambar dibawah.


Dan untuk mengatasi permasalahan ini, kita harus mengganti atau mengubah format flashdisknya menjadi NTFS.

Lalu, bagaimana cara mengganti atau mengubah format flashdisk dari FAT32 menjadi NTFS?

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini. Mudah kok....😉

Klik kanan pada flashdisknya, lalu pilih Format.


Kemudian pada menu File system, pilih NTFS.


Setelah memilih NTFS, kita pilih Start untuk memulai pergantian format flashdisk.


Selanjutnya muncul notifikasi "WARNING: Formatting will erase ALL data on this disk". Disini kita pilih OK untuk melanjutkan proses pergantian format flashdisk.


Dan proses mem-format flashdisk pun berjalan. Silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.


Ketika jendela "Format Complete" sudah muncul, itu berarti proses mem-format atau mengganti format flashdisk sudah selesai. Kita pilih OK.


Setelah proses mem-format flashdisk selesai, kita cek lagi format flashdisknya, apakah sudah menjadi NTFS atau belum. Cara melihat format flashdisknya adalah dengan mengklik kanan pada flashdisk, lalu pilih Properties.


Disini kita bisa melihat bahwa format flashdisknya sudah berubah menjadi NTFS.


Nah teman-teman, kita sudah selesai mengganti atau mengubah format flashdisknya dari FAT32 menjadi NTFS. Sekarang kita coba untuk memindahkan data/file yang sebelumnya tidak bisa kita pindahkan. Sebagai contoh saya akan memindahkan ulang aplikasi Adobe Design CS6 yang saya tunjukkan tadi.

Dan kita pun berhasil untuk memindahkan datanya.


Kita juga bisa melihat kapasitas yang terpakai dan kapasitas yang tersisa pada flashdisk. Disini terlihat bahwa kapasitas yang terpakai adalah 7,98 GB, sesuai dengan kapasitas dari data yang dipindahkan. Dan kapasitas yang tersisa adalah 6,72 GB (dari 14,6 GB).


Ini menunjukkan bahwa kita sudah berhasil untuk memindahkan data yang sebelumnya tidak bisa dipindahkan. Artinya kita sudah berhasil menyelesaikan masalah "The file is too large for the destination file system" pada flashdisk.

Bagaimana teman-teman?? apakah cara penyelesaian masalahnya sudah bisa dipahami? Cukup mudah, bukan? 😊. Kita hanya perlu mengganti atau mengubah format flashdisknya dari FAT32 menjadi NTFS untuk menyelesaikan permasalahan ini. Dan flashdisk kita pun bisa kembali diisi dengan data yang kita inginkan.

Jadi itulah informasi yang bisa saya berikan pada kesempatan kali ini. Semoga cara yang saya berikan ini berhasil membantu teman-teman di dalam menyelesaikan permasalahan yang sama. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan di dalam penyampaian saya. Kemudian jika masih ada yang kurang dipahami terkait permasalahan ini, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Sekian dari saya, sampai jumpa di lain kesempatan...

Posting Komentar

0 Komentar