WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Mengatasi Mode Headset Atau Mode Earphone Pada HP Android (Volume Media Berwarna Orange)

Selamat datang kembali di Blogspot Tri Januariawan. Sudah lama nih saya tidak membuat postingan, hehe :D. Mohon permaklumannya, teman-teman :). Karena saya juga punya kegiatan lain yang lebih penting daripada menulis di blog. Namun bukan berarti saya membiarkan blog saya begitu saja tanpa ada pembaruan informasi. Saya tetap memikirkan informasi apa yang akan saya bagikan selanjutnya melalui blog ini. Hanya saja, saya memang membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk bisa menuliskan informasi baru tersebut. Semoga saja teman-teman masih setia dengan trijanuari33.blogspot.com.


Oke, sudah cukup curhatnya... Sekarang kita fokus ke pembahasan. Pada kesempatan ini saya membahas seputar HP Android, tentang cara penyelesaian suatu masalah atau kerusakan (error) yang terjadi pada HP Android.

Pembahasan saya kali ini adalah tentang cara mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android, yang ditandai dengan ikon volume media berwarna orange (jingga), dimana kondisi tersebut membuat HP Android kita tidak mengeluarkan suara ketika memainkan media-media seperti pemutar musik offline, game, dan media sosial (Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp, Twitter).

Kerusakan atau error seperti ini pernah terjadi pada HP Android saya sendiri. Namun jika ditanya apa penyebab dari kerusakan ini, saya juga kurang mengetahui penyebabnya. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan munculnya mode headset pada HP Android.

Namun jika melihat apa yang terjadi pada HP Android milik saya, kemungkinan mode earphone tersebut muncul disebabkan oleh adanya kesalahan atau error pada sistem operasi Android nya. Tapi error pada sistem operasinya bukan error yang parah, ya teman-teman... :). Hanya error kecil kok :D

Apakah diantara kalian ada yang mengalami permasalahan yang sama? Apakah HP Android kalian berada pada mode headset atau mode earphone? Ketika ingin memutar musik secara offline, bermain game, atau bermain media sosial, namun media-media tersebut tidak mengeluarkan suara sama sekali. Dan ketika kita mengatur volume media, ikon volume media tersebut berwarna orange (jingga).

Jika teman-teman ada mengalaminya namun belum mengetahui cara mengatasinya, kalian tidak perlu khawatir. Karena sekarang saya akan memberikan solusinya.

Oh iya teman-teman, merk HP Android saya yang mengalami kerusakan ini adalah HP merk Samsung Galaxy A04. Jadi, penyelesaian masalahnya terjadi pada HP tersebut. Namun metode ini tentu berlaku untuk semua merk HP Android. Jadi, apa pun merk HP Android kalian, cara yang saya berikan ini tetap bisa berhasil.

Baiklah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, bahwa kemungkinan munculnya mode headset atau mode earphone tersebut disebabkan oleh adanya kesalahan (error) kecil pada sistem operasi Android, maka untuk mengatasi permasalahan ini, yang harus kita lakukan adalah membuat agar sistem operasi Android nya kembali berjalan dengan normal.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat sistem operasi Android nya kembali berjalan dengan normal?

Pertanyaan diatas sudah pasti sama dengan pertanyaan "bagaimana cara mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android?"

Maka dari itu, sekarang saya akan memberikan jawaban atas kedua pertanyaan yang tersebut.

"Cara untuk mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android" atau "Cara untuk membuat sistem operasi Android kembali berjalan dengan normal" adalah sebagai berikut.

1. Matikan atau nonaktifkan HP Android selama 1 atau 2 menit, lalu hidupkan atau aktifkan kembali.

Cara untuk mematikan atau menonaktifkan HP Android adalah dengan menekan dan menahan tombol power yang berada di bagian samping HP, setelah itu pilih Daya Mati atau Power Off. Ingat untuk memilih Daya Mati (Power Off), jangan memilih pilihan Mulai Lagi atau Restart, karena kita akan mematikan atau menonaktifkan HP Android nya selama 1 atau 2 menit. Kemudian setelah handphone nya mati atau nonaktif selama 1 atau 2 menit, kita hidupkan kembali HP Android tersebut dengan cara menekan dan menahan tombol power.

Tombol power pada HP Android



Selanjutnya tinggal kita cek, apakah mode headset pada handphone kita sudah tidak aktif lagi (sudah menghilang), atau mode earphone nya masih aktif (belum menghilang).
Cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

a. Memutar atau memainkan media-media seperti musik, video, game, atau media sosial. Jika media-media tersebut sudah mengeluarkan suara, berarti mode headset-nya sudah tidak aktif lagi. Namun jika tidak mengeluarkan suara, berarti mode earphone-nya masih aktif. 

b. Menekan tombol volume secara naik atau turun. Jika ikon volume media-nya masih berwarna orange, berarti mode headset-nya masih aktif. Namun jika ikon volume media-nya sudah berwarna biru (warna normal), berarti mode earphone-nya sudah tidak aktif.

2. Matikan atau nonaktifkan HP Android, lepas semua kartu SIM dan kartu memori, lalu pasang kembali semua kartu tersebut.

Jika cara pertama sudah dilakukan namun mode headset atau mode earphone masih aktif, kita bisa melakukan cara yang kedua. Dan cara yang kedua adalah mematikan atau menonaktifkan HP Android kita (pilih pilihan Daya Mati atau Power Off), kemudian kita lepas semua kartu SIM dan kartu memori pada handphone, lalu kita pasang kembali semua kartu tersebut. Setelah semua kartu terpasang kembali, kita hidupkan atau aktifkan kembali HP Android kita.

Melepas kartu SIM dan kartu memori
pada HP Android

Memasang kembali kartu SIM
dan kartu memori pada HP Android

Selanjutnya tinggal kita cek lagi, apakah mode headset atau mode earphone nya masih aktif (belum menghilang) atau sudah tidak aktif lagi (sudah menghilang). Cara mengeceknya sama seperti yang sudah saya jelaskan pada langkah 1 (langkah pertama).

Jadi itulah dua cara untuk mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android. Kedua cara tersebut saya berikan berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika HP Android saya dengan merk Samsung Galaxy A04 mengalami mode headset atau mode earphone.

Semoga kedua cara yang sudah saya berikan tadi bisa membantu kalian di dalam mengatasi permasalahan yang sama. Namun jika kedua cara diatas belum bisa menghilangkan mode headset atau mode earphone pada HP Android teman-teman, kalian bisa bertanya lebih lanjut melalui kolom komentar. Semoga saya juga bisa membantu kalian lebih lanjut.

Oke teman-teman, sekian dulu pembahasan dari saya mengenai cara mengatasi mode headset atau mode earphone pada HP Android. Terima kasih karena telah membaca informasi ini. Mohon maaf jika ada kesalahan di dalam penyampaian saya.

Tetaplah berkunjung ke situs web ini, karena akan selalu ada pembahasan yang menarik dan tentunya berguna untuk kita semua. Sampai jumpa...

Posting Komentar

0 Komentar