WELCOME TO MY BLOG HOPE YOU'RE INSPIRED AND MOTIVATED

10 Lagu Terbaik Avenged Sevenfold Sepanjang Masa

Sebelumnya pembahasan musik saya adalah tentang 10 lagu terbaik milik band Metal Rock bernama Linkin Park. Kali ini saya memposting 10 lagu dari band berbeda, namun masih satu aliran (Metalcore dan Hard Rock), yaitu Avenged Sevenfold. Avenged Sevenfold sendiri merupakan sebuah band yang beranggotakan 5 orang, diantaranya Matt Shadows (vokalis), Synyster Gates (gitaris), Zacky Vengeance (gitar rhytm), Johnny Christ (basis), dan Brooks Wackerman (drummer). Dibentuk pada tahun 1999, band ini sebelumnya sudah beberapa kali berganti personil, yaitu pada drummer. Pada awal berdiri, James Owen Sullivan (dikenal dengan nama The Rev) menjadi drummer hingga pada saat band memiliki 4 album studio. Kemudian digantikan oleh Mike Portnoy pada album studio kelima, lalu berganti lagi menjadi Arin Ilejay pada album ke 6, dan terakhir adalah Brooks Wackerman. Begitu juga dengan basis, pertama adalah Matt Wendt, lalu digantikan oleh Justin Sane, diganti lagi oleh Daemon Ash (di album yang sama). Dan akhirnya masuk Johnny Christ sebagai pengganti basis, ketika band merilis album kedua, Waking The Fallen.

Source : https://www.pinterest.com/amyisarocker/bands-
like-avenged-sevenfold/

Hingga saat ini (tahun 2018), band yang memiliki panggilan A7x ini telah memiliki banyak album, diantaranya 7 album studio, yaitu Sounding The Seventh Trumpet, Waking The Fallen, City Of Evil, Avenged Sevenfold, Nightmare, Hail To The King, dan The Stage. Mungkin dari kita ada yang mengetahui bahwa Avenged Sevenfold sebenarnya melakukan perubahan - perubahan permainan lagu mulai dari album studio pertama mereka. Awalnya band ini bergenre Metalcore yaitu pada album Sounding The Seventh Trumpet dan Waking The Fallen. Kemudian berubah menjadi Hard Rock dan Heavy Metal yang lebih sederhana di album City Of Evil. Lalu mereka memainkan Hard Rock sepenuhnya di album Avenged Sevenfold hingga Hail To The King. Dan di album The Stage, band memainkan genre Progressive Metal. Tidak hanya itu, disetiap albumnya mereka juga melakukan eksperimen - eksperimen lain yang sempat menimbulkan pro-kontra, namun eksperimen itu pada akhirnya tetap diterima positif oleh masyarakat luas dan menunjukkan bahwa Avenged Sevenfold merupakan band Metal yang cerdas.

Dan selama perjalanannya itu, telah banyak singel - singel milik A7x yang menjadi lagu favorit para pecinta musik Metal, yang dikarenakan genrenya yang cadas namun enak didengar, memiliki alunan musik yang mudah untuk diingat, vokal dan instrumen yang khas, serta lirik - liriknya yang tajam dan penuh makna. Album terbarunya saat ini, The Stage, dirilis pada tahun 2017, M. Shadows dan kawan - kawan membuat 11 lagu untuk album. Kemunculan album ini juga sudah menghasilkan singel - singel terkenal, seperti The Stage, God Damn, Creating God, Angels, dan Roman Sky. Namun jika kita melihat secara keseluruhan album, yang menjadi singel terbaik band adalah dari album - album mereka sebelumnya, yang dalam pengamatan saya, kesuksesan sejati Avenged Sevenfold adalah pada album City Of Evil (album studio ketiga) hingga Hail To The King (album studio keenam). Sampai sekarang singel - singel di album tersebut masih menjadi favorit masyarakat jika membahas tentang A7x.

Maka pada postingan ini saya telah merangkum semua album band, dan menyatakan 10 lagu terbaik mereka sepanjang masa. Kembali saya menyerahkan kepada teman - teman yang memiliki pendapat berbeda mengenai postingan ini, karena tentu tidak sepenuhnya daftar yang saya buat tepat. Mana yang merupakan lagu terbaik band ditentukan oleh masyarakat sendiri, karena merekalah penikmat musiknya dan sekaligus menjadi penilai. Intinya daftar ini adalah menurut pandangan saya sendiri. Jika teman - teman memiliki pendapat berbeda, silahkan saja, itu adalah hak semua orang untuk berpendapat. Baik, setelah berlama - lama opening, saatnya kita melihat daftar 10 lagu Avenged Sevenfold terbaik sepanjang masa.

10. Beast And The Harlot.


Daftar dimulai dari lagu berjudul Beast And The Harlot, yang merupakan singel ketiga di album studio ketiga Avenged Sevenfold, City Of Evil. Album ketiga tersebut merupakan transformasi Avenged Sevenfold dari genre Metalcore ke genre Heavy Metal dan Hard Rock. Salah satu bukti perubahan genre tersebut terdapat pada lagu ini. Permainannya sangat enerjik. Ditunjukkan oleh permainan drum dari James Owen Sullivan yang begitu menghentak dan cukup cepat. Juga dari permainan gitar melodi yang tidak kalah cepat, baik dari permainan solo dari Sysnyster Gates maupun kolaborasinya bersama Zacky Vengeance. Matt Shadows juga berteriak di awal-awal lagu. Beast And The Harlot dirilis pada tanggal 6 Maret 2006. Lagu ini meraih posisi 1 di UK Rock Chart pada tanggal 12 Maret 2006. Kemudian meraih posisi 19 di US Billboard Mainstream Rock Tracks, dan posisi 44 di UK Singles Chart. Selain itu, Beast And The Harlot meraih penghargaan Best Scream dan Song Of The Year pada Guitar Hero: Smash Hits Awards 2009. Video klipnya menampilkan Avenged Sevenfold yang sedang bermain musik di suatu tempat dan dikelilingi oleh banyak orang. Suasana video tersebut seperti suasana orang-orang yang sedang berpesta. Juga diperlihatkan beberapa personil band bersama seorang wanita sedang mencari orang-orang untuk dijadikan korban dengan cara membuat anggota tubuh mereka menjadi hitam.

9. Hail To The King.


Selanjutnya ada lagu berjudul Hail To The King, yang merupakan singel pertama di album studio keenam band yang juga bernama Hail To The King. Ini merupakan lagu pertama Avenged Sevenfold bersama drummer mereka yang bernama Arin Ilejay. Lagu ini dirilis pada tanggal 15 Juli 2013. Setelah perilisannya, Hail To The King meraih posisi 1 di US Billboard Mainstream Rock Tracks, posisi 4 pada UK Rock And Metal, dan posisi 7 pada US Billboard Rock Airplay. Juga meraih posisi 83 pada US Billboard Hot 100. Selain itu, lagu ini meraih penghargaan Best Rock Song pada Loudwire Music Awards 2013. Dari alunan musik, Hail To The King termasuk lagu yang bertempo slow-medium. Bisa didengarkan dari permainan drumnya. Intro dari lagu ini adalah permainan melodi dari Synsyter Gates. Melodi gitar tersebut cukup mewarnai lagu ini, karena ikut dimainkan pada Pre-Chorus hingga Chorus. Disini tidak ada kolaborasi permainan melodi gitar. Vokal Matt Shadows juga lebih halus di lagu ini. Meski dengan alunan yang halus, Hail To The King tetap menggambarkan gaya musik Heavy Metal dan Hard Rock, tepatnya Heavy Metal dan Hard Rock yang sederhana. Video klipnya menampilkan para anggota band yang bermain musik di sebuah tempat, dengan warna video yaitu hitam putih. Juga terlihat beberapa orang dengan membawa mahkota, kapak, dan bendera. Ada juga seseorang yang sedang menunggangi kuda.

8. A Little Piece Of Heaven.


Sekarang kita beralih ke album studio keempat band (album self-titled), Avenged Sevenfold. Dan lagu dari album tersebut yang masuk daftar adalah lagu berjudul A Little Piece Of Heaven. Lagu ini dikenal dengan gaya musiknya seperti musik orkhestra, karena menambahkan instrumen-instrumen seperti terompet, trombone, klarinet, saksofon biola, dan cello. Kemudian dikenal dengan durasinya yang cukup panjang, yaitu 08:02 menit. Disini tidak terdengar permainan gitar. Instrumen lain yang terdengar adalah piano/keyboard. Unsur Rock pada lagu ini hanya ditunjukkan melalui permainan drumnya. Nada di lagu ini juga dimainkan dengan gaya agak seram. Bisa dibilang gaya musiknya adalah Symphonic Rock. Unik deh pokoknya. A Little Piece Of Heaven bercerita tentang seorang pria yang sangat mencintai seorang wanita, dan karena rasa cintanya yang tinggi, ia merasa marah karena si wanita menolak lamarannya. Ia pun membunuh wanita tersebut. Kemudian roh wanita tersebut bangkit dan kembali membunuh si pria. Akhirnya cinta mereka bersatu di akhirat. Di video klipnya juga kita bisa melihat kisah tersebut. Video yang dibuat dalam bentuk animasi ini benar-benar menjelaskan isi dan alur dari liriknya. Lagu yang kreatif menurut saya, baik dari gaya musiknya, lirik, maupun video klipnya. Meski durasinya panjang, lagu ini tidak membosankan. Tetap terdengar mengasikan, karena aransemennya yang luar biasa.

7. Almost Easy.


Masih berada di album Avenged Sevenfold. Lagu berikutnya yang masuk daftar adalah lagu berjudul Almost Easy. Ini merupakan singel kedua di album tersebut, yang dirilis pada tanggal 18 September 2007. Sebuah lagu yang cadas, dengan gaya musik Hard Rock yang sangat sempurna, dan bercampur dengan Heavy Metal. Kekompakan semua anggota Avenged Sevenfold benar-benar terlihat di lagu ini. Semuanya bermain enerjik, namun seperti membagi porsi agar sama rata, sehingga tidak ada yang mendominasi. Keren banget dah... Matt Shadows bernyanyi dengan vokal yang berat, namun tidak scream. Lalu untuk permainan melodi gitar, hanya Synyster Gates yang beraksi. Gebukan drum The Rev juga tidak kalah keren. Almost Easy meraih posisi 1 di UK Rock Chart, posisi 3 di US Billboard Mainstream Rock Tracks, dan posisi 67 di UK Singles Chart. Juga meraih posisi 6 di Modern Rock Tracks dan US Bubbling Under Hot 100. Lagu ini bercerita tentang penyesalan seseorang akibat kebodohannya yang membuat orang-orang yang dicintainya pergi. Lalu ia meminta agar mereka kembali kepadanya. Video klipnya menampilkan para anggota band yang bermain musik di suatu tempat yang gersang. Juga diperlihatkan segerombolan orang yang berjalan perlahan menuju lobang yang besar dan melompat ke dalam lobang tersebut. Video tersebut menggunakan efek api yang cukup banyak, sehingga para personil terlihat seperti sedang bermain musik di sekeliling api.

6. Bat Country.


Kembali ke album City Of Evil. Di peringkat 6 ada lagu berjudul Bat Country, yang merupakan singel kedua di album studio ketiga tersebut. Disinilah awal kesuksesan Avenged Sevenfold dalam transformasi mereka dari band Metalcore menjadi band Heavy Metal dan Hard Rock. Bat Country dirilis pada tanggal 9 Agustus 2005. Setelah dirilis, lagu ini meraih posisi 2 di US Billboard Hot Mainstream Rock Tracks dan posisi 6 di US Billboard Hot Modern Rock Tracks. Juga meraih posisi 60 di US Billboard Hot 100. Selain itu, Avenged Sevenfold meraih penghargaan Best New Artist melalui lagu Bat Country, pada MTV Video Music Awards 2006. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 2009, lagu ini meraih sertifikat Gold dari RIAA berkat penjualannya yang mencapai lebih dari 500.000 kopi. Gaya musiknya sama enerjik dengan Beast And The Harlot. Matt Shadows juga berteriak di awal-awal lagu. Synyster Gates memperdengarkan permainan melodi yang sangat lincah, baik dari permainan solo maupun kolaborasinya bersama Zacky Vengeance. Sang drummer juga bermain dengan gebukan yang bervariasi. Video klipnya memperlihatkan para anggota band yang bermain musik di sebuah kamar, dan disana ada beberapa orang wanita yang ikut menikmati lagu. Di awal-awal video, terlihat Jimmy The Rev dkk mengendarai mobil, dan ada segerombolan kelelawar di atas mereka. Selain itu diperlihatkan juga beberapa orang lainnya.

5. Nightmare.


Tiba di peringkat 5. Disini ada lagu berjudul Nightmare, yang merupakan singel pertama dari album studio kelima Avenged Sevenfold, yang juga bertajuk Nightmare. Ini adalah lagu pertama band tanpa kehadiran James Owen Sullivan (drummer), karena meninggal akibat overdosis obat terlarang (narkoba). Posisi drum pun digantikan oleh Mike Portnoy (mantan drummer Dream Theater). Gaya musik yang dimainkan masih keras seperti lagu-lagu pada album sebelumnya, yaitu memainkan genre Heavy Metal dan Hard Rock. Lagu ini dirilis pada tanggal 18 Mei 2010. Nightmare meraih posisi 2 pada UK Rock Chart dan US Billboard Hot Mainstream Rock Tracks, posisi 3 di US Billboard Rock Songs, dan posisi 12 di US Billboard Alternative Songs. Juga meraih posisi 51 di US Billboard Hot 100 dan posisi 65 pada UK Singles Chart. Nightmare juga mendapatkan sertifikat Gold dari RIAA. Intro dari lagu ini adalah permainan keyboard dengan nada yang cukup seram. Beberapa saat kemudian gitar dan drum menyambung lagu secara bersamaan. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang mengalami mimpi buruk. Karena ia terlalu memikirkan mimpi buruk tersebut dan merasa begitu takut, mimpi itu pun seolah menjadi kenyataan. Video klipnya menampilkan sang vokalis yang berbaring di tempat tidur pasien dan dibawa oleh beberapa petugas medis. Disisi lain diperlihatkan keempat anggota band yang bernyanyi dan bermain alat musik masing-masing.

4. Seize The Day.


Satu lagi lagu dari album ketiga A7x City Of Evil, yang masuk dalam daftar lagu terbaik, adalah Seize The Day. Ini merupakan singel keempat dan dijadikan sebagai singel promosi untuk album tersebut. Lagu ini dirilis pada tanggal 7 Juli 2006. Setelah dirilis, Seize The Day meraih posisi 17 di US Billboard Mainstream Rock Tracks. Lagu ini dikenal dengan genrenya yang diusung yaitu Rock bercampur Balada. Namun ini tidak sepenuhnya merupakan lagu yang lembut, karena unsur Hard-Rocknya masih sedikit terasa. Bisa dikatakan lagu ini adalah lagu yang bertempo sedang. Pada intro lagu ini kita langsung disambut oleh suara sang vokalis, yang diiringi oleh gesekan gitar akustik. Permainan drum di lagu ini termasuk santai. Melodi gitarnya juga tidak cepat, namun tetap terdengar indah dan menghanyutkan. Sedangkan Matt Shadows tetap bernyanyi dengan nada yang agak berat di beberapa bagian lagu. Seize The Day berisikan sebuah pesan agar kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk dihabiskan bersama orang-orang tercinta, agar tidak menyesali waktu yang terbuang itu dikemudian hari. Video klipnya memperlihatkan kesedihan Matt Shadows karena istrinya meninggal akibat kecelakaan mobil. Diceritakan juga bahwa si frontman tersebut dipenjara karena merampok supermarket. Jalan cerita videonya benar-benar dramatis. Video klip keren tersebut meraih penghargaan Best Video pada Metal Hammer Golden Gods Awards 2007.

3. So Far Away.


Semakin memuncak pembahasan kita. Di peringkat 3 ada lagu berjudul So Far Away, yang merupakan singel ketiga di album studio kelima Avenged Sevenfold, Nightmare. Ini merupakan salah satu lagu slow/lembut yang dimiliki oleh Johnny Christ dkk. Genre yang diusung adalah Rock bercampur Power Ballad. Lagu ini dirilis pada tanggal 5 April 2011. Setelah dirilis, So Far Away meraih posisi 1 di US Billboard Hot Mainstream Rock Tracks, posisi 6 di US Billboard Rock Songs, dan posisi 15 di US Billboard Alternative Songs. Juga meraih posisi 25 di Canadian Rock/Alternative Chart dan posisi 73 di Canadian Hot 100. Di awal lagu kita langsung disambut dengan gesekan gitar dan gebukan drum serta suara sang vokalis. Gebukan drum Mike Portnoy sangat santai. Matt Shadows pun tidak bernyanyi dengan nada yang berat. Kemudian Synyster Gates memainkan gitar melodi dengan lambat. Selain melodi dari gitar elektrik, terdengar juga melodi melalui petikan gitar akustik. So Far Away adalah lagu yang dibuat untuk mengenang drummer pertama band yang sudah meninggal, James Owen Sullivan (The Rev). Video klipnya pun memperlihatkan hal hal yang sama. Diperlihatkan kebersamaan kelima anggota band itu mulai dari ketika mereka bermain musik saat remaja, hingga ketika mereka menggelar konser. Di sisi lain terlihat empat anggota Avenged Sevenfold yang bermain musik di sebuah ruangan.

2. Dear God.


Tiba di peringkat 2. Lagu berikutnya yang masuk daftar lagu terbaik Avenged Sevenfold, yaitu lagu berjudul Dear God. Ini merupakan singel keempat di album studio keempat band, Avenged Sevenfold (album self-titled). Dear God juga merupakan salah satu lagu A7x yang beralunan musik lembut dan santai. Lagu ini dirilis pada tanggal 15 Juni 2008. Genre yang diusung adalah Rock bercampur Country. Alunan musiknya lebih enerjik dari So Far Away. Kemunculan Dear God ke dunia musik langsung mendapat respon positif dari para pecinta musik rock. Kemudian lagu ini merajai beberapa tangga lagu Rock dan Metal di dunia. Di awal lagu kita langsung disambut dengan hentakan drum yang bersamaan dengan semua instrumen yang lain. Permainan melodi gitar akustik mewarnai bagian intro tersebut. Matt Shadows dan The Rev bernyanyi dan bermain drum dengan santai. Ciri khas lain dari lagu Dear God adalah pada permainan gitar melodinya yang berdurasi selama 2 menit di bagian akhir lagu. Gaya keren untuk menutup sebuah lagu. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sedang berdo'a dan memohon kepada Tuhan untuk menjaga orang-orang yang ia kasihi, ketika ia tidak sedang bersama mereka. Video klipnya memperlihatkan perjalanan Johnny Christ dkk ketika mereka menggelar konser dan tour. Juga terlihat mereka bernyanyi dan bermain musik di sebuah tempat. Durasi dari video klipnya lebih pendek 2 menit dari lagu aslinya.

1. Afterlife.



Akhirnya kita berada di peringkat 1. Tak akan tergantikan untuk lagu yang berjudul Afterlife sebagai lagu terbaik yang pernah dibuat oleh Avenged Sevenfold. Lagu ini juga berada di album studio keempat (album self-titled), yang merupakan singel ketiga di album tersebut. Afterlife dirilis pada tanggal 29 Januari 2008. Setelah itu lagu ini meraih posisi 3 di UK Rock Chart, posisi 11 di US Billboard Mainstream Rock Tracks, dan posisi 20 di US Billboard Modern Tracks. Afterlife juga merupakan lagu yang keras dan tajam. Genre yang di usung tetap Heavy Metal dan Hard Rock, namun ditambahkan dengan unsur Simfoni, karena lagu ini juga menyertakan instrumen seperti biola dan cello. Gebukan drumnya tidak begitu cepat, namun tetap bervariasi di beberapa bagian. Synyster Gates kembali memainkan melodi gitarn dengan sangat cepat. Selain bermain solo, ia juga berkolaborasi bersama Zacky Vengeance. Matt Shadows pun scream di pertengahan lagu. Afterlife bercerita tentang seseorang yang sudah berada di akhirat (di surga), namun ingin kembali lagi ke dunia karena masih ada beberapa hal yang belum dan harus diselesaikan. Video klip-nya memperlihatkan para personil band bermain musik di atas panggung kecil di tengah sebuah bangunan. Ada juga adegan seseorang yang berlari menjauhi sesuatu. Namun entah kenapa durasi video klip-nya diperpendek sekitar 2 menit-an, sehingga terkadang kurang puas menontonnya.

Baik teman - teman semua, itulah pembahasan saya mengenai 10 lagu terbaik Avenged Sevenfold. Namun diluar daftar, pasti hampir semua lagu milik band merupakan lagu Rock Heavy Metal berkelas dunia. Banyak yang menjadi lagu favorit masyarakat pecinta musik Heavy Metal dan Hard Rock. Untuk teman - teman yang memiliki pendapat berbeda mengenai daftar ini, tidak masalah. Karena yang namanya lagu terbaik tentu berbeda - beda menurut penilaiannya masing - masing individu. Semoga perbedaan ini tidak menjadi suatu masalah bagi kita, karena berpendapat itu tidak dilarang, asalkan penyampaiannya baik.

Dan sekian info yang bisa saya bagikan pada kali ini. Kembali saya ingatkan kepada teman - teman untuk tetap mengunjungi Education And Entertainment ini, agar selalu mendapatkan informasi yang berguna. Bye....:D

Posting Komentar

0 Komentar