WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

Cara Menghilangkan Green Screen Dan Blue Screen Di Kinemaster

Halo teman-teman semua. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga masih dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang aktivitas mengedit video. Dan aktivitas editing video tersebut adalah menghilangkan green screen dan blue screen pada aplikasi editing video. Lalu aplikasi apa yang akan menjadi pembahasan? Yap, aplikasi yang saya bahas kali ini adalah aplikasi Kinemaster.


Kinemaster adalah salah satu aplikasi editing video untuk platform Android. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi editing video Android yang paling banyak digunakan. Ini karena Kinemaster memiliki fitur yang sangat lengkap, serta memiliki antarmuka atau interface yang sederhana, sehingga memudahkan para pengguna di dalam mengedit video. Salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Kinemaster tentu adalah fitur menghilangkan green screen dan blue screen.

Video green screen dan blue screen adalah video yang memiliki latar belakang warna hijau dan biru. Namun warna latar belakang tersebut ternyata bisa dihilangkan, dan digantikan dengan latar belakang lain. Penggantinya bisa berupa gambar maupun video.

Dan aktivitas mengedit, menghilangkan, atau mengganti green screen dan blue screen sudah sering dilakukan oleh para video editor. Tentu salah satu tujuannya adalah agar video yang mereka buat terlihat semakin keren.

Baiklah teman-teman, sekarang saya akan membahas tentang cara menghilangkan green screen dan blue screen di aplikasi Kinemaster. Dan langsung saja kita ke pembahasan.

Pertama tentu kita harus membuka aplikasi Kinemaster nya.

Lalu kita buat video atau project baru dengan cara memilih tanda +.


Untuk Aspek Rasio nya ada 3 pilihan, yaitu pilihan 16:9 (landscape atau memanjang secara horizontal), 9:16 (potrait atau memanjang secara vertikal), dan 1:1 (persegi). Silakan teman-teman pilih Aspek Rasio yang diinginkan. Misalnya disini saya memilih Aspek Rasio 16:9.


Maka kita pun berada di tampilan pengeditan video Kinemaster.

Setelah berada di Kinemaster, yang harus kita lakukan sekarang adalah menambahkan sebuah video utama. Namun video tersebut bukanlah video green screen atau blue screen-nya. Cara untuk menambahkan video pertama pada Kinemaster adalah dengan memilih menu Media.


Kemudian kita cari folder tempat video yang akan ditambahkan. Misalnya disini video yang akan saya tambahkan berada pada folder Download.


Setelah menemukan videonya, klik pada video tersebut untuk menambahkannya ke Kinemaster.


Jika videonya sudah berada di Kinemaster, kita pilih tanda centang yang berada di sebelah kanan atas.


Setelah video utama tersebut berada di Kinemaster, barulah sekarang kita tambahkan video green screen atau blue screen-nya. Namun sebelum menambahkan video green screen, kita tentukan terlebih dahulu titik kemunculan video green screen-nya. Artinya pada detik atau menit ke berapa video tersebut akan muncul. Caranya adalah dengan meletakkan garis penanda pada detik atau menit yang diinginkan. Misalnya disini saya meletakkan garis penandanya pada detik 19. Setelah selesai menentukan detik atau menit kemunculan video green screen, sekarang tinggal kita tambahkan videonya. Caranya adalah dengan memilih menu Lapisan.


Kemudian kita pilih menu Media.


Lalu kita cari lagi folder tempat video green screen-nya berada. Misalnya disini foldernya adalah folder Download.


Setelah menemukan video green screen-nya, tinggal kita klik video tersebut untuk menambahkannya ke Kinemaster.


Ketika video green screen-nya sudah berada di Kinemaster, maka tampilannya menjadi seperti pada gambar dibawah.


Video green screen yang saya miliki disini adalah video template tekan tombol subscribe youtube.


Setelah menambahkan video green screen, sekarang kita putar videonya selama beberapa detik. Hal ini bertujuan untuk menemukan titik kemunculan video template tekan tombol subscribe-nya. Setelah menemukan titik kemunculan tersebut, kita jeda atau hentikan videonya. Maka video template tekan tombol subscribe-nya pun terlihat.


Kemudian kita bisa mengatur ukuran dari video template tombol subscribe tersebut sesuai keinginan kita, apakah kita ingin memperbesar atau memperkecil ukurannya. Untuk mengatur ukuran tersebut, caranya adalah dengan menggeser tanda panah lurus yang berada di sudut bawah video green screen. Misalnya disini saya memperkecil ukuran video template tombol subscribe-nya.


Selain mengatur ukuran video green screen template tombol subscribe-nya, kita juga bisa mengatur posisi dari video tersebut. Caranya adalah dengan menekan dan menahan video green screen tersebut, lalu geser ke posisi atau tempat yang diinginkan. Misalnya disini saya meletakkan video green screen template tombol subscribe-nya di sebelah kiri bawah.



Setelah kita mengatur ukuran dan posisi dari video green screen template tombol subscribe-nya, sekarang saatnya kita menghilangkan green screen atau bagian hijau) dari video template tersebut.

Untuk menghilangkan green screen di aplikasi Kinemaster, yang pertama adalah, perhatikan beberapa menu yang ada di sebelah kanan aplikasi. Kita scroll ke bawah pada menu-menu tersebut, atau bisa juga dengan menggesernya ke atas.


Setelah men-scroll ke bawah atau menggeser menu ke atas, kita cari dan pilih menu Kunci Kroma atau Chroma Key.


Kemudian kita aktifkan Kunci Kroma atau Chroma Key-nya dengan cara mengklik atau menggeser ke kanan tanda lingkaran yang berada di sebelah kanan bacaan "Aktifkan".


Jika kita sudah mengaktifkan Kunci Kroma-nya, maka tanda lingkaran tadi akan berubah warna menjadi warna merah. Dan lihatlah hasilnya, green screen atau bagian hijau pada video template-nya menghilang.


Kemudian, setelah kita menghilangkan green screen-nya, perhatikan sejenak video template tombol subscribe-nya. Disini template tombol subscribe tersebut masih terlihat sedikit buram. Sekarang kita atur agar video template tersebut menjadi terlihat lebih jelas, dengan cara menaikkan nilai opasitas atau nilai transparansi-nya. Pada menu Kunci Kroma (Chroma Key), menu untuk mengatur transparansi berada di bagian bawah pilihan Aktifkan.


Jika teman-teman sudah menemukan menu pengaturan transparansi-nya, coba lihat berapa nilai dari menu tersebut. Sebagai contoh, disini nilai opasitas atau nilai transparansi-nya adalah 28%. Karena kita ingin memperjelas video template subscribe-nya, maka kita naikkan nilai transparansi-nya. Misalnya disini saya menaikkan nilainya menjadi 40%. Cara untuk menaikkan nilai transparansi-nya adalah dengan menggeser tanda lingkaran persentase-nya ke kiri. Teman-teman bisa melihat gambar yang saya berikan agar lebih memahami.


Setelah kita menaikkan nilai opasitas-nya, maka video template subscribe-nya pun menjadi lebih terang.

Selanjutnya tinggal kita klik tanda centang yang berada di sebelah kanan atas.


Dan kita pun sudah berhasil untuk menghilangkan green screen di aplikasi Kinemaster.

Sekarang kita menuju ke pembahasan cara menghilangkan blue screen-nya. Sebenarnya cara untuk menghilangkan blue screen-nya sama saja dengan cara menghilangkan green screen. Jadi teman-teman bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah saya berikan. Namun disini saya akan tetap memberikan sedikit penjelasan, meskipun penjelasannya singkat.

Dan seperti pada langkah sebelumnya, video blue screen yang saya gunakan adalah video template tekan tombol subscribe youtube.

Jadi seperti pada bagian green screen, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan titik kemunculan video blue screen-nya. Artinya pada detik atau menit ke berapa video tersebut akan muncul. Caranya adalah dengan meletakkan garis penanda pada detik atau menit yang diinginkan. Misalnya disini saya meletakkan garis penandanya pada detik 46.


Setelah selesai menentukan detik atau menit kemunculan video blue screen, sekarang tinggal kita tambahkan videonya. Caranya adalah dengan memilih menu Lapisan.


Kemudian kita pilih menu Media.


Cari folder tempat video blue screen-nya berada.


Klik video tersebut untuk menambahkannya ke Kinemaster.


Ketika video blue screen-nya sudah berada di Kinemaster, maka tampilannya menjadi seperti pada gambar dibawah.


Kemudian silahkan atur ukuran video blue screen-nya sesuai keinginan.


Lalu atur posisi dari video blue screen tersebut, misalnya disini saya meletakkan video blue screen-nya di sebelah kiri bawah.



Cari dan pilih menu Kunci Kroma atau Chroma Key.



Aktifkan Kunci Kroma atau Chroma Key-nya dengan cara mengklik atau menggeser ke kanan tanda lingkaran yang berada di sebelah kanan bacaan "Aktifkan".


Naikkan nilai opasitas atau nilai transparansi video dengan cara menggeser tanda lingkaran persentase-nya ke kiri. Misalnya disini saya menaikkan nilainya menjadi 50%.


Pilih tanda centang yang berada di sebelah kanan atas.


Dan kita pun berhasil untuk menghilangkan blue screen di aplikasi Kinemaster.

Baiklah teman-teman, itulah informasi tentang cara menghilangkan green screen dan blue screen di aplikasi Kinemaster. Bagaimana?? Apakah kalian merasa bahwa teknik ini sulit? Sebenarnya ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Kalian hanya perlu melihat dengan baik langkah-langkah yang sudah saya berikan. 

Oke teman-teman, sekian dulu pembahasan saya. Semoga informasi ini bisa membantu kalian untuk melakukan teknik editing yang sama, yaitu teknik menghilangkan green screen dan blue screen di aplikasi Kinemaster. 

Terima kasih karena telah membaca informasi ini. Mohon maaf jika ada kekurangan di dalam penyampaian saya. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Selamat melakukan editing video, dan sampai jumpa...

Tutorial ini juga tersedia dalam bentuk video. Dan dibawah ini adalah videonya.

Posting Komentar

0 Komentar